Mengenal Burung Robin (ocehankenari) -Pada th. 1990 an burung robin ini amat dikenal oleh penduduk pehobi burung indonesia terutama, tetapi terakhir ini burung tersebut seakan hilang dari peredaran kicau mania.

Dahulu burung ini amat murah harga nya, apalagi banyak beberapa toko burung yang jual burung robin ini, dikarenakan tak hanya harga nya murah ( pada waktu itu ) burung ini amat mudah beradaptasi dengan pemiliknya serta cepat berkicau, memanglah burung ini terhitung burung langka di indonesia karena setahu saya burung ini terhitung burung import dari asia.

Sekilas burung robin yaitu nama yang didapatkan pada sebagian burung kicau yang kecil yang ada di amerika, eropa serta asia.

Burung robin dari amerika diklasifikasikan sebagai turdus migratorius, namun burung robin eropa sebagai erithacua rubecula.

Burung robin ini adalah burung yang periang serta sangat dikenal, ia dapat bikin sarang dari ranting serta akar-akar yang dilapisi terlebih dulu dengan lumpur saat membuat rumah mereka di alamnya.

Tiap-tiap pagi atau malam serta waktu subuh burung ini telah mulai berkicau dengan kerasnya, tidak heran pada saat itu sangat banyak pehobi burung lebih suka burung type ini dikarenakan disamping mudah merawatnya serta murah harga, robin ini baik jantan serta betina keduanya sama ngocehnya serta sama gacornya. ( ngerol ), serta untuk perawatannya lalu amatlah mudah serta tidak sukar, sama layaknya burung-burung yang lain.

Makanan burung robin ini yaitu, voor biasa, jangkrik, kroto dan buah-buahanpun dapat dimakannya.

Hingga pada terakhir ini bila ada burung robin ini harga nya lalu telah meraih beberapa ratus ribu rupiah, barangkali karena burung robin tersebut telah sulit didapat di pasaran.

Baik beberapa penggemar burung serta beberapa kicau mania ini sebatas mengingatkan kembali pada kita, bahwa ada di antara burung kecil yang amat rajin berkicau serta tidak gampang stres yakni burung robin.

sumber : artikel burung

-->
 
Top