Mengenal burung kepodang

Mengenal burung kepodang (ocehankenari) -Bila ada banyak burung kepodang berkeliaran di rimba hutan pasti kita hingga saat ini tetap dapat mendengar alunan kicauannya yang membahana serta menggema ke seluruh penjuru dikarenakan burung ini populer dengan nada alunan kicauannya yang merdu serta keras. 
dari sebagian type burung kepodang yang ada di indonesia ini ada sebagian yang butuh kita kenali layaknya : 

Beragam type burung kepodang :
  • kepodang emas ( yang disebut maskot jateng ) 
  • kepodang batu 
  • kepodang kapur. 
Dari ketiga type kepodang tersebut, yang sangat banyak dicari yaitu burung kepodang emas yang mempunyai ciri ciri diantaranya : 
  • ukuran tubuh yang semakin besar dari burung kepodang type lainnya 
  • warna kuning yang cerah serta tidak terlampau kusam atau tua. 
  • warna paruh yang putih atau kuning gading 
  • mata kemerahan 
Nada burung kepodang emas ini terdengar sangat kencang di antara kepodang yang lain. serta bila kita merawatnya dari tetap muda atau piyikan bukan hanya mustahil burung ini dapat menirukan nada burung yang lain walau cuma sebagian saja. 

Mengenal burung kepodang
Wujud fisik kepodang batu serta kepodang kapur dengan sepintas nyaris serupa, cuma saja dari habitatnya yang tidak sama kepodang kapur banyak ditemukan di tempat pegunungan atau perbukitan sesaat kepodang batu lebih condong suka lokasi pesisir atau dataran rendah. 

Ukuran tubuh lebih kecil dari kepodang emas, dengan paruh yang berwarna lebih kehitaman atau warna putih kehitaman, bulu sayapnya lalu ada yang berwarna hitam pekat. nada terdengar lebih berisik walau tidak sekeras kepodang emas, kelebihannya yaitu kepodang kapur serta kepodang batu ini lebih gampang beradaptasi dengan situasi cuaca atau lingkungan yang baru di banding kepodang emas. 

Makanan 

Tak hanya voer yang disebut pakan utama 1 hari harinya, burung kepodang harus diberikan buah-buahan yang kaya nutrisi dengan pemberian yang diselang-seling tiap-tiap harinya, contohnya pisang- apel-pepaya-jambu biji, dan lain-lain. ada bebrapa burung kepodang yang suka jangkrik atau serangga namun ada juga yang tidak demikian senang dengan serangga, namun perihal tersebut tidak jadi problem sepanjang burung tersebut akan mengonsumsi buah-buahan yang disebut makanan alaminya. 

Supaya burung kepodang dapat berbunyi dengan rajin maka kunci utama dari perawatan tersebut yaitu kebersihan kandang serta air minumnya, jagalah kebersihan kandang tiap-tiap harinya juga air minum yang perlu senantiasa di check setiap saat dikarenakan burung yang makan semakin banyak buah-buahan condong lebih cepat mengotori air minumnya. 

Pemberian mandi bergantung dari ciri-ciri burungnya ada yang suka disemprot dengan sprayer ada juga yang suka mandi dalam bak mandinya. 

Satu perihal yang layak jadi pertimbangan untuk kicau mania bahwa kepodang emas merupakan burung yang terhitung satwa yang dilindungi dikarenakan nyaris punah di habitatnya hingga keberadaannya lalu telah amat jarang ditemukan di hutan-hutan di pulau jawa. adapun sebagian pemicu menghilangnya burung kepodang di habitatnya diantaranya yaitu dikarenakan perburuan liar dengan senapan angin, penangkapan yang terlalu berlebih, dan ada kebiasaan masyarakat terdahulu yang menggunakan burung kepodang ini sebagai di antara media dalam upacara ritual dan belum ada usaha penangkaran burun kepodang yang berkelanjutan.

-->
 
Top