Header Ads

Burung Langka : Cendrawasih Botak

Burung Langka : Cendrawasih Botak (ocehankenari) -Nyatanya indonesia tak lagi dulu habis didalam perihal burung - burung langka ini terhitung didalamnya yaitu burung cenderawasih, serta lagi - lagi papua yaitu di antara penyumbang terbanyak didalam perihal burung hias di indonesia.

Burung cendrawasih ( bird of paradise ) yaitu di antara spesies fauna endemik yang amat popular asal tanah papua.

Demikian terkenalnya hingga namanya kerap digunakan untuk menamai beragam area serta kegiatan di provinsi tertimur ini.

Dari 27 type yang ada di tanah papua 6 type model burung cendrawasih yang menempati “surga” rimba dataran rendah di kabupaten raja ampat diantaranya :
  • burung cendrwasih botak ( cicinnurus respublica ),
  • endrawasih raja ( cicinnurus regius ),
  • cendrawasih merah ( paradisaea rubra ),
  • cendrawasih kuning-kecil ( paradisaea minor pulchra ),
  • cendrawasih belah-rotan ( cicinnurus magnificus )
  • cendrawasih 12 antena ( seleucidis melanolevca ).
Sebut saja di antaranya dari sebagian type burung cenderawasih diantaranya yaitu, cendrawasih botak atau didalam nama ilmiahnya cicinnurus respublica yaitu sejenis burung pengicau berukuran kecil, dengan panjang lebih kurang 21cm long, dari marga cicinnurus.

Burung jantan dewasa mempunyai bulu berwarna merah serta hitam dengan tengkuk berwarna kuning, mulut hijau terang, kaki berwarna biru serta dua bulu ekor ungu melingkar. kulit kepalanya berwarna biru muda terang dengan pola salib ganda hitam. burung betina berwarna coklat dengan kulit kepala biru muda.

Endemik indonesia, cendrawasih botak cuma ditemukan di rimba dataran rendah pada pulau waigeo serta batanta di kabupaten raja ampat, provinsi papua barat. pakan burung cendrawasih botak terdiri dari buah-buahan serta bermacam serangga kecil.
Penamaan ilmiah spesies ini didapatkan dari keponakan kaisar napoleon bonaparte yang bernama charles lucien bonaparte serta pernah menyebabkan kontroversi.

Bonaparte, seorang pengikut aliran republik, mendeskripsikan burung cendrawasih botak dari spesimen yang di beli oleh seorang pakar biologi inggris bernama edward wilson sebagian bln. sebelum saat john cassin, yang dapat menamakan burung ini untuk menghormati edward wilson.

Tigabelas th. lantas, pakar hewan jerman yang bernama heinrich agathon bernstein mendapatkan habitat cendrawasih botak di pulau waigeo.

Menurut dari hilangnya habitat rimba yang terus berlanjut, dan populasi serta tempat di mana burung ini ditemukan amat terbatas, cendrawasih botak dievaluasikan sebagai beresiko nyaris terancam didalam iucn red daftar. burung ini didaftarkan didalam cites appendix ii.
Ancaman pada kepunahan populasi ini adalah perihal yang serius serta mesti jadi perhatian pemerintah tempat terlebih pada tindakan pemakaian untuk kesenangan ataupun tujuan dengan ilegal, namun perihal terutama yaitu problem rusaknya habitatnya, hingga sistem penangkapannya sudah di larang sebagaimana terdaftar didalam undang-undang nomer 5 th. 1990 perihal konservasi sumber daya alam hayati serta eksosistemnya serta ketentuan pemerintah nomer 7 th. 1999 perihal pengawetan type tumbuhan serta satwa liar.

Efek kecemasan atas aktivitas manusia yang tidak ramah lingkungan pada pemakaian serta rusaknya habitatnya dapat menyebabkan kemunduran populasi yang menyebabkan kepunahan spesies yang panjang.

Powered by Blogger.