anis merah dalam sangkar

Mengenal Burung Anis Merah (ocehankenari) - Sapaan untuk ( zoothera citrina ) atau biasa dimaksud dengan anis bata maupunglor merah merupakan burung yang dikenal dapat melantunkan irama kicauan yang amat beragam serta dapat mengikuti beragam jenis nada burung lain dengan amat baik.

Burung anis merah ini dapat disebut mempunyai nilai seni yang amat indah hingga tidak heran bila beberapa besar pengagum burung berasumsi bahwa burung ini yaitu raja dari burung ocehan di kelasnya.
Serta kelihatannya belum lengkap bila ada seseorang yang mengaku pengagum burung tetapi belum mempunyai burung yang satu ini.

Tidak heran bila harga burung ini amat mahal dikarenakan burung ini jadi rebutan untuk pengagum burung yang pingin mempunyai burung yang dapat membawakan lagu dengan irama yang amat baik.

Burung anis merah dikenal sebagai burung yang eksentrik dikarenakan saat melantunkan irama lagu burung ini tampak layaknya teler gerakkan kepala ke kanan serta ke kiri yang bikin burung ini tampak amat menawan serta popular di mata pengagum burung dikarenakan mempunyai ciri khas yang unik.

Pada tahun 2006 diselenggarakan sesuatu penelitian yang dikerjakan tim peneliti dari burung Indonesia dengan melibatkan . 782 keluarga di pulau jawa serta bali.

Hasil penelitian tersebut tunjukkan bahwa burung anis merah ada di peringkat ketiga dari type burung yang sangat banyak dipelihara oleh masyarakat di kota-kota besar layaknya surabaya, semarang, yogyakarta, jakarta, bandung serta denspasar.

Dengan semaraknya lomba burung berkicau yang umumnya diadakan sekurang-kurangnya 1bulan sekali makin menambah popularitas burung anis merah. belum lagi ditambah dengan acara latihan berbarengan yang dikerjakan di kota-kota besar yang pastinya bikin burung anis merah makin dikenal di masyarakat.

Tingkah laku “teler” yang diperlihatkan burung anis merah dapat jadi di antara factor kelebihan burung ini yang dapat memperoleh nilai positif dalam lomba burung. yang tidak kalah penting yaitu burung ini juga mempunyai volume serta irama nada yang beragam hingga makin menambah nilai positif pada lomba burung.

Habitat
Burung anis merah memanglah banyak ditemukan di indonesia, tetapi burung ini juga dapat ditemukan di negara lain layaknya india, bangladesh, china, bhutan, pakistan, srilanka, nepal serta negara-negara di asia tenggara layaknya laos, myanmar, malaysia, vietnam serta thailand.

anis merah makan

Burung anis merah umumnya hidup di tempat sungai yang dekat dengan rimba serta kebun-kebun kopi yang ada di 400 mtr. diatas permukaan air laut. disamping itu burung anis merah juga condong tinggal lembah atau sungai kecil yang jarang terkena cahaya matahari.
Birdlife international yang disebut di antara instansi pelestari burung internasional merekomendasikan burung anis merah dengan status least concern ( belum terancam punah ) pada daftar burung-burung yang terancam punah di seluruh dunia ( iucn red daftar ) pada tahun 2008.

Meskipun demikianlah penjaringan burung untuk dijual sebagai burung peliharaan yang berlangsung di pulau jawa menyebabkan populasi burung anis merah alami penurunan angka yang mencolok.
Menurut informasi dari beragam sumber di pulau bali yang berkeliling sepanjang 10 hari, burung anis merah dapat ditemukan di 4 kabupaten yakni tabanan, buleleng, jembrana serta karangasem.

Ttetapi burung anis merah tidak ditemukan pada sebagian tempat yang ada rimba serta perkebunan kopi di telage, labuanaji, pelapuan serta kekeran.

Ciri jantan serta betina

Cukup sukar untuk membedakan burung anis merah jantan serta betina membedakannya dengan segera. pemicunya yaitu dikarenakan burung anis merah terhitung burung monomorfik ( satu wujud ).

Meskipun banyak mitos yang mengatakan ciri fisik type kelamin burung anis merah, tetapi tetap harus sukar untuk membedakannya cuma dengan lihat fisiknya dengan segera.
Tetapi ada patokan yang dapat dipakai untuk membedakan type kelamin burung anis merah walau akhirnya tidak seutuhnya akurat. di antaranya yaitu burung anis merah mempunyai warna merah yang kurang terang, namun burung anis merah jantan mempunyai warna merah yang lebih jelas.

Anda juga dapat membedakan type kelamin burung anis merah dengan lihat kerapatan tulang supitnya lewat cara meraba kloaka. untuk burung anis merah yang jantan mempunyai tulang supit yang runcing serta rapat, namun burung anis merah yang betina mempunyai tulang supit yang lembek serta agak lebar.
Perbedaan yang sangat jelas yaitu bila bersua burung anis merah yang lain burung anis merah jantan dapat tampak mendongak-dongakkan kepalanya, namun burung anis merah tak lagi tunjukkan tingkah laku yang sama.

-->
 
Top