Home » » Perkutut dan Mitos Jawa

Perkutut dan Mitos Jawa



Perkutut katuranggan.
Perkutut katuranggan adalah beberapa jenis perkutut yang mempunyai tanda-tanda fisik, karakter serta bunyi yang berbeda. 

Burung perkutut katuranggan memiliki karakter-sifat gaib yang dapat berikan faedah serta kebaikan untuk pemiliknya. walau demikian di segi lain ada beberapa burung perkutut yang memiliki karakter yang jadi tidak baik untuk dipelihara. 

Arti nama perkutut katuranggan sesungguhnya datang dari kata bhs jawa yakni katurangga yang terdiri dari kata “katur” ( mengemukakan ) dan “angga” ( badan ). Lantas makna total dari “katurangga” yaitu pengetahuan yang saat mengartikan bentuk-bentuk badan burung perkutut. 

Untuk pengagum burung perkutut masa dahulu, tak hanya bunyi nada katuranggan juga amat memegang fungsi utama didalam penentuan burung perkutut bakalan untuk jadikan burung peliharaan yang paling disayangi. 

Menurut keyakinan kebiasaan penduduk jawa sejak beberapa ratus th. yang lantas, burung perkutut katuranggan kerap dimaksud burung alam gaib. Seseorang yang memelihara burung ini dapat memperoleh rejeki yang jauh semakin besar, ketentraman, kebahagiaan, dan sebagainya di mana sampai sekarang ini tetap beberapa orang-orang yang meyakini perihal tersebut.

Perkutut songgo ratu 
Perkutut songgo ratu sebagai bentuk dari titisan seorang putra raja bali pada masa majapahit yang melarikan diri hingga ke desa tutul di blambangan, banyuwangi dikarenakan dikejar-kejar musuhnya lantas mati terbunuh. Sesudah itu beralih jadi perkutut yang dinamakan perkutut songgo ratu. 

Tanda-tanda fisik burung ini yaitu mempunyai jambul pada kepala yang tampak layaknya mahkota yang berwarna putih. Tanda-tanda fisik yang lain dari burung ini yaitu paruh serta kaki yang berwarna hitam. mempunyai warna bulu yang agak kehitam-hitaman. 

Untuk perkutut yang memiliki yoni yang besar, umumnya jarang mengeluarkan bunyi serta mempunyai nada yang relatif kecil, terhitung dengan type perkutut ini.Karakter dari burung ini juga serupa dengan ningrat yang tidak senang hidup berkeliaran dikarenakan burung ini condong lebih senang untuk hidup di area yang sepi layaknya kuburan atau didalam goa. 

Type perkutut ini amat kuat saat menahan rasa lapar serta haus sampai sekian hari, disamping itu burung ini juga amat kerap tidur di area yang lebih tinggi bila dibanding dengan type perkutut yang lain. 

Type burung ini mempunyai kewibawaan yang amat besar di mana burung perkutut yang ada di sekelilingnya tak lagi berani untuk mengeluarkan nada. Perkutut ini dapat menampik pengetahuan hitam atau, melancarkan rezeki serta pemiliknya dapat memiliki kewibawaan yang tinggi.


Perkutut lurah 
Burung perkutut lurah mempunyai kesamaan corak warna dengan ular di mana burung perkutut lurah juga mempunyai lurik yang tampak serupa. 

Burung perkutut mempunyai dada dengan bulu yang berwarna keputih-putihan yang lebih terang yang tampak serupa ular. Burung perkutut lurah umumnya hidup di rimba di mana mereka dibawakan makanan atau disuapi oleh burung perkutut lain sebagai bawahannya. 

Burung perkutut ini mempunyai yoni kewibawaan yang luar biasa serta diakui dapat mendatangkan rejeki yang berlimpah hingga burung ini umumnya dipelihara oleh pemimpin atau atasan yang memiliki jabatan spesifik. 

Perkutut putih 
Burung perkutut putih terhitung type burung primadona di mana pengagum burung amat pingin untuk memelihara burung ini. Tak hanya dikarenakan factor kelangkaan burung perkutut putih juga diakui dapat bikin pemiliknya jadi lebih kaya. 

Burung perkutut putih ini mempunyai tanda-tanda bulu berwarna putih, mata berwarna merah, paruh berwarna kelabu kemerahan, kaki berwarna merah dengan garis-garis hitam dan kuku berwarna putih. 

Pada masa dahulu perkutut type ini umumnya cuma dipelihara oleh beberapa pemimpin atau raja. perkutut putih juga diakui hasil dari perkawinan antar saudara sekandung atau in breed yang berjalan sebagian generasi pada 5 sampai 10 th. lamanya. 

Karena anak-anak dari perkutut putih belum pasti berwarna putih juga, namun perkutut biasa yang membawa darah putih pada satu waktu dapat mempunyai keturunan perkutut yang berbulu putih. 

