Burung branjangan sesungguhnya adalah species asli dari pulau jawa, tetapi penyebarannya sampai luar jawa yakni sumatera serta kalimantan serta populasi nya di dua pulau ini tidak demikian banyak layaknya di pulau jawa.

Wujud ukuran tubuh branjangan tidak terlampau besar serta burung ini memiliki nada yang bagus dan volume nada yang keras dengan variasi lagu yang lengkap, sehinnga tidak heran banyak pengagum burung branjangan ini di indonesia, ciri khasnya burung branjangan ini yaitu bila berkicau senantiasa mengepakkan sayapnya serta sesekali terbang naik serta turun.

Hidupnya di padang sawah terbuka, burung ini pemakan biji-bijian serta serangga, sarang umumnya dibikin dari rerumputan serta jerami padi yang ditempatkan diatas tanah.

Burung ini amat suka hawa yang panas, dikarenakan memanglah habibat aslinya berbentuk sawah yang selesai di panen atau rerumputan yang pendek.

Branjangan mempunyai panjang tubuh lebih kurang 15cm serta warna bulu kecoklatan serupa dengan warna burung gereja biasanya serta burung ini yang jantan umumnya memiliki jambul di atas kepalanya.

 
Top