Merak hijau ( green peafowl ) yang didalam bhs ilmiah dimaksud pavo muticus yaitu di antara dari tiga spesies merak yang ada didunia. satwa yang ada di cina, vietnam serta indonesia ini memiliki bulu-bulu yang indah. terlebih merak hijau jantan yang mempunyai ekor panjang yang dapat mengembang seperti kipas. tetapi justru dikarenakan keindahan itu yang membawa petaka untuk kehidupan satwa langka serta dilindungi ini.

Pada musim berbiak, burung jantan memamerkan bulu ekornya di depan burung betina. bulu-bulu penutup ekor di buka membentuk kipas dengan bintik berupa mata. burung betina menetaskan tiga hingga enam telur sesudah mengeraminya pada tumpukan daun serta ranting diatas tanah sepanjang 1bulan. anaknya selalu berdekatan dengan induknya sampai musim kimpoi selanjutnya, meskipun telah dapat terbang pada umur yang tetap amat muda.

Didalam urusan makan, burung merak hijau doyan bermacam biji-bijian, pucuk rumput serta dedaunan, bermacam serangga, dan beragam type hewan kecil layaknya laba-laba, cacing serta kadal kecil.

Populasi merak hijau tersebar di rimba terbuka dengan padang rumput di republik rakyat cina, vietnam, myanmar serta jawa, indonesia. pada mulanya merak hijau ditemukan juga di india, bangladesh serta malaysia, tetapi saat ini sudah punah di sana. walau berukuran besar, burung indah, langka, serta dilindungi ini dapat terbang.

Di indonesia, merak hijau cuma ada di pulau jawa. habitatnya dimulai dari dataran rendah sampai tempat-tempat yang tinggi. di antaranya yang tetap dapat didapati ada di taman nasional alas purwo, jawa timur. disamping itu diperkirakan juga tetap ada di taman nasional ujung kulon, serta taman nasional meru betiri.
Populasi merak hijau terus menyusut. ini disebabkan oleh rusaknya habitat serta perburuan liar. burung langka yang indah ini diburu untuk di ambil bulunya maupun diperdagangkan sebagai bintang peliharaan. untuk hindari kepunahan burung langka ini dilindungi undang-undang. di pulau jawa saat ini jumlah merak hijau diperkirakan tidak kian lebih 800 ekor.

International council for bird preservation sudah mengambil keputusan burung merak ini sebagai spesies yang nyaris punah. cites, memasukkan merak hijau didalam kelompok appendix ii. namun red daftar authority-iucn, pada data yang dirilis pada bln. oktober 2009 sudah menaikkan status merak hijau ( pavo muticus ) dari vulnerable ( vu atau ” ;rentan” ; ) jadi endangered ( en atau “ ;genting” ; ).

 
Top