Header Ads

Cara Menyilangkan burung kenari dengan finch

finch

Cara Menyilangkan burung kenari dengan finch  (ocehankenari) -Persilangan pada finch dengan burung kenari kerap juga dimaksud dengan kenari mule atau yang pada prinsipnya dikenal dengan sebutan kenari hybrid. Persilangan kenari dengan finch ini dapat membuahkan burung dengan suara yang lebih merdu serta irama yang lebih panjang, serta umumnya lebih aktif atau lincah di banding burung kenari biasa. 

Finch hijau (green finch) serta finch emas (gold finch) yaitu type finch yang sangat popular yang kerapkali sukses berkembang biak bila disilangkan dengan burung kenari biasa.Di eropa serta negara negara lain di barat banyak yang menggunakan tekhnik menyilangkan kenari dengan finch layaknya tertulis di sini, oleh dikarenakan itu bila anda berminat mengembang-biak kan kenari hybrid ini silakan simak panduan di bawah ini.
 
Berikut panduan bagaimana menyilangkan kenari dengan finch
  1. Yakinkan ke-2 burung dalam kondisi yang sehat sebelum saat dikembang biakan. masukan burung dalam masing masing sangkarnya dikarenakan mereka mengonsumsi biji bijian yang tidak sama macamnya. untuk kenari dapat dikondisikan memberikan makanan yang pas sesaat finch memerlukan sayuran hijau, telur rebus serta biji kecambah ( biji yg pada mulanya dibasahi dg air ).

  2. Pakai kandang penangkaran yang bersekat ( dibagi dua dengan sekat yang dapat dibuka tutup ) supaya keduanya dapat saling lihat sampai siap untuk di kembang biakan, awal mulanya kenari betina dapat menampik pejantan dari type finch.

  3. Menyiapkan area untuk bersarang serta bahan bahan pembuat sarang untuk kenari betina membangun sarang saat telah siap. gantungkan kenari jantan yang telah rajin bunyi di dekat kandang kenari betinanya, namun tidak tampak ( ditutup sekat ) sampai betina mulai membangun sarangnya, ini yaitu tanda bahwa kenari betina telah siap untuk kawin.

  4. Buka sekat yang menutupi kenari jantan supaya tampak oleh kenari betina. buka juga sekat dari kandang penangkarannya supaya finch dapat berhimpun dengan kenari betina serta dapat mengawali ritual kawin.

  5. Dikarenakan finch yaitu burung pemalu terlebih pada saat akan kawin, maka saya anjurkan anda segera meninggalkan kandang penangkaran atau sekurang-kurangnya ada jauh serta tidak tampak ( sembunyi2 )oleh burung tersebut. supaya sistem perkawinan dapat jalan dengan sukses.

  6. Segera pindahkan finch ke sangkarnya demikian ritual kawin selesai, saat ini tinggal menanti kenari betina bertelur serta mengerami telurnya sampai menetas. umumnya telur dapat menetas kurun waktu dua minggu serta siap meninggalkan sarangnya sesudah 16 sampai 19 hari serta dapat mandiri sesudah berusia bln..
Sesudah anakan kenari dapat dipisahkan dari induknya waktunya memaster dengan nada burung yang indah, supaya kedepannya calon anakan tersebut dapat berkicau dengan lebih variasi serta merdu oleh karena itu tujuan dari kawin silang kenari dengan finch ini.

Powered by Blogger.