Header Ads

Burung mozambik




Burung mozambik sekelas dengan burung kenari arti bhs latinnya yaitu green singing finch atau sebut saja the yellow fronted canary. 

Burung ini bila berkicau nyaris sama juga dengan blackthroat, ngerol serta kencang suaranya serta juga bisa di sejajarkan dengan keluarga kenari, cuma saja burung mozambik ini terhitung burung import atau burung luar negeri yang konon tuturnya datang dari benua africa. Serta tuturnya umur dari burung mozambik ini dapat mencapai sampai 15 s/d 20 th. dapat bertahan hidup. 

Aslinya burung mozambik ini hidup di alamnya ( afrika ) di tempat dataran rimba tandus yang gersang dikarenakan itu burung ini amat tahan serta kuat dapat cuaca panas serta umumnya mereka hidup berkoloni dengan berpasangan. 


Sekilas informasi bahwa burung mozambik ini banyak dikembangbiakkan di gurun sahara afrika selatan, berarti dikembangbiakan dengan terbuka di rimba serta bersarang dipohon, serta dapat bertelur di sarang s/d 3-4 butir. Ukuran mozambik yaitu lebih kurang 11-13 cm, mozambik ini terhitung burung yang berukuran kecil. 

Perbedaan mozambik jantan serta betina 

Burung jantan dewasa mempunyai warna hijau serta coklat pada sayap serta ekor, pantat berwarna kuning, kepala berwarna kuning dengan mahkota abu-abu serta garis malar hitam. 


Pada burung betina mempunyai warna sama, namun dengan pola warna kepala lebih lemah serta kusam. 

Pada burung remaja warnanya lebih kelabu dari pada betina dewasa, terlebih di kepala, pejantan mempunyai mahkota, tengkuk, mantel abu-abu kehijauan di bawah ekor serta punggung. kumis abu-abu kehijauan atau hitam yang melingkar dari paruh bawah sampai ke penutup kuping. tungging serta ekor atas berwarna kuning. kening, garis mata, pipi, kerongkongan serta dada berwarna kuning terang. 

Bisa juga dibedakan dengan nyanyian pejantan yang serupa kenari tetapi lebih mudah dengan lihat tampilan burung dewasa. pejantan mempunyai warna bulu abu kehijauan bergaris kuning serta dada kuning terang. 
dengan umum : lebih terang serta cerah didalam warna. serta bernyanyi. 

Betina berwarna sama, dengan umum lebih ‘dof’ warnanya serta menggunakan kalung titik hitam selama lehernya. mozambik muda juga mempunyai kalung hitam yang sama. dikarenakan itu lebih mudah membedakannya sesudah dewasa melewati tampilannya. 

Dengan umum : terkarakterisasi dengan ‘kalung’ titik hitamnya selama garis lehernya. berwarna lebih gelap / kurang cerah dari pada pejantan. berkicau namun tidak bernyanyi. 

Serta kabar beredar, burung mozambik ini dapat dikawin silangkan dengan kenari, blackthroat, serta sanger atau type finch yang lain. 

Langkah merawatnya mudah layaknya burung-burung yang lain dan makanannya lalu sama juga dengan makanan kenari yakni biji-bijian serta sayuran dan telor puyuh juga dia dapat memakannya. 

-->
Powered by Blogger.