Sinar matahari untuk burung ocehan (ocehankenari) -Cahaya matahari adalah variabel mutlak serta apalagi utama didalam kehidupan burung, terhitung burung kicauan yang dipelihara beberapa penghobi burung. kepentingan cahaya matahari yang utama yaitu untuk :

1. Pengubahan pro vit. d jadi vit. d didalam tubuh burung.
2. Membunuh jamur serta mikroba di sangkar serta di tubuh burung.
3. Menghangatkan tubuh burung.

Di luar ketiga perihal itu, ada banyak manfaat cahaya matahari namun yang utama yaitu ketiga perihal tersebut diatas.
Banyak hal yang butuh di perhatikan didalam penjemuran : 
  1. Jemur dari waktu sepagi barangkali, apalagi bila dapat sebelum saat waktu fajar hingga sekalian untuk pengembunan. pengembunan bagus dikerjakan untuk burung supaya mereka dapat memperoleh kesegaran udara pagi hari, yang diibaratkan situasi udaranya tetap bersih tidak terkena polusi debu siang hari.
  2. Janganlah kerjakan penjemuran melalui jam 09. 00 dikarenakan selepas saat itu cahaya ultarviolet dapat bikin bulu burung rusak. selepas saat itu, dapat dikerjakan untuk penanganan atau treatment spesial burung untuk tujuan spesifik contohnya lomba, bikin makin gacor, lebih ramping dan seterusnya.
  3. Janganlah menjemur dengan sangkar dikerodong, terutama untuk tempat panas. penjemuran dengan sangkar burung dikerodong, dapat mengakibatkan burung memperoleh panas yang terlalu berlebih. burung dapat kekurangan oksigen serta dapat mati kepanasan. untuk tempat dingin, perihal ini mungkin saja tidak menyebabkan problem serius.
Untuk penghobi yang bekerja pagi-malam
Untuk penghobi yang perlu berangkat kerja pagi hari serta pulang sore hari, dapat meletakkan burung di area spesifik dimana burung memperoleh cahaya matahari serta pada lebih kurang jam 09. 00 cahaya matahri telah tertutup atap/dedauaan. bila situasi tidak sangat mungkin, maka kerjakan penjemuran saat pagi hari minimal sepekan sekali ( waktu libur dan seterusnya ).

Sebelum saat atau setelah dimandikan ?
Bila anda mengeluarkan burung sejak subuh, maka burung dapat dimandikan didalam karamba saat pagi hari pada jam 06. 00 – 07. 00 serta dapat segera dijemur dikarenakan cahaya matahri belum panas hingga tidak bikin bulu mengkerut/keriting.

Bila anda memandikan selepas jam 08. 00, maka sebelum saat dijemur butuh diangin-anginkan dulu hingga situasi bulu telah teratur rapi ( dirapikan si burung sendiri ).

Bila anda segera menjemur sesudah burung dimandikan didalam situasi cahaya matahari yang telah panas, maka sebelum saat bulu pernah dirapikan burung, maka bulu telah telanjur kering. perihal ini mengakibatkan bulu jadi keriting, tidak teratur rapi.

Masalah menjemur apakah sebelum saat atau setelah dimandikan, bila perihal itu dikerjakan seluruh saat pagi hari, maka tak ada perbendaannya. namun bila dengan amat terpaksa anda cuma dapat memandikan burung sesudah burung dijemur ( belum pernah memandikan saat pagi hari contohnya ), maka sebelum saat memasukkan ke karamba atau disemprot, yakinkan burung telah diangin-anginkan dulu hingga suhu tubuhnya telah turun.

Bagaimana bila peluang untuk memandikannya cuma pada sore hari ? tidak problem, enjoy saja. mandikan burung, diangin-anginkan serta dijemur dengan panas matahari sore ( baiknya selewat kam 16. 00 hingga cahaya matahari telah tidak terlampau panas.

Apakah benar penjemuran dapat kurangi kegemukan ?

Dapat dikatakan iya, namun hubungannya tidak segera. dengan burung dijemur, maka dia jadi panas serta kehausan. didalam situasi layaknya ini burung dapat semakin banyak minum daripada makan, serta sebab itu mengonsumsi karbohidrat menyusut hingga sedikit berlangsung penumpukan lemak. atau, burung dapat memperoleh tenaga dari pembakaran lemak tubuhnya hingga burung dapat jadi lebih langsing.

Apakah penjemuran dapat membakar lemak ? nah perihal ini hanya mitos. tak ada cerita bahwa cahaya matahari dapat mengakibatkan berlangsungnya pembakaran lemak didalam tubuh. cairan yang keluar dari tubuh burung yang dijemur tidaklah hasil pembakaran lemak namun cairan air. tersebut kenapa burung yang banyak jemur dapat tampak singset dikarenakan dia sedikit konsumsi karbohidrat namun air.

Butuh diutamakan lagi bahwa burung dapat mengeluarkan banyak daya yang dapat meningkatkan pembakaran lemak ( dengan anggapan ada pembatasan pakan ) hingga burung langsing yaitu saat dia banyak dimandikan. dengan banyak dimandikan, maka burung dapat banyak lakukan gerakan-gerakan menata bulu ( didis-bahasa jawa ). pada waktu yang sama, untuk menghangatkan badan, burung membutuhkan daya. bila dari segi pakan ada pengurangan karbohidrat, maka tidak ingin'>harus burung dapat melepas lemak di tubuhnya serta dibakar hingga beralih jadi daya. maka jadi langsinglah dia.

Type burung serta kepentingan jemur

Tiap-tiap type burung membutuhkan treatment yang tidak sama didalam penjemuran. perihal itu sesuai dengan rutinitas burung sejenisnya di alam.

1. Untuk burung-burung type anis, layaknya anis merah maupunglor merah, anis kembang, anis macan ; kacer poci atau sekoci serta kacer hitam, sulingan atau tledekan, beberapa jenis cucak, murai batu dan seterusnya, maka kepentingan mereka untuk penjemuran relatif sedikit dibanding type burung pemakan biji-bijian. karena burung beberapa jenis itu di alam sana hidup diantara pohon-pohon yang rindang serta tidak punya kebiasaan berjemur berlama-lama.

2. Untuk burung-burung type pemakan biji layaknya kenari, gelatik, branjangan, perkutut, derkuku, lovebird serta sebagian burung paruh bengkok lain, dapat dikerjakan penjemuran relatif lebih lama daripada burung-burung type anis maupun cucak. apalagi didalam beragam masalah, sebagian burung yang macet bunyi dapat diterapi dengan menambahkan waktu jemur disertai dengan banyak mandinya. contohnya lovebird atau kenari, membutuhkan panas yang relatif banyak.

Burung-burung pemakan biji biasanya hidup di padang rumput, ladang jagung, gandum, milet dan seterusnya yang disebut tempat terbuka serta banyak terkena cahaya matahari.

3. Ada sebagian pengecualian didalam perihal ini, contohnya untuk burung jalak suren, kakatua, pentet atau cendet serta sebagian burung yang lain. burung jalak suren contohnya, walau dia tidaklah pemakan biji namun pada habitat aselinya dulu dia senantiasa ada di persawahan atau rawa-rawa yang relatif memperoleh banyak cahaya matahari. walau demikianlah, burung jalak suren tidak membutuhkan penjemuran yang lama bila dipelihara di rumahan.

Namun burung kakatua serta bebera type nuri, walau mereka pemakan biji-bijian namun mereka semakin banyak datang dari habitat rimba memakan biji-bijian dari pohon-pohon yang besar serta rindang.

Namun untuk burung pentet atau cendet, dia yaitu burung pemakan serangga serta apalagi juga makan burung lain yang lebih kecil ( predator ), terlebih anakan di sarang. di bali sana contohnya, burung pentet atau cendet yaitu musuh utama beberapa pemilik penangkaran alam anis merah, tak hanya ular serta biawak dan sebagian type hewan pemangsa anakan anis merah yang lain. cendet atau pentet punya kebiasaan bertengger di pucuk pohon yang tinggi atau bebatuan dan seterusnya saat mengincar mangsanya. karena pentet dapat tahan berjam-jam dibawah cahaya matahari.

Ada sebagian pengecualian untuk sebagian type burung lain yang tidak saya sebutkan disini. namun, sesaat ini dulu ya artikel perihal penjemuran untuk burung kicauan.

-->
 
Top