burung tekukur

Mengenal burung tekukur (ocehankenari) -Dalam bahasa inggrisnya dimaksud dengan nama spotted dove, merupakan sejenis burung merpati yang masuk dalam golongan keluarga columbidae.

Burung tekukur mempunyai nama ilmiah streptopelia chinensis, serta burung ini sudah dimasukkan ke dalam genus stigmatopelia.

Di Indonesia, burung ini kerap jadi burung peliharaan, terlebih di pulau jawa. burung ini mempunyai nada yang khas.Dalam suara rendah serta terdengar lembut, dengan sedikit penekanan pada suara paling akhir. kadang-kadang burung ini juga mengeluarkan nada yang yang berbunyi ” kuu kuu kruu, kruuk”

Suaranya yang indah serta lembut tersebut yang bikin burung ini amat disukai oleh beberapa penghobi burung.

Layaknya burung merpati, burung tekukur tidak senang hidup berkelompok. biasanya mereka menyendiri atau berbarengan pasangannya. suara-suara yang tiba-tiba dapat mengakibatkan burung terbang. terbangnya cepat dengan langkah sekali sentakan yang mendadak layaknya burung merpati.

Waktu dapat mendarat, ekornya dapat miring ke atas. sepanjang musim kawin, burung tekukur jantan dapat memiringkan ekornya dengan sudut yang curam dan melingkari betinyanya embangkan sayap serta ekornya

Tanda-tanda fisik

Burung tekukur mempunyai ukuran tengah layaknya burung merpati, tetapi lebih runcing serta ramping dengan panjang lebih kurang 28 sampai 32 cm atau lebih kurang 11. 2 sampai 12. 8 inchi. warna tubuhnya soklat agak merah jambu. punggung, sayap dan ekornya berwarna coklat agak pucat, dengan bintik-bintik kuning pucat.

Ekornya terlihat lebih panjang. bulu di bagian luar ekornya berwarna putih tidak tipis. bulu-bulu dibagian sayapnya lebih gelap dibanding dengan bulu tubuhnya. ada bercak berwarna putih hitam yang khas di bagian lehernya. iris berwarna jingga, paruh hitam, kakinya berwarna merah. Hidupnya amat dekat dengan manusia dan melacak makan diatas permukaan tanah. kerap menyendeiri atau berpasangan di tempat yang terbuka. bila jadi terganggu dapat terbang rendah diatas permukaan tanah dengan kepakan sayap pelan.

burung tekukur

Waktu terbang, burung ini menunjukkan bulu-bulu berwarna hitam yang dibatasi oleh pinggiran yang berwarna kelabu agak pucat. baik jantan ataupun betinanya mempunyai warna yang sama.Tetapi burung-burung muda atau masik anakan kerap tidak mempunyai bercak-bercak yang khas di bagian lehernya.

Burung tekukur yang tetap muda warna kepala dan sisi bawahnya berwarna merah muda dan dapat beralih jadi kelabu pucat dengan bertahap di bagian muka dan perut bawahnya saat dewasa.

Taksonomi.

Awalnya, species ini dimasukkan kedalam genus streptopelia, tetapi dalam sesuatu studi serta penelitian di tahun 2001, menurut pada gen didalam tubuhnya, tunjukkan bahwa species ini berbarengan dengan species streptopelia senegalensis yang tersisa yang selanjutnya mengakibatkan tekukur biasa masuk ke dalam genus streptopelia.

Karena inilah yang bikin beberapa peneliti membagi mereka pada genus yang terpisah. carl sundevall bikin genus stigmatopelia dengan type senegalensis, sesaat itu ia juga bikin genus spilopelia untuk chinensis, suratensis dan tigrina dan memperlakukan mereka sebagai species yang terpisah pada halaman yang sama pada bukunya di tahun 1872.

Makanan

Burung tekukur makan biji-bijian layaknya jagung, beras, milet. burung ini kerap menggunakan waktunya di daratan yang terbuka untuk melacak makan layaknya di padang rumput dan ladang.

Reproduksi

Burung tekukur bereproduksi selama tahun, dengan sarangnya yang terbuat dari ranting yang kerap ditemukan diatas pohon, pinggiran bangunan kadang-kadang juga diatas permukaan tanah yang tertutup semak-semak yang rimbun.

Burung ini mengeluarkan telur sejumlah dua butir yang berwarna putih kemerahan. di lokasi australia selatan, burung ini ummnya berkembang biak pada bln. september sampai bln. januari, namun di australia utara biasanya berkembang biak pada musim gugur.

Habitat serta penyebaran

Burung ini merupakan burung peternakan lokal di tempat yang membentang dari india, sri lanka, asia selatan yang beriklim tropis sampai ke china selatan dan asia tenggara sisi timur. burung tekukur merupakan species yang beberapa besar penyebarannya meliputi tempat terbuka dan tanah pertanian.

Burung tekukur sudah dibawa masuk sampai ke lokasi los angeles, california, amerika serikat sampai ke indonesia utara, australia dan selandia baru.



-->
 
Top