Cara menjinakan burung parkit (ocehankenari) -Ini adalah langkah baru lagi untuk jinakkan burung parkit si paruh bengkok tak hanya trick pada mulanya. tersebut beberapa langkah yang perlu kita kerjakan untuk step awal penjinakkan burung parkit : 

Seperti biasa sebelum saat kita masukkan sangkar sesudah beli dari pedagang burung, parkit butuh kita mandikan terlebih dulu. tujuan pemandian yaitu supaya burung dapat terlihat fresh serta lebih tenang dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Sembari menanti burung mengeringkan tubuhnya didalam sangkar, kita duduk dekat sangkar tersebut sembari panggil namanya ( harus diberikan supaya punya kebiasaan dengan kode-kode spesial kedepannya bila kita latih )


Sesekali cobalah tangan kita masukkan ke didalam sangkar sembari menyuapi makanan berbentuk biji milet atau jewawut pada sang parkit. janganlah lupa sembari sebut namanya. 
apabila reaksinya tetap ketakutan dengan langkah menjauhi tangan kita baiknya kita hentikan dulu untuk kita cobalah besok harinya.

Program diet butuh dikerjakan untuk memancing nafsu makannya dapat mengalahkan rasa takut si parkit tersebut dengan langkah berikan makan sedikit saja serta minum secukupnya. 
sesudah itu esok hari dicoba lagi langkah di atas sampai si burung parkit betul-betul akan mengambil makanan segera dari tangan kita. 

Demikian ada sinyal tanda tanggapan yang baik maka kita cobalah iming-imingi makanan di mulut pintu sangkar. jika burung tersebut akan mengejar itu bermakna sinyal awal yang bagus. janganlah lupa panggil namanya. 

Bila telah tenang perangainya tidak celingak-celinguk pingin kabur bermakna burung tersebut telah mulai jinak. Yang butuh di perhatikan disaat kita menjinakkan burung parkit yaitu perlakuan yang lembut atau tidak kasar. memanglah perlu ketelatenan karenanya. biasanya dua hari burung telah mulai jinak. 

Bila burung tetap terlihat gugup apabila kita dekati maka butuh kita mandikan supaya fresh serta lebih tenang. untuk sebagian burung mempunyai tingkat agresifitas tidak sama. bila pengalaman pertama saya kelihatannya mulus didalam 1 hari dapat bikin burung jadi jinak. tetapi saat coba burung baru dilain waktu perlu waktu sampai 3-4 hari supaya dapat jinak. 

Yang butuh diingat bahwa tidak dan merta burung yang telah jinak dapat patuh pada kita terus. butuh waktu yang cukup pada kita serta si-dia ada saling pengertian satu sama yang lain.

-->
 
Top