Home » , » Perawatan untuk kenari mabung

Perawatan untuk kenari mabung



Perawatan untuk kenari mabung (ocehankenari) -Periode mabung ( moulting ) adalah periode yang amat menuntut perhatian penghobi burung. bulu yang hilang serta digantikan sepanjang masa mabung atau meranggas ini menyerap 25% dari keseluruhan protein yang ada didalam tubuh burung. inilah kenapa sepanjang masa mabung butuh ditambahkan juga protein sebesar seperempat keseluruhan protein didalam tubuh burung.

Bulu-bulu serta selongsong bulu terdiri atas kian lebih 90% protein, terutama protein yang dimaksud keratins. protein bulu tidak sama dengan protein pada tubuh serta telur dan membutuhkan jumlah seimbang yang tidak sama atas asam amino ( pembangun sel atau blok protein ). Burung mesti konsumsi makanan dengan kandungan asam amino type ini lantas menyerap serta disimpan sebagai protein ( keratin ) spesial untuk kepentingan perkembangan bulu. sistem ini amat mutlak untuk burung serta tubuh burung mesti bekerja ekstra untuk mendapatkan gizi yang cukup untuk membentuk bulu dengan prima.

Saat burung mabung, mereka juga membutuhkan daya yang besar untuk menghasilkan bulu baru. kepentingan daya yang dibutuhkan untuk mencukupi keperluan protein, mengakibatkan burung mesti konsumsi semakin banyak makanan sepanjang meranggas agar bisa menjaga perkembangan bulu baru. untuk diketahui saja, daya yang dibutuhkan burung sepanjang masa mabung sebesar dua 1/2 kali semakin banyak daripada burung yang tengah menghasilkan telur ( tengok contohnya penjelasan pada “moulting in bird” di website vetafarm. com sebagai referensi utama untuk catatan mengenai problem mabung ini ).

Faktor-faktor yang punya pengaruh pada saat mabung tidak dapat seutuhnya dipahami, dikarenakan amat kompleks. umur burung, musim waktu mabung, cuaca harian, kandungan hormon serta siklus perkembangbiakan, seluruh jadi factor penentu untuk kesuksesan atau kegagalan burung melalui periode mabung.

Perihal yang sangat utama untuk diingat yaitu bahwa pada waktu burung mabung, anda mesti berikan suplai pakan yang cukup hingga mereka dapat mengembangkan bulu-bulu sesempurna barangkali.

Untuk sediakan protein yang dibutuhkan untuk peningkatan produksi bulu, anda mesti menambah asam amino yang memiliki kandungan sulfur layaknya metionin serta sistin. protein layaknya itu dapat ditemukan didalam daging hewan. daging bisa diberikan pada umumnya burung yang tengah mabung didalam jumlah kecil plus pemberian suplemen makanan yang baik.

Suplemen multivitamin serta multimineral yang baik semestinya memiliki kandungan beragam vit. serta mineral dan asam amino untuk sangat mungkin tumbuhnya bulu dengan normal.

Walau biasanya mabung jalan normal, ada banyak hal yang kerap mengganggu periode mabung burung, terutama tumbuhnya bulu yang tidak merata atau apalagi ada bulu yang tidak rontok ( sebatas nyulam ).
penggangu tersebut diantaranya :
  1. Penyakit – penyakit yang dikarenakan virus circovirus ( beak and feather disease ) serta virus polyoma yaitu penyakit sangat umum yang mengakibatkan burung kesusahan menghasilkan bulu. psittacosis kritis, masalah parasit serta infeksi bakteri pada usus bisa juga mengakibatkan bulu burung sukar tumbuh.
  2. Gizi jelek – sebagaimana digambarkan diatas, kriteria untuk berjalannya produksi bulu dengan normal benar-benar sangat banyak, serta sebab itu makanan yang kurang gizi dapat mengakibatkan tumbuhnya bulu yang tidak berkwalitas (mudah patah, mudah kusam, melintir/ keriting dan seterusnya).
  3. Kimiawi – pemakaian bahan kimiawi kerap mengakibatkan bulu tumbuh tidak prima atau apalagi mengakibatkan kerusakan bulu. di antara perumpamaannya yaitu zat penghilang cacing pada merpati yang dikenal sebagai mebendazole. bahan kimia ini dapat mengakibatkan bulu burung melintir bila diberikan semasa burung mabung.
  4. Stres – perihal ini berlangsung terlebih untuk burung yang disuapi/loloh dengan tangan manusia. tangan manusia mengakibatkan bulu baru tidak dapat berkembang prima dan seterusnya.
Apa yang butuh anda kerjakan supaya burung bisa mempunyai bulu baru sebaik-baiknya ? 
  1. Pertama-tama singkirkan semua cacing, kutu, mikroba pengganggu serta parasit yang lain.
  2. Yakinkan tidak satu lalu dari burung anda jadi pembawa virus bibit penyakit, contohnya polyoma.
  3. Berikanlah gizi yang cukup sepanjang burung meranggas/mabung dengan pakan yang bagus. cuma saja butuh diingat bahwa pakan yang bagus bukan hanya bermakna pakan yang banyak, karena terlampau banyak pakan yang cuma memiliki kandungan karbohidrat contohnya, cuma dapat bikin burung kekurangan gizi walau dengan fisik tampak gemuk.
Kerjakan pemasteran.

Periode mabung bikin burung semakin banyak pada situasi diam serta mendengar. inilah waktu yang pas untuk isi variasi nada sesuai dengan yang kita kehendaki. kerjakan pemasteran dengan pas, cocokkan ciri-ciri serta jenis nada burung dengan nada burung master.

Dari beragam info panduan tersebut diatas itu kembali pada burung tersebut didalam pemeliharaan sehari-harinya atau rutinitas masing – masing burung.

sumber : hobiburungkicaumania - omkicau

-->
Share this article :
 
Support : Creating Website | OcehanKenari | KicauMania
Copyright © 2011. Ocehan Kenari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by OcehanKenari
Proudly powered by Blogger