Header Ads

Tips menjemur Burung Kicauan


Tips penjemuran burung - cahaya matahari adalah variabel utama serta dan yang mutlak didalam kehidupan burung, terhitung type burung berkicau. 

Faedah utama cahaya matahari untuk burung : 
- dapat merubah pro vit. d jadi vit. d. 
- membunuh mikroba serta jamur di tubuh burung terhitung sangkarnya. 
- bikin tubuh burung jadi hangat. 

Panduan menjemur burung 
1. Periode penjemuran yang paling baik yaitu pada waktu fajar atau tetap pagi buta agar burung dapat memperoleh embun. 

Pengembunan amat baik untuk burung dikarenakan pada waktu itu situasi hawa betul-betul bersih dari debu serta polusi. perihal ini pasti amat tidak sama dengan situasi pada siang hari. 

2. Penjemuran benar-benar sangat berguna untuk burung, tetapi bila dijemur sampai melalui jam 9 pagi maka jadi dapat menyebabkan burung terkena cahaya ultraviolet terlalu berlebih yang dapat beresiko jelek pada kesehatan burung. 

Sesudah dijemur anda dapat lakukan perawatan atau penanganan spesial, contohnya pingin menambah gacor, persiapan lomba, pingin lebih ramping, dan sebagainya. 

3. Upayakan untuk tidak menjemur burung didalam situasi dikerodong, terlebih bila anda tinggal di lokasi yang panas. 

Alasannya yaitu burung dapat kepanasan didalam sangkar. disamping itu burung dapat kekurangan oksigen yang dapat menyebabkan kematian. tetapi bila anda tinggal di lokasi yang dingin perihal ini tetap diperbolehkan. 

Bila anda bekerja dari pagi sampai malam ? ? 

Bila anda disibukkan dengan kebiasaan berangkat kerja pagi serta pulang pada sore hari maka anda dapat meletakkan burung di satu sudut di mana bila melalui dari jam 9 pagi cahaya matahari tak lagi mengenainya. 

Bila anda tidak dapat lakukan perihal tersebut maka baiknya anda lakukan penjemuran sekurang-kurangnya 1 minggu sekali pada hari minggu atau hari libur. 

Penjemuran dikerjakan pada sebelum saat atau sesudah dimandikan ? 

Anda dapat memandikan burung didalam karamba pada jam 6 sampai 7 pagi dengan catatan bila anda telah mengeluarkan burung sejak subuh. 

Sesudah itu anda dapat segera menjemur burung dikarenakan cahaya matahari tetap belum terlampau panas serta tak lagi bikin bulu burung alami pengerutan atau keriting. 

Baiknya angin-anginkan dulu bila pada mulanya anda memandikan burung sesudah melalui jam 8 pagi. karena situasi burung dapat tambah baik dikarenakan burung yang dijemur dapat membereskan bulunya sendiri. 

Bila pada mulanya anda memandikan lantas menjemur burung di waktu situasi matahari telah panas maka situasi bulu telah jadi kering sebelum saat burung pernah merapikannya. karena bulu burung dapat jadi keriting atau tidak teratur dengan rapi. 

Tak ada perbedaan pada penjemuran pada waktu sebelum saat atau setelah burung dimandikan bila anda lakukan seluruhnya pada pagi hari. 

Tetapi bila anda cuma dapat memandikan burung sesudah burung dijemur maka anda mesti turunkan suhu tubuhnya dengan langkah diangin-anginkan terlebih dulu sebelum saat disemprot atau dimasukkan ke didalam karamba. 

Tidak jadi problem bila anda memandikan burung cuma pada sore hari. anda dapat memandikan burung, lantas diangin-anginkan sebelum saat selanjutnya dijemur dengan cahaya matahari sore. dianjurkan agar tidak menjemur burung dibawah dari jam 4 sore di mana pada waktu itu cahaya matahari tetap amat panas. 

Apakah penjemuran dapat kurangi efek gemuk ? ?

Cahaya matahari yang menyengat burung tidak dapat segera kurangi kegemukan, tetapi langkah ini dapat kurangi efek kegemukan. 

Prosesnya yaitu burung yang dijemur dapat jadi kepanasan serta kehausan. di waktu yang layaknya ini burung tak lagi makan serta lebih menentukan untuk minum air. 

Karena tak lagi ada penumpukan lemak atau karbohidrat pada burung. disamping itu sistem penjemuran dapat membuahkan tenaga tambahan untuk burung. perihal inilah yang bikin burung jadi tampak lebih langsing. 

Apakah penjemuran dapat membakar lemak ? ? 

Cahaya matahari tidak dapat mengakibatkan berlangsungnya pembakaran lemak didalam tubuh burung. tubuh burung yang dijemurmengeluarkan cairan air serta bukan hanya mengeluarkan cairan hasil pembakaran lemak. 

Tersebut alasan mengapa burung yang kerap dijemur tampak lebih langsing dikarenakan mengonsumsi air, bukan hanya karbohidrat. 

Burung yang kerap dimandikan dapat mengeluarkan banyak daya yang dapat meningkatkan pembakaran lemak ( seandainya tidak memperoleh makanan yang terlalu berlebih ) hingga burung dapat tampak lebih langsing. 

Pada waktu dimandikan burung dapat lakukan gerakan-gerakan untuk menata bulu serta menghangatkan badan di mana gerakan-gerakan ini memerlukan daya. 

Burung dapat jadi lebih langsing bila burung tidak memperoleh karbohidrat yang terlalu berlebih pada makanannya di mana kedepannya lemak yang ada didalam tubuh dapat dilepaskan jadi daya. 

Type burung serta kepentingan jemur 

Tiap-tiap type burung memerlukan treatment penjemuran yang berbeda yang bergantung dengan rutinitas hidup di alam aslinya. 

1. Untuk burung-burung type anis ( anis merah, anis macan, anis kembang ), kacer, tledekan atau sulingan, murai batu, beberapa jenis cucak, dan sebagainya, mereka tidak memerlukan waktu yang lama untuk berjemur. 

Mereka tidak memerlukan waktu penjemuran yang lama sebagaimana type burung pemakan biji-bijian. alasannya yaitu dikarenakan beberapa jenis burung ini di hidup di alam yang penuh dengan pohon-pohon yang rindang. 

2. Untuk burung-burung type pemakan biji-bijian layaknya gelatik, kenari, derkuku, branjangan, perkutut, lovebird serta beragam type burung paruh bengkok lain dapat dijemur dengan waktu yang lebih lama bila dibanding dengan beberapa jenis burung cucak atau anis. 

Apalagi didalam beragam masalah, sebagian burung yang macet bunyi dapat diterapi dengan menambahkan waktu jemur disertai dengan banyak mandinya. contohnya kenari atau lovebird yang memerlukan panas yang relatif banyak. 

Burung-burung pemakan biji biasanya hidup di ladang jagung, milet, gandum, padang rumput, dan sebagainya yang disebut tempat terbuka yang kerap terkena cahaya matahari. 

3. Ada sebagian type burung yang dapat dikecualikan contohnya untuk type burung kakatua, burung jalak suren, cendet atau pentet serta sebagian burung yang lain. 

Contohnya burung jalak suren yang bukan hanya terhitung burung pemakan biji tetapi pada habitat aslinya burung ini senantiasa ada di rawa-rawa atau persawahan yang relatif memperoleh banyak cahaya matahari. 

Meskipun demikianlah, burung jalak suren yang dipelihara di rumah tidak memerlukan penjemuran yang lama. 

Namun burung kakatua serta sebagian type burung nuri, walau mereka pemakan biji-bijian namun mereka semakin banyak datang dari habitat rimba memakan biji-bijian dari pohon-pohon yang besar serta rindang. 

Namun untuk burung cendet atau pentet yang disebut type burung pemakan serangga serta apalagi juga makan burung lain yang lebih kecil ( predator ), terlebih anakan di sarang. 

Contohnya di bali sana di mana burung cendet adalah musuh utama beberapa pemilik penangkaran alam anis merah, tak hanya biawak serta ular dan sebagian type hewan pemangsa anakan anis merah yang lain. 

Burung cendet umumnya bertengger di pucuk pohon yang tinggi atau bebatuan dan seterusnya saat mengincar mangsanya. karena burung cendet dapat tahan berjam-jam dibawah cahaya matahari. 

Powered by Blogger.