Mengenal penyakit burung kenari (ocehankenari) -Tiap-tiap makhluk hidup tidak luput dari satu penyakit, begitupun dengan burung kenari. sebagian rekan sering bertanya pada saya bagaimana langkah menangani kenari yang sakit sekalian langkah mengobati kenari yang tengah sakit. untuk menjawab pertanyaan tersebut memanglah tidaklah mudah. 

Pada artikel ini saya pingin terlebih dulu mengenalkan perihal penyebab penyakit pada burung kenari. nyatanya penyakit yang menjangkit kenari bisa dikarenakan oleh banyak factor yang dengan spesial meliputi : 
  • Virus. penyakit pada kenari yang dikarenakan oleh satu virus memiliki dampak yang amat penting di mana cepat menyebar serta bisa menjangkit burung atau makhluk hidup yang lain. penyakit kenari yang dikarenakan oleh virus diantaranya influenza, orithosis serta new castle. 
  • Bakteri. burung kenari lalu dapat dihinggapi oleh bakteri-bakteri jahat. penyakit yang kerapkali mengidap kenari yang dikarenakan oleh bakteri contohnya saja diare serta tbc. 
  • Jamur. parasit ini umumnya menyerang saluran pernapasan serta apalagi saluran pencernaan. jamur kerapkali mengakibatkan pembengkakan pada saluran pernapasan kenari. jamur pun dapat menyerang sisi luar layaknya kaki serta sisi kelopak mata. 
  • Amoeba serta protozoa. umumnya berupa kista serta menyerang kenari waktu tetap didalam telur. dampak yang diakibatkan lalu terbilang akut di mana kenari dapat alami pendarahan didalam tubuh. 
  • Tungau. terhitung dari spesies serangga serta tidak tahan panas. sebagian type tungau yang menyerang kenari yaitu tungau merah, tungau bulu serta tungau guil. tungau ini mudah didapati bila situasi kandang/sangkar tidak bersih. 
  • cacing. kerap juga dikatakan sebagai penyakit cacingan. beberapa jenis cacing yang dapat menyerang kenari yaitu : cacing pita, cacing gelang serta cacing rambut. 
  • kutu. makhluk kecil ini bisa bikin bulu kenari jadi rontok serta kenari jadi gatal. pada prinsipnya kutu dapat menghisap darah kenari hingga tergolong organisme parasit. 

Untuk menangani sebagian penyakit diatas maka dibutuhkan perhatian serta perawatan yang baik. perhatian dapat meliputi ketelitian serta intensitas pada situasi burung supaya senantiasa sehat. perawatan yang baik bisa meliputi kebersihan kandang, pakan yang baik, vit. serta gizi yang cukup dan penjemuran yang cukup.

-->
 
Top