Header Ads

Mengenal Perkutut Australia


Mengenal Perkutut Australia (ocehankenari) -Perkutut australia dengan nama ilmiah geopelia humeralis, merupakan hewan asli Australia. Perkutut australia yang dilindungi oleh national parks and wildlife act 1974.

Mereka terhitung dalam keluarga merpati berukuran tengah, ukuran mereka beragam. pada 26-30 cm ( 10. 4 sampai 12 inci ).

Tanda-tanda fisik

Perkutut australia mempunyai dada berwarna biru kelabu dengan sayapnya yang mempunyai corak kotak-kotak berwarna coklat perunggu.

Tengkuk ini serupa dengan tengkuk burung tekukur yang mempunyai bintik-bintik hitam putih. perkutut australia dulu bikin beberapa peneliti kebingungan waktu pertama kali diperkenalkan serta kerap dikira burung tekukur dikarenakan corak tubuhnya yang nyaris sama.

Lingkaran dibagian mata condong berwarna abu-abu, tetapi berwarna merah kecoklatan waktu tetap anakan. perkutut australia muga mempunyai warna yang sama cuma saja sedikit lebih pudar.

Perkutut australia di alam liar

Tak hanya ukuran tubuhnya mereka yang tengah, mereka juga terhitung merpati berekor panjang. burung dewasa mempunyai kepala, leher, serta dada berwarna merah-perungu.

Burung perkutut australia yang tetap muda tidak mempunyai belang serta batasan di tubuhnya. dadanya berpalang, tetapi tenggorokannya tidak. amat serupa sekali dengan perkutut jawa, cuma saja mempunyai ukuran yang semakin besar.

Makanan

Perkutut Australia senang melacak makan di tanah lapang yang mempunyai rumput yang pendek-pendek di pinggiran hutan rimba. Mereka juga butuh minum tiap-tiap hari, dikarenakan itu kadang-kadang burung ini kerap tampak di tempat sungai di sekitar hutan rimba.

Di habitat aslinya, perkutut australia mengonsumsi layaknya rimpang serta alang-alang. tetapi kadang-kadang mereka juga memangsa serangga kecil.

Namun dalam penangkaran taman nasional di australia, perkutut australia lebih condong makan biji-bijian.

Reproduksi

Musim kawin burung perkutut asutralia biasanya dari bln. september sampai januari dibagian selatan australia serta februari-april dibagian utara australia.

Sarangnya berupa cawan datar yang terbuat dari ranting serta rerumputan yang umumnya di bangun di bagian pohon-pohon ataupun semak belukar dan di ranting pohon rimba bakau.

Perkutut australia ini kedepannya dapat letakkan lebih kurang dua butir telur yang berwarna putih, mengkilap serta memiliki bentuk bulat.

Habitat serta penyebaran

Burung perkutut australia tersebar di benua australia, utamanya di timur, selatan, papua nugini, sampai ke Indonesia.

Menghuni rimba dataran rendah serta rimba bakau yang rimbun, semak belukar, pohon-pohon pinggir'>di pinggir pantai, serta kebun berpohon di lebih kurang pemukiman. 

Powered by Blogger.