Melatih Burung menjadi Pemasteran (ocehankenari) -Panduan melatih pemasteran, didalam arti burung pemasteran yaitu satu usaha untuk melatih burung agar dapat menirukan nada burung lain dengan baik. contohnya nada burung lovebird, cililin, burung gereja, cucak jenggot, kenari, serta apalagi juga dapat menirukan nada belalang serta jangkrik. 

Beberapa pemain burung umumnya lakukan pemasteran pada burung-burung yang dapat diikutkan acara lomba burung, contohnya kacer, burung cucak ijo, burung murai, anis serta beragam type burung yang lain. 

Beberapa penggemar burung di indonesia berasumsi pemasteran burung ini jadi suatu hal yang harus dikarenakan mereka pingin jadikan burungnya mempunyai nada isian yang lebih komplit serta beragam. 

Burung yang dimaster ini kedepannya dapat dapat mengikuti nada dari sebagian type burung ocehan yang lain, sudah pasti nada burung master yang konon tuturnya mesti memiliki tonjolan atau tembakan-tembakan yang dahsyat tajam serta keras. 


Tingkat kecerdasan serta daya tangkap dari burung yang dimaster amat memastikan masuk tidaknya nada burung master. 

Ada sebagian type burung yang gampang untuk dimaster serta ada juga yang cukup sukar untuk dimaster. tetapi adapula yang gampang lupa serta ada juga yang gampang masuk. 

Type burung yang terhitung cerdas, dapat menirukan nada burung lain, serta mempunyai daya ingatan yang kuat untuk mengingat nada yaitu anis, murai batu, kacer, cucak ijo, cendet, serta branjangan. 

Anda mesti mencermati mutu burung master sebelum saat lakukan pemasteran. disamping itu anda juga mesti menentukan burung-burung master, serta mencermati type nada dan lagu yang dapat dimaster. 

Beberapa langkah tersebut dapat meringankan burung yang dapat dimaster dari mulai lagunya sampai tingkat volume burung tersebut. 

1. Pemasteran gunakan nada burung elektronik 

Pemasteran gunakan nada burung elektronik adalah satu langkah yang sangat gampang untuk dikerjakan. alasannya yaitu dikarenakan anda tak perlu repot-repot mesti memandikan, menjemur, berikan makanan serta perawatan yang lain. 

Walau langkah ini tetap ditentang oleh beberapa penggemar lomba burung tetapi langkah ini dapat menghemat pengeluaran sekalian cukup gampang untuk dikerjakan serta lebih efisien. 

Aasannya yaitu didalam satu perangkat anda dapat memperoleh beragam jenis nada burung master. saat ini cobalah anda kalkulasi berapakah kurang lebih duit yang dapat anda butuhkan bila mesti beli beberapa jenis burung yang ada didalam nada perangkat tersebut. 

Bila anda menggunakan langkah ini maka dengan tidak segera anda telah beri dukungan program konservasi alam untuk melindungi serta melesatarikan agar burung-burung master terus ada di alamnya. 

Ada juga beberapa pengagum burung yang berpendapat bahwa saat memaster burung dapat tambah baik bila menggunakan burung master aslinya yang telah betul-betul gacor. 

Sesungguhnya ada benarnya juga dikarenakan sepanjang ini banyak dari beberapa pengagum burung yang mendapatkan nada master didalam wujud kaset, cd atau kaset yang banyak beredar dipasaran nyatanya tidak cocok dengan standar dengar untuk burung berkicau, baik dari frekwensi nada atau dari sisi mutu nada. 

Sebenarnya yang tentu burung-burung anda yang di master tentu dapat menirukan suaranya yang bersumber dari perangkat elektronik tersebut serta akhirnya dapat sama persis dengan nada burung master yang serupa dengan burung master, lantas bukannya nada dari burung master yang asli biasanya, ini yang banyak tidak disadari. 

Baiknya pergunakanlah rekaman nada burung master yang betul-betul sudah sesuai dengan standart untuk burung berkicau yang alami serta tidak alami deviasi nada. dengan kata lain nada dapat betul-betul serupa dengan nada burung aslinya.

2. Memaster burung dengan burung master aslinya 

Memaster dengan burung master yakni sebagai perumpamaannya, contohkan burung murai dimaster dengan cililin, cucak jenggot, ciblek, atau kenari dan lain-lain, supaya si murai bisa menirukan nada burung cucak jenggot serta kenari. 

Nyaris seluruh mengarah serta merujuk pada hasil akhir burung yang dimaster, yakni variasi lagu serta tembakan yaitu syarat mutlak yang perlu ditiru serta mesti ada, dikarenakan inti dari memaster itu yaitu ada tembakan serta irama lagu yang dapat dibawa. 

Bukan hanya itu saja, tak hanya tembakan serta tonjolan-tonjolan yang dibawa supaya burung dapat tampak lebih istimewa serta dahsyat maka butuh ditambahkan variasi speed atau kecepatan saat membawakan lagu, speed rapat umumnya sangat diprioritaskan didalam burung lomba dilapangan. 

Maka dari itu anda juga mesti melacak burung master yang mempunyai speed rapat layaknya cucak jenggot, burung gereja, kenari serta lovebird. 

Di dalam memaster burung sesungguhnya beberapa pemain burung-burung lomba telah memiliki langkah serta kiat-kita sendiri. 

Contohnya didalam langkah penempatan burung sebisa-bisanya dibikin nyaman serta tenang supaya burung dengan gampang serta jelas mendengarkan burung masternya serta dapat cepat menirukan burung masternya. 

Juga saat menggantang, umumnya atau ada juga posisi master ada di atas burung yang dapat dimaster dengan jarak yang tidak terlampau dekat hingga pada maaster serta burung yang dapat dimaster tidak saling dipandang. 

Burung yang dapat dimaster juga dapat dikerodong agar akhirnya dapat lebih maksimal, dikarenakan bila saling lihat bisa mengakibatkan stres atau down dari di antara burung tersebut.

 
Top