Perkutut hitam ( kol buntet ) 
Burung perkutut yang dikira sebagai rajanya perkutut ini memiliki bulu yang berwarna hitam legam pada semua tubuhnya. bahwa seseorang yang memelihara burung ini dapat memperoleh keberuntungan. 

Disamping itu tetap ada lagi type perkutut katuranggan yang lain salah satunya pendowo mijil ( dengan ekor sejumlah 15 lembar ), tepung tumpeng / daringan kebak / tembus, perkutut udan mas ( berwarna krem atau coklat muda ), mercu jiwo ( dengan mata yang berwarna merah serta kuning ), rondo semoyo serta ada banyak lagi yang lain. 

Lantas bila kalau anda mempunyai seekor burung perkutut katuranggan tepung tumpeng dengan mata yang berwarna merah atau kuning serta ekornya sejumlah 15 lembar, maka pastinya itu perkutut langka, bagus, serta harga nya juga tentu mahal.

Untuk jenis burung perkutut lain yang dikenal di masyarakat :  perkutut Pajajaran, perkutut Mataram, perkutut Majapahit, perkutut Madura dan perkutut Tuban, nanti akan dibahas terpisah.


Ciri perkutut yang baik dipelihara atau dimiliki ( mathi ) : 

gendawa sabda 
Mempunyai nada panggung yang merdu serta keras, dapat dipakai untuk memikat burung perkutut yang lain. pemiliknya banyak rezeki, keluarganya tenang serta tentram. 

gedong mengo 
Burung perkutut yang manggungnya menyambut terbitnya matahari, pemiliknya selamat serta banyak rejeki. 

gedong mineb atau mineb gedong 
Burung perkutut yang manggungnya menyertai terbenamnya matahari, si pemilik dapat berkecukupan serta beruntung didalam berdagang. 

widaksana gasti-gasti 
Mempunyai waktu manggung yang lama, merdu serta halus, pemiliknya gampang meraih harapan serta banyak rezeki. 

sri mangumpel 
Ada dua kuku jari yang putih atau ibu jari kakinya putih, baik sekali dipelihara terlebih bila dimiliki oleh petani, keluarganya senantiasa sehat serta harapannya banyak terkabulkan. 

wisnu murti 
Mempunyai warna hitam pada kaki, mata serta paruh, mempunyai dampak kewibawaan serta umumnya dipelihara oleh pemimpin atau raja. 

wisnu wicitra 
Mempunyai warna bulu yang kehitam-hitaman, untuk keselamatan serta mendatangkan banyak rezeki. 

purnomo sidhi 
Mempunyai bulu yang berwarna kemerah-merahan layaknya permata, untuk kewibawaan serta dihormati. 

rupo cahyo 
Mempunyai bulu yang berwarna mengkilat bersinar, membawa kedamaian serta keceriaan. 

candra sabda 
Mempunyai bulu yang berwarna putih di bagian pundak, baik untuk pemikat serta membawa situasi gembira. 

misti kanya 
Di bagian badan atau semua badan berwarna putih, baik untuk beberapa pemimpin atau raja dikarenakan membawa keselamatan. 

sangga bhuana 
Mempunyai sehelai bulu yang berwarna putih di bagian punggung, dapat mendatangkan rezeki ( asal janganlah ada bulu ekor yang tidak searah dengan yang lain, contohnya abnormal atau tidak lurus ). 

kusuma wicitra 
Mempunyai sisik kaki serta paruh yang berwarna keputih-putihan, mendatangkan rezeki serta harapannya gampang terwujud. 

mercuci 
Mempunyai mata yang berwarna kuning serta sipit atau wayang bambangan, pemiliknya diakrabi orang serta banyak rezeki. 

mercu jiwa 
Mempunyai mata yang berwarna kuning, bulu di tempat pantat juga kuning, yang memiliki dampak amat besar, baik dipelihara pemimpin atau raja. 

pendawa mijil 
Mempunyai bulu ekor yang berjumlah 15 lembar, mendatangkan kewibawaan untuk pemiliknya. 

udan mas 
Mempunyai bulu yang berwarna krem atau coklat muda, bulu yang melingkar berwarna ke kuning-kuningan, mendatangkan keselamatan serta keceriaan dan rezeki. 

muncis 
Mempunyai wujud badan yang kecil memanjang, baik untuk dipelihara oleh pemimpin atau raja. 

satria kinayungan 
Di bagian sedang kepala ada bulu yang berwarna putih, punya pengaruh menaikkan derajat atau pangkat juga kewibawaan.


Share this article :
 
Support : Creating Website | OcehanKenari | KicauMania
Copyright © 2011. Ocehan Kenari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by OcehanKenari
Proudly powered by Blogger