Burung ciblek sawah (ocehankenari) -Burung ciblek sekarang ini dapat dikatakan tengah naik daun, dahulu burung ini dilihat sebelah mata oleh beberapa pehobi burung, namun belakang ini pengagum burung ciblek ini makin banyak serta nyaris di semua indonesia. 

Ciblek ini naik pamor dikarenakan memanglah sudah di lombakan dengan kelas spesial, karena suaranya yang indah serta lengkingan tembakan yang panjang didalam berkicau saat bersua atau berhadapan dengan burung ciblek jantan yang lain. 

Burung ciblek ini dikenal juga sebagai burung kipas, cininin, atau pacikrak, daya tarik burung ini yaitu bisa di dimainkan layaknya burung merpati berarti burung ini dapat dilepaskan serta dapat kembali lagi ke sangkarnya layaknya burung kutilang, namun itupun kita mesti dapat merawatnya dari kecil sampai dewasa bila pingin burung ciblek ini bisa lulut atau nurut dengan si empunya. 

Burung ini penyebarannya didaerah jawa barat, jawa timur, bali serta nyaris di semua kepulauan indonesia, hidupnya di ladang atau di sawah serta di sekitar pohon-pohon yang rindang serta pohon singkong, makanan burung ciblek ini yaitu serangga-serangga kecil, telor semut.

 
Top