Home » , , » Tips Ternak Anis Merah di Rumah

Tips Ternak Anis Merah di Rumah





Bakalan anis merah sekarang ini banyak masalah yang dihadapi, beberapa kicaumania terkait dengan perawatan anakan anis merah atau anis merah bakalan. banyak telah panduan diberikan, tetapi ini ada bertanya jawab dari tabloid agrobis burung yang kiranya dapat jadi acuan dan referensi buat anda.

“saya memelihara 2 ekor bakalan anis merah, yang menurut penjualnya burung tersebut berjenus kelamin jantan. burung saya pelihara dengan voor dengan stelan jangkrik 3 ekor pada pagi hari serta 3 ekor di sore hari.

Sampai saat ini ( lebih kurang 7 bln. ) ke-2 burung tersebut cuma ngriwik saja, apalagi di antaranya bila saya dekati kerap ngeper-ngeper.

Menurut rekan saya, burung yang ngeper tersebut berjenis kelamin betina, hingga tidak akan berkicau atau bergoyang.Bagaimanakah perawatan burung anis merah yang benar sejak bakalan supaya burung tersebut bisa cepat berkicau serta bergoyang. apalah berarti mempunyai burung anis merah yang tidak dapat bergoyang.”

Jawaban atas pertanyaan tersebut :
Bahwa budidaya burung anis merah berbentuk monomorphisme, hingga tampilan fisik pada jantan serta betina tak ada bedanya, walau sesungguhnya susunan sistem reproduksi yang ada didalam rongga perutnya tidak sama pada jantan serta betina.Anis merah jantan mempunyai testis sebagai organ penghasll spermatozoa serta anis merah betina mempunyai ovarium organ penghasil sel telur.

Anis merah yang berjenis kelamin jantan serta betina keduanya sama mempunyai kekuatan untuk berkicau serta bergaya teler, dikarenakan tingkah laku tersebut adalah sinyal bahwa burung tersebut telah meraih usia akil balik yang tengah tunjukkan tanda-tanda birahi.

Usia akil balik anis merah pada 5 hingga 7 bln. hingga pada usia tersebut, burung yang dirawat dengan baik dapat menunjukkkan tanda-tanda birahi berbentuk rajin berkicau serta teler bergoyang.

Bila anis merah anda saat ini berusia lebih kurang 9 bln. serta belum tunjukkan tanda-tanda akil balik atau birahi berbentuk berkicau atau teler bisa dikarenakan dikarenakan sistem organ reproduksi burung tersebut tidak berkembang dengan prima.

Pakan yang anda berikanlah tetap dibawah keperluan basic yang dibutuhkan oleh burung tiap-tiap harinya hingga burung alami defesiensi protein kurun waktu yang lama. kekurangan protein sejak bakalan bisa jadi pemicu utama tidak timbulnya tanda-tanda birahi pada anis merah hingga macet berkicau atau macet teler.

Supaya anis merah bisa berkicau serta teler pada saatnya butuh memperoleh perawatan yang optimal supaya seluruh sistem reproduksinya bisa berkembang serta berperan dengan normal. pakan berbentuk jangkrik, kroto, ulat hongkong dan cacing sebagai sumber protein mesti diberikan dengan bergantian serta didalam jumlah yang banyak. setiap hari senin serta selasa bisa diberi suplemen yang bisa di oleskan pada serangga atau diteteskan di air minumnya.

Suplemen tersebut memiliki kandungan asam amino esensial sebagai zat pembentuk protein yang amat dibutuhkan untuk perubahan sistem reproduksi burung.

Pada hari rabu serta kamis butuh diberi suplemen yang bisa merangsang perubahan serta elastisitas pita nada hingga burung jadi rajin berkicau dengan mutu nada yang jernih, bening serta mengkristal. buah-buahan berbentuk papaya, pisang atau apel bisa diberikan dengan bergantian sebagai sumber serat serta vit. fresh untuk burung.

Supaya anis merah anda bisa berkicau serta teler setiap hari, sebelum saat tidur/pada sore hari diberi 3 tetes formula metabolisme segera ke mulut. formula tersebut diberikan sampai anis merah anda bisa teler. di samping itu, burung anda butuh memperoleh perawatan dengan optimal layaknya yang telah diterangkan diatas.

Demikianlah jawaban atas pertanyaan tentang perawatan anis merah bakalan. jawaban itu sesungguhnya adalah “jawaban standard”. karena, ya memanglah demikianlah semestinya perawatan burung bakalan. kalaua di alam, burung dapat diberikan makanan apa saja yang menurut indukannya yaitu baik untuk anakannya. bila burung di sangkar, ya pastinya anda yang bertanggung jawab berikan pakan paling baik untuk si burung. 

Sekali lagi, inilah pentingnya penekanan makanan tambahan untuk burung di sangkar selaian voer, buah serta serangga. yakinkan burung anda betul-betul sehat hingga organ tubuhnya dapat berkembang dengan optimal.
sebatas perumpamaan, untuk vit. yang dapat diberikan sepekan 2 x contohnya, anda dapat memakai birdvit. namun untuk mempercepat sistem pematangan organ reproduksi burung hingga periode akil balik tidak terlambat datang, anda dapat berikan birdslim.

Karena, tak hanya adalah suplemen asam amino lengkap, birdslim juga dapat kurangi kegemukan pada burung dikarenakan over saat mengonsumsi karbohidrat, sesaat dia kekurangan protein. Untuk burung-burung muda, anda juga mesti meyakinkan tidak diserang parasit, terlebih kutu serta beragam type cacing. parasit dapat mengganggu sistem tumbuh kembang burung bakalan dikarenakan menyerobot sari makanan serta darah yang ada pada burung. disamping itu, parasit bikin burung tidak dulu tenang, apalagi sebatas untuk studi bunyi.

Anis merah memanglah dikenal sebagai burung yang peka pada iingkungan baru. ditambah lagi pergantian suhu alam yang mencolok, akan cepat bikin burung stres. burung yang dibesarkan di desa yang dingin contohnya, bila dibawa ke kota yang bersuhu panas dipastikan dapat alami shock. Begitupun pergantian menu pakan atau situasi yang tidak sama dari area pertama dapat juga menyebabkan guncangan mental. masalah layaknya ini juga dapat menimpa anis merah asal bali. “namun stress mental akibat pergantian situasi sebenarnya dapat dicegah, ” terang mr baim dari jalak bali team.

Pada anis bakalan dari desa serta anis yang telah biasa mengenyam lapangan diperlakukan nyaris sama bila beralih lokasi supaya tidak shock. umumnya anis yang beralih tangan harus dilewatkan memakai sangkar asli serta dibawa didalam situasi dikerodong. di tempat tinggal yang baru, anis tersebut diusahakan digantung serupa dengan situasi di tempat tinggal pertama. contohnya punya kebiasaan didalam kamar sendirian atau di luar tempat tinggal dengan burung lain.

Bila burung telah terlihat nyaman serta gacor, sangkar telah dapat diganti. Pengalaman menjaga raja langit yang juga kerap diinapkan di sebagian lokasi di jawa serta terus dapat tampak di lapangan menunjukkan bahwa mengerti cii-ciri anis merah hingga kontinuitas kenyamanan serta situasi tubuhnya terus terjaga jadi kunci menjaga perfoma.

Perihal yang sama saja dilontarkan pehobis lainnya, pemain anis merah yang telah banyak mengorbitkan jawara-jawara nasional layaknya raja petir. anis merah bakalan bila beralih lokasi harus diperlakukan hati-hati supaya terhindar dari stress. sejak dapat dibawa dari desa yang dingin baiknya dimandikan sebelum saat dibawa membiarkan sangkar aslinya plus kerodong.
Didalam perjalanan diusahakan tidak hingga tergoyang-goyang. hingga di tempat tinggal segera dimandikan. bila tidak dapat mandi bak dapat dengan jalur disemprot. “yang terutama jangan sempat berangkat malam

Berikut panduan menentukan burung anis merah ( am ) yang bagus, menurut ciri fisik ( katuranggan ) :

  1. Tentukan am jantan, umumnya menggunakan ring atau kita dapat minta garansi ke penjual bahwa am yang kita beli jantan.
  2. Tentukan am yang sehat, tidak sakit & tidak cacat fisik. umumnya am yang sehat memiliki cahaya mata tajam tdk mengantuk / kerap tidur serta tidak bersemangat.
  3. Wujud mata besar & cahaya mata tajam.
  4. Wujud kepala lonjong.
  5. Wujud paruh tidak tipis, besar serta panjang. umumnya memiliki power nada yang kuat.
  6. Wujud paruh bila dipandang dari atas tampak lancip keatas ( layaknya wujud buah belimbing ).
  7. Sobekan paruh tentukan yang sangat dekat dengan mata.
  8. Wujud lubang hidung memanjang serta lebar.
  9. Posisi lubang hidung dekat dengan pangkal paruh.
  10. Wujud leher panjang.
  11. Postur badan proposional ( leher, badan serta ekor yang panjang ) serta tidak gemuk.
  12. Sayap mengepit rapat ( singset ).
  13. Jari-jari panjang.
  14. Ekor berupa huruf m.
Style teler dendasarkan pengamatan wujud fisik :

Style teler klasik, apabila langkah berdirinya tegak, hingga kaki terlihat lebih panjang & jenjang.Style teler doyong, apabila langkah berdirinya condong ngangkang, berarti posisi jari-jari atau telapak saat mencengkeram di pangkringan terlihat melebar, hingga posisi badan jadi lebih rendah. am dengan style teler doyong saat ini tengah banyak diminati. 

Share this article :
 
Support : Creating Website | OcehanKenari | KicauMania
Copyright © 2011. Ocehan Kenari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by OcehanKenari
Proudly powered by Blogger