Cara menjodohkan burung perkutut memanglah dibutuhkan kesabaran, dikarenakan ada sebagian prilaku perkutut yang terkadang tidak segera akan dijodohkan. dibutuhkan sebagian indukan agar memperoleh jodoh yang pas serta dapat segera melangsungkan perkawinan. 

Ciri burung perkutut yang telah jodoh yaitu tampak akrab serta saling berdekatan pada jantan serta betina didalam kandang. si perkutut jantan selalu menggoda perkutut betina dengan berciuman serta menaiki punggung betina berulang-kali. disaat keduanya sudah cukup pemanasan barulah dapat berlangsung perkawinan. sesudah kawin maka keduanya dapat mulai repot dengan persiapan bikin sarang. 

Namun jika burung perkutut tidak jodoh maka dapat berlangsung keramaian yakni berkelahi serta saling patuk pada perkutut jantan serta betina. bila perihal ini dilewatkan maka mungkin saja si betina terluka. untuk hindari perihal layaknya ini maka potonglah bulu sayap burung perkutut jantan supaya gerakannya tidak terlampau agresif. disamping itu sediakanlah kandang yang lebih luas supaya burung perkutut dapat lebih bebas bergerak untuk sesuaikan situasi. untuk meminimalisir berlangsungnya perkelahian maka masukanlah si jantan kedalam kandang betina dengan tetap menggunakan penyekat. bila jantan tampak bersahabat barulah dilepaskan keluar sekat serta berhimpun dengan perkutut betina. 

Bila tak adanya ketertarikan dari ke-2 burung perkutut tersebut maka cepatlah ubah pasangannya dengan perkutut yang lain, barangkali memanglah keduanya bukan hanya jodohnya. lantas mesti mempunyai kesabaran yang tinggi didalam penentuan bahan pasangan burung perkutut yang paling disayangi anda. 

 
Top