Burung Anis Kembang (ocehankenari) -Burung ini amat pemalu, namun dia yang memiliki nada kristal serta speed yang rapat. Sebagai pengagum kicau mania/hobiburung, biasanya anis kembang yang dipelihara yaitu yang berjenis kelamin jantan. Lebih-lebih jika dipelihara dengan tujuan untuk dilombakan. 

Di banding yang betina, anis kembang jantan lebih mempunyai kicauan / nada yang lebih beragam di samping itu, juga memiliki volume yang lebih keras serta tajam. 

Perhitungan beberapa pengagum waktu beli punglor/anis kembang pasti berdasar suaranya. keindahan nada anis/punglor kembang ditentu kan oleh volume nada serta irama lagunya. 


Anis/punglor kembang yang bagus suaranya terdengar los serta jernih, tidak serak atau parau. volumenya juga keras serta tidak tipis. Sesaat irama lagunya beragam serta tidak terdengar jeda pada irama yang satu dengan irama yang lain. 

Berirama dengan bertahap dengan percepatan yang halus. ( arti speed rapat serta kristal ) 
pada step pembelian keunggulan anis/punglor kembang didalam perihal nada sudah pasti belum dapat tampak. 

Tetapi, memperhatikan fisik penampilannya kita dapat mengharapkan beroleh punglor kembang bersuara merdu. Fisik yang dikira mencirikan punglor bagus diantaranya berbadan panjang ( bukan hanya besar ), berleher panjang, berparuh panjang, dan berbahu lebar. 

Fisik yang demikianlah adalah sinyal bahwa burung ini mempunyai volume nada yang los, keras, serta tidak tipis. Disamping itu, wujud kepala juga butuh di perhatikan manfaat beroleh punglor kembang yang bermental kuat serta berani. punglor kembang yang demikianlah dapat lebih mudah dilatih serta dirawat. 

Punglor kembang layaknya ini ditandai dengan wujud kepala bulat berbenjol dibagian belakangnya, janganlah lupa tentukan juga punglor kembang yang berpenampilan tegap. 

Kesehatan 
Pertimbangan paling akhir yang butuh di perhatikan yaitu kesehatan punglor kembang. untuk tujuan tersebut, amati nada serta gerakannya. 

Burung yang sehat dapat bersuara condong keras serta los. tidak lemah atau berkicau 1/2 hati. jika tetap piyik atau trotolan, amati nada ngriwiknya. dasar lain untuk lihat kesehatan burung yaitu gerakan nya. jika sehat, gerakannya tampak lincah serta tidak ingin diam. lompat kesana kemari. 

Perawatan umum anis/punglor kembang 

Sebenarnya perawatan anis kembang tidaklah jauh tidak sama dengan perawatan anis merah atau anis bata salah satunya : 
  • Jam 6-7 pagi burung di buka dari krodong serta diangin2kan agar kan dia menghirup udara pagi yang fresh ( umumnya waktu itu burung sangat senang ngoceh pagi2 ), serta berikanlah dia 1 jangkrik untuk sarapan pagi/sarapan pembuka. 
  • Jam 8-9 mandikan burung didalam karamba/pemandian serta bersihkan kandang burung. 
  • Pada waktu burung mandi, ubah air minum, teliti voor, serta beri dia jangkrik 2ekor, dan buah fresh, baik itu apel merah, pepaya atau pisang saba ). 
  • Lantas jemur secukupnya, janganlah terlampau lama. 
  • Begitu juga sore harinya sama layaknya perawatan pada pagi hari, mandi serta beri pakan secukupnya. 

-->
 
Top