burung kenari

Ciri kenari indukan siap ditangkar (ocehankenari) -Burung kenari sekarang ini mulai naik daun lagi sebagai object penangkaran sesudah sekian waktu yang lalu pernah turun pamornya dikarenakan orang lebih terlalu fokus pada penangkaran burung lovebird. Terkait dengan perihal itu sebaiknya kita simak lagi sebagian referensi perihal penangkaran burung kenari. 

Untuk mendapatkan burung kenari jantan serta betina yang betul-betul sudah siap kawin butuh pengalaman yang cukup. sebagai gambaran umum, burung kenari type holland dengan normal umumnya pada umur 7 - 8 bln., baik jantan ataupun betina, telah siap lakukan reproduksi. 

Menentukan calon indukan 
Beberapa penangkar pemula yang belum memiliki pengalaman memanglah kerap alami kesusahan untuk tahu burung kenari yang telah siap lakukan reproduksi ( siap kawin ). Langkah yang sederhana untuk tahu burung kenari yang telah siap kawin yaitu melihat serta mendengarkan dengan segera burung tersebut telah berbunyi nyaring atau belum ( bila jantan ). 

Biasanya, burung kenari jantan pada umur 7—8 bln. Sudah berbunyi cukup nyaring, namun burung kenari betina sudab alami pergantian fisik, yaitu perut lebih kurang alat kelamin jadi semakin besar serta kencang layaknya bisul akan pecah. indukan burung kenari ( jantan serta betina ) yang dapat ditangkarkan baiknya dipilih yang mempunyai wujud tubuh ideal, wama bulunya mulus, tidak terlampau gemuk serta tidak terlampau kurus, tidak cacat fisik baik paruh, sayap, ataupun kakinya, serta tidak tengah dalam sistem ubah bulu. 

Indukan kenari mempunyai irama pernapasan yang normal, bila bernafas badan serta bulu ekor tidak terlihat turut bergerak. burung kenari yang saat bernapas badan serta bulu ekor terlihat turut bergerak mengisyaratkan bahwa burung tersebut saluran pernafasannya terganggu. bila tidak dikerjakan dengan sungguh-sungguh, maka burung tersebut dapat alami kematian. 

Indukan burung kenari ( jantan serta betina ) yang dapat ditangkarkan tidak tunjukkan ada sinyal tanda kesusahan buang kotoran. burung kenari yang alami kesusahan saat mengeluarkan kotoran (pub) bermakna didalam tubuhnya tengah berlangsung masalah pencernakan
burung kenari

Ciri burung kenari jantan siap tangkar 

Burung kenari jantan yang sudah betul-betul siap untuk dijodohkan/ dikawinkan bila sudah tunjukkan tanda-tanda seperti berikut : 
  • Suaranya nyaring dengan irama yang panjang serta tidak terputus-putus ; 
  • Bila didekati oleh burung kenari betina pada waktu berbunyi tunjukkan gerakan naik turun sangkar. 
  • Bila dipegang serta dilihat, alat kelaminnya terlihat menonjol besar serta panjang berwarna kemerah-merahan. 

Ciri burung kenari betina siap tangkar 

Burung kenari betina yang baik serta sudah siap untuk dijodohkan/dikawinkan bila sudah memberikan tanda-tanda seperti berikut : 
  • gelisah bila mendengar suara/bunyi kenari jantan ; 
  • bulu sayap dikepak-kepakkan sembari berbunyi mencicit bila mendengar nada burung kenari jantan ; 
  • kerap mengangkut bulu atau serat-serat daun yang sudah kering atau menarik-narik atau untuk dibawa ke sana kemari sembari terbang. 
  • bila dipegang serta dilihat, lebih kurang alat kelamin ( lebih kurang anus ) telah terlihat halus bersih serta bulu serta berwarna kemerah-merahan ; bila disentuh dengan ujung jari tangan dapat merasa layaknya bisul akan pecah ; 
  • bila dilihat dengan cermat, anus area berlangsungnya sistem perkawinan telah terlihat terbuka iebih lebar dari pada umumnya serta di sekelilingnya terlihat mengkilat/berminyak.

-->
 
Top