Header Ads

Mengenal burung Manyar

burung manyar

Mengenal burung Manyar (ocehankenari) -Merupakan type burung granivora ( pemakan biji-bijian ) yang terhitung dalam marga ploceus yang datang dari Afrika.

Burung manyar dikenal sebagai burung penenun finches dikarenakan burung ini amat cekatan saat menenun daun, ranting, serta serat tumbuhan jadi sarang yang amat indah.

Dalam bahasa inggris burung ini dimaksud dengan “weaver bird” dikarenakan mempunyai sarang dengan wujud yang amat rumit serta unik. burung ini juga kerap dimaksud dengan burung penganyam.

Burung manyar terhitung bangsa burung passerine ( penyanyi ) kecil yang mempunyai hubungan famili dekat dengan type finch. Menurut isi buku birds of south east asia karangan craig robson ( 2002 ), diketahui bahwa ada 117 spesies manyar didunia serta 4 type salah satunya ada di asia tenggara.

Indonesia mempunyai 3 spesies burung manyar yakni ploceus philippinus ( manyar tempua ), ploceus manyar ( manyar jambul ) serta ploceus hypoxanthus ( manyar emas ).

Ciri-ciri
Burung manyar jantan condong mempunyai mahkota yang berwarna emas, mempunyai warna yang lebih cerah serta beragam yang didominasi oleh warna kuning, hitam atau merah. Namun burung manyar betina condong mempunyai warna yang kusam serta monoton.

Burung manyar jantan serta betina mempunyai ukuran tubuh yang sama yakni 15 cm. sebagian type burung manyar menunjukkan variasi di warna cuma waktu musim kawin saja.

Untuk manyar emas jantan ( ploceus hypoxanthus ) didominasi oleh warna bulu yang berwarna kuning di seluruh tubuhnya.

Habitat
Burung ini umumnya hidup di rimba, rawa, padang rumput, serta sawah. burung manyar dapat ditemukan di tempat sub tropis australia, asia serta tempat sahara sub afrika.

Sering burung manyar bikin pintu jebakan untuk mengelabui hewan predator di mana pintu jebakan tersebut senantiasa terbuka, namun pintu yang sebenarnya tersembunyi.

Hewan predator yang masuk ke pintu jebakan tak lagi menjumpai apa pun serta cuma dapat menjumpai jalur buntu, namun area telur atau anak burung ada di sarang yang tersembunyi.

Konstruksi atau arsitektur sarang burung manyar ini amat estetik. sarang dianyam dari ranting serta rumput-rumput kering.

burung manyar
Kurun waktu yang singkat burung ini dapat merangkai tangkai rumput dengan rajutan yang amat kecil. walau sebenarnya burung ini barangkali memerlukan ratusan atau apalagi beberapa ribu tangkai rumput untuk di jalin tiap-tiap harinya.

Dari keperluan tangkai rumput yang amat banyak tersebut, kita dapat menilai bahwa burung ini amat ulet serta sabar dikarenakan mesti pergi ke satu area lantas membawanya ke area bikin sarang.

Burung tersebut cuma istirahat sebentar dalam 1 hari, umumnya waktu istirahat makan atau siang hari. burung ini cuma menggunakan paruhnya untuk menjalin sarangnya. gerakan hubungan burung ini serupa dengan orang yang menjahit menggunakan jarum tangan.

Tak hanya sabar serta ulet, burung manyar tidak kenal putus harapan. sepanjang sistem pembuatan sarang umumnya burung parkit kerap mengakibatkan kerusakan sarang yang dibikin dengan langkah mengakibatkan kerusakan atau menarik-narik hubungan yang sudah terbentuk.

Hubungan yang telah dirusak oleh burung parkit ini dapat segera diperbaiki oleh burung manyar, perihal ini terus berulang serta tanpa mengetahui capek, burung manyar senantiasa memperbaiki sangkar yang di rusak.

Sarang dari burung manyar amat beragam dalam wujud, ukuran serta bahan yang dipakai. kesimpulannya burung manyar mempunyai ilmu dan pengetahuan mengenai konstruksi sarang yang meliputi ilalang, serabut daun, serta ranting.

Bahan yang sangat kerap dipakai yaitu serabut daun. sarang yang dibikin burung manyar jantan umumnya mempunyai wujud layaknya bola, pentung yang berantakan sampai layaknya kepala kerbau.

Burung ini dapat bikin sarang yang berkelompok sebagaimana apartemen sejumlah 300 pasangan di mana mereka dapat bikin kamar-kamar yang dibikin dengan terpisah-pisah.

Makanan
Burung manyar terhitung burung pemakan biji-bijian tetapi kadang-kadang makan serangga-serangga kecil. burung ini umumnya melacak makan di akasia berduri atau semak-semak.

Karakter
Burung manyar terhitung burung sosial dikarenakan burung ini hidup dengan berkelompok dengan burung sejenisnya. disamping itu burung manyar amat ulet, sabar serta tidak kenal putus harapan terlebih saat bikin sarang. Sering burung camar bergotong royong membangun sarang dengan berbarengan pada cabang pohon.

Di balik itu seluruh nyatanya burung manyar jantan memiliki maksud tersendiri, yakni pingin menggoda burung manyar betina dengan sarang yang telah dibuatnya.

Di antara sarang sarang yang ada di pohon yang tinggi umumnya terdengar lengkingan keras dari nada burung manyar yang kadang-kadang disahuti oleh burung manyar yang lain.

Burung manyar dapat menyanyikan nada dengan merdu hingga perihal inilah sebagaikannya di antara bangsa burung penyanyi yang menarik.

Bila di alam yang terdengar cuma terdengar lengkingan nada burung manyar dengan volume tinggi, maka dalam perubahannya nyatanya burung ini bisa juga di master dengan nada burung lain.

Nada master burung yang umumnya bisa diadopsi oleh burung ini yaitu kenari, prenjak, ciblek, dan seterusnya. burung manyar tidak cuma dapat dimaster, namun juga dapat jadi master untuk burung lain.

Besetan nada awal burung manyar yang berfrekuensi tinggi serta keras, bila dapat diadopsi oleh burung layaknya burung cucak hijau atau burung kenari sampai burung murai batu dapat jadi senjata andalan.

Reproduksi
Musim kawin burung manyar berlangsung pada bln. april sampai bln. oktober. musim kawin pada burung ini ditandai karenanya ada nada lengkingan yang memekakkan telinga yang disebut tanda peringatan untuk burung manyar lain agar menghimpun bahan untuk bikin sarang.

Sukses atau tidaknya burung manyar jantan saat mengawini burung manyar betina amat bergantung dari bagus tidaknya sarang yang dibangun.

Sesudah burung manyar jantan membangun sarang maka burung manyar betina dapat mengamati sarang tersebut, serta bila dikira indah maka perkawinan dapat berlangsung. burung manyar jantan dapat mengawini burung manyar betina yang lain.

Burung manyar betina dapat bersedia dikawini oleh burung manyar jantan bila burung manyar betina jadi tertarik dengan wujud sarang yang dibikin manyar jantan, tetapi sebaliknya bila manyar betina tidak jadi tertarik dengan sarangnya maka burung ini tak lagi akan dikawini oleh manyar jantan.

Saat burung manyar betina tidak tertarik dengan sarang serta meninggalkannya, maka burung manyar jantan dapat segera sadar serta dapat lakukan dekonstruksi ( pergantian ) pada wujud sarangnya.

Powered by Blogger.