Burung pentet atau toet dapat juga cendet ( bhs jawa nya ) yaitu burung yang memiliki nada serta volume yang keras, dan saat membawakan irama lagu ocehannya amat menarik dikarenakan memiliki kecepatan atau didalam berkicau memiliki speed yang amat rapat serta beragam dengan artinya ngerol serta burung ini bisa jadikan master untuk burung-burung ocehan yang lain. 

Pada tahun 90 an burung pentet ini belumlah populer layaknya saat ini ini, apalagi dahulu harganyapun amat murah serta amat terjangkau, namun bersamaan dengan perjalanan waktu didalam perubahannya burung type ini mulai banyak diminati oleh orang dikarenakan tak hanya mempunyai wujud fisik yang indah burung ini juga memiliki suara-suara ocehan yang menarik, dengan kelebihan tersebut maka tiap-tiap orang berupaya untuk melacak serta memperoleh burung pentet ini dengan mutu yang paling baik. 

Burung pentet ini yaitu merupakan burung pemangsa yang amat ganas serta agresif, tidak heran bila tiap-tiap orang yang memelihara burung ini banyak yang digigit jari tangannya bila dapat mengambil area minum atau area makannya dari didalam sangkar, saya lalu mengalaminya serta amat sakit bila di gigit burung ini, dikarenakan pentet ini memiliki paruh yang membentuk kait di bagian ujungnya serupa dengan burung pemangsa liar layaknya burung elang atau burung falcon, dan memiliki tungkai yang amat kuat serta cakar yang amat tajam yang manfaatnya yaitu untuk memangsa atau mencengkram buruannya di hawa, maka waspadalah bila pingin memelihara burung ini sebelum saat tahu langkah merawatnya. 

Tetapi bila burung ini dipelihara sejak kecil atau waktu tetap piyik maka karakter ganas serta pemangsanya sedikit mengilang, apalagi burung ini dapat mendekat bila lihat tangan kita masuk kedalam sangkarnya seakan kita memberinya makan. 

Burung ini memiliki ciri khas tersendiri yakni dia dapat meliuk-liukan ekornya bila tengah mengoceh dan kepalanya seraya menatap langit sembari gerakan kekanan serta kekiri. 

Langkah mengonsumsi makanannyapun amat unik, dia dapat mencengkram makanannya dengan kuku tajamnya serta mencabiknya, makanan burung pentet ini dapat jangrik, walang, kroto maupun ada juga yang memberikannya dengan cicak sebagai trick supaya burung tersebut jadi gacor.. ( hadeeuuhh ada-ada saja ya.. ), adapula beberapa pehobi yang lain yang memasukan burung emprit kedalam sangkarnya.. ( waduh lebih ekstrim lagi yahh.. ), yang konon katannya seluruh itu untuk meningkatkan adrenalinnya saat mengikuti perlombaan. 


 
Top