burung kutilang

Ternak Burung Kutilang (ocehankenari) -Yaitu cara atau usaha yang dikerjakan manusia untuk mengembangbiakkan kutilang di dalam sangkar atau dengan bantuan manusia. Burung kutilang sendiri yaitu sejenis burung pengicau dari suku pycnonotidae. Dalam bahasa inggris burung ini dimaksud sooty headed bulbul, memiliki nama ilmiahnya yaitu pycnonotus aurigaster, merujuk pada bulu-bulu di bagian pantatnya yang berwarna jingga. Burung kutilang memiliki berukuran tengah, panjang tubuh keseluruhan ( diukur dari ujung paruh sampai ujung ekor ) lebih kurang 20 cm.

Sistem penjodohan kutilang.
Bila anda telah memiliki sepasang kutilang dengan umur siap ternak sistem selanjutkan yakni sistem penjodohan. Sistem penjodohan yakni kutilang jantan serta betina di letakkan pada sangkar yang tidak sama, serta ke-2 sangkar tersebut diletakkan saling berdekatan. Dalam perihal ini banyak new comer (peternak pemula) yang tidak sabar melakukan sistem penjodohan mereka segera masukin jantan serta betina kedalam satu kandang.
burung kutilang 
Karenanya ada sistem penjodohan anda dapat tahu kesiapan kutilang tersebut, bila belum jodoh segera dimasukan ke dalam satu sangkar mengakibatkan ke-2 kutilang tersebut dapat berantem. Jika berlangsung perkelahian di antara keduanya serta di antara kutilang ada yang kalah maka waktu penjodohan dapat lama Terlebih bila yang kalah kutilang jantan sistem penjodohan makin lama dikarenakan anda mesti mengkondisikan si jantan supaya berani mendekati betinanya. ada sebagian panduan untuk menambah birahi yakni :
  • kutilang di beri makanan yang bergizi tinggi layaknya telor puyuh, multivitamin dan lain-lain,
  • Dijemur tiap-tiap pagi. pada waktu menjemur serta sistem penjodohan sangkar jantan serta betina digandengkan terus-terusan, bila ada jantan lain sekali-kali dipanas-panasin gunakan jantan lain. disangkar area betina disiapkan sangkar berikut berisi. janganlah lupa berdo’a supaya kutilang yang diternak dapat cepat jodoh serta membuahkan anak yang berkwalitas.
Sistem ternak kutilang.
Sistem setelah itu yakni menjadikan satu ke-2 kutilang tersebut. adapun cirri-ciri kutilang siap ternak ( telah jodoh ) yakni :
  • Pada waktu jantan didekatkan dengan betina sijantan dapat mengejar/menabrak sangkar dengan bunyi yang kenceng serta betinanya menggelepar-geleparkan sayapnya tanda minta kawin.
  • Pada waktu sore hari atau menyambut tidur kutilang betina serta jantan tidur berdekatan.
  • Setiap saat pada kutilang betina serta jantan saling meloloh makanan.
  • Bila di dalam sangkar betina di dikasih sarang beserta berisi, kutilang betina dapat menyusun atau merapihkan isi sarang, bila isi sarang telah disusun umumnya betina siap ternak.
Saat menyatukan ke-2 kutilang tak ada aturan waktu yang baku anda bisa setiap saat menyatukannya, cuma pengalaman saya waktu yang terbaik yakni sore hari. dengan menjadikan satu sore hari diinginkan saat malam hari keduanya telah rukun hingga pagi harinya telah jodoh. Dikarenakan telah alami masa penjodohan maka pada waktu penyatuan tidak terlampau riskan berantem namun kita mesti terus memantau.

Sesudah keduanya rukun cobalah cermati isi sarang bila isi sarang kotor maka ubah isi sarang tersebut serta beberapa isi sarang simpan di basic sangkar umumnya isi sarang didasar sangkar dapat dipindah ke dalam sarang. untuk memperhalus sarang kutilang betina umumnya senang mencabuti bulu halus jantannya atau bulu halus dari kutilang betina, umumnya bila didalam sarang telah ada bulu-bulu halus tandanya tidak lama lagi induk betina dapat bertelor.

Untuk mempercepat sistem bertelor serta kurangi mencabuti bulu halus pengalaman saya kedalam sangkar dimasukkan kapas secukupnya. Demikianlah dulu catatan mengenai sistem penjodohan takutnya terlampau kepanjangan.

-->
 
Top