paok sayap biru

Mengenal burung paok sayap biru (ocehankenari) -Mempunyai nama ilmiah pitta moluccensis, yaitu burung berkicau yang terhitung dalam keluarga pittidae yang datang dari benua australia serta di asia tenggara.Berbarengan dengan tiga superspesies yang lain, dikarenakan type burung ini tidak mempunyai subspesies.

Taksonomi

Philipp ludwig statius müller seorang naturalis berkebangsaan jerman, yaitu orang yang pertama kali mendeskribsikan burung paok-bersayap biru pada tahun 1776. Burung ini membentuk superspesies berbarengan dengan burung paok bidadari yang bernama latin pitta nympha, paok india dengan nama latin pitta brachyura, serta paok bakau dengan nama latin pitta megarhyncha.

Tanda-tanda fisik

Burung paok sayap-biru mempunyai ukuran tubuh tengah lebih kurang 18cm, bertubuh gemuk serta berwarna-warni. dadanya berwarna merah karat, alisnya coklat pucat serta punggungnya berwarna hijau. warna pada sayap biru terang dengan bercak putih serta hitam, tenggorokan berwarna putih, tunggir merah. iris berwarna coklat, paruh kehitaman, serta kaki berwarna coklat pucat.

Penyebaran serta habitat

Burung paok sayap biru menyebar di lokasi india tenggara, cina barat daya, serta asia tenggara. pada musim dingin mereka kerap bermigrasi ke malaysia, sumatera serta pulau-pulau kecil di sekelilingnya dan pulau kalimantan terhitung kep. natuna. hidup di ketinggian 1.000 m.

Tercatat di umumnya habitat rimba, terhitung perbukitan serta perkebunan. burung ini kadang-kadang bermigrasi sampai pulau sulawesi sampai ke filipina.

Kebiasaan

Burung paok sayap biru kerap bersembunyi di antara semak-semak, rimba sekunder, serta rimba mangrove yang letaknya dekat dengan pantai. jalan menyusuri pantai, serta berlompatan diatas tanah layaknya anis.

paok sayap biru

Pada malam hari mereka kerap beristirahat di semak belukar yang jaraknya cuma satu mtr. dari atas tanah. mereka bermigrasi pada tiap-tiap tahunnya. terbang saat malam hari serta pada waktu bln. baru.

Makanan

Umumnya paok sayap-biru mengonsumsi serangga, cacing serta siput dengan langkah memburu dari atas dahan pohon yang tidak jauh dari permukaan tanah.

Reproduksi

Burung paok sayap-biru membangun sarang yang memiliki bentuk agak rumit serta terbuat dari campuran daun, akar, lumut serta rumput serta ditempatkan celah-celah akar pohon yang tidak jauh dari air.

Warna pada telurnya yaitu putih atau krem. telur berjumlah lebih kurang 3 sampai 4 butir. serta dierami sepanjang lebih kurang 15 sampai 17 hari lamanya. 

-->
 
Top