Burung kutilang atau kutilang yaitu sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Orang sunda menyebutnya cangkurileung, orang jawa menamainya ketilang atau genthilang, ikuti bunyi suaranya yang khas. didalam bhs inggris burung ini dimaksud sooty-headed bulbul, nama ilmiahnya yaitu pycnonotus aurigaster ; merujuk pada bulu-bulu di lebih kurang pantatnya yang berwarna jingga. 

Burung yang berukuran tengah, panjang tubuh keseluruhan ( diukur dari ujung paruh sampai ujung ekor ) lebih kurang 20 cm. Segi atas tubuh ( punggung, ekor ) berwarna coklat kelabu, segi bawah ( tenggorokan, leher, dada serta perut ) putih keabu-abuan. sisi atas kepala, dimulai dari dahi, topi serta jambul, berwarna hitam. tungging ( di muka ekor ) terlihat jelas berwarna putih, dan penutup pantat berwarna jingga. iris mata berwarna merah, paruh serta kaki hitam.

Burung kutilang sering berkunjung ke tempat-tempat terbuka, pinggir jalur, kebun, pekarangan, semak belukar serta rimba sekunder, s/d ketinggian lebih kurang 1. 600 m dpl. kerap juga ditemukan hidup meliar di taman serta halaman-halaman tempat tinggal di perkotaan. burung kutilang seringkali berkelompok, baik saat melacak makanan ataupun bertengger, dengan macamnya sendiri ataupun dengan type merbah yang lain, atau apalagi dengan type burung yang lain. layaknya biasanya merbah, makanan burung ini terlebih yaitu buah-buahan yang lunak. burung kutilang kerap menyebalkan petani dikarenakan sering melubangi buah pepaya serta pisang yang sudah masak di kebun. tetapi sebaliknya burung ini beruntung petani dikarenakan juga memangsa beragam type serangga, ulat serta bermacam hewan kecil yang lain sebagai hama tanaman.  

Burung kutilang amat suka air untuk mandi ataupun minum. dikarenakan type makanannya serta kerap minum, burung kutilang tergolong burung yang kerap buang kotoran. saat buang kotoran umumnya pantatnya dapat manggut-manggut dari atas ke bawah. sarang burung kutilang berupa cawan dari anyaman daun rumput, tangkai daun atau ranting yang halus. telur dua atau tiga butir, berwarna kemerah-jambuan berbintik ungu serta abu-abu. tercatat bersarang selama th. jika nopember, dengan puncaknya april hingga september. burung kutilang menyebar luas di tiongkok selatan serta asia tenggara ( jika malaysia ), jawa dan bali. diintroduksi ke sumatra serta sulawesi, satu tahun lebih yang silam burung ini juga mulai dijumpai di kalimantan.

Burung kutilang bisa jadikan hewan peliharaan yang lucu serta menggemaskan. bila dipