Header Ads

Prenjak jawa



Prenjak jawa (ocehankenari) -Burung ini biasa dimaksud juga burung ciblek atau cici sawah walau demikian ada juga yang menyebutnya dengan burung prenjak sawah, namun setahu saya burung ciblek serta prenjak tidak sama. 

Prenjak jawa atau yang juga dikenal dengan nama ciblek yaitu sejenis burung pengicau dari suku cisticolidae (pada banyak buku tetap dimasukkan ke didalam suku sylviidae). Didalam bhs inggris burung ini dikenal sebagai bar-winged prinia, mengacu pada dua garis putih pada tiap-tiap sayapnya. nama ilmiahnya yaitu Prinia familiaris horsfield, 1821. 

Burung ini amat rajin berkicau di alamnya serta ramai dan lincah, burung yang berukuran kecil ramping serta panjangnya kurang lebih 13cm serta seluruh warna bulunya coklat kagak ke hijauan, bulu dada berwarna putih namun ada juga burung ciblek ini dadanya yang berwarna kekuning-kuningan, dan dibawah ekornya bila yang warna dadanya kuning dapat sama warna dibawah ekornya berwarna kuning, namun bila yang berwarna dada putih dibawah ekornya dapat berwarna ke abu-abuan serta layaknya berupa awan totol-totol hitam ke abu-abuan, paruh panjang runcing, sebelah atas berwarna kehitaman serta sebelah bawah kekuningan. kaki langsing serta rapuh berwarna coklat kemerahan atau merah jambu. 


Makanan burung ini di alamnya yaitu serangga serta ulat serta burung ini bikin sarangnya dari rerumputan yang telah kering serta biasa bersarang di pohon-pohon atau semak-semak yang tingginya lebih kurang 1. 5 dari atas tanah, sarang berupa bola kecil dianyam dari rerumputan serta serat tumbuhan. 

Prenjak jawa yaitu burung endemik (menyebar terbatas) di lokasi sumatra, jawa serta bali. di sumatra sering hingga ketinggian 900 m dpl, namun di jawa serta bali umum hingga ketinggian 1. 500 m dpl (di atas permukaan laut ). 

Jantan serta betina 
Jantan dibedakan dari betina dengan ukuran tubuhnya yang semakin besar serta aktif berkicau. ekor lebih panjang serta warna sayap yang lebih gelap. juga dapat dibedakan dari warna paruh sisi bawahnya : paruh bawah berwarna putih pucat yaitu betina paruh bawah berwarna putih dengan ujung hitam yaitu burung jantan muda paruh bawah berwarna hitam menyeluruh yaitu burung jantan dewasa apabila tetap muda bisa dibedakan melewati kuku jari kuku jari kaki yang berwarna kusam yaitu burung jantan kuku jari kaki bersih yaitu burung betina. 

Powered by Blogger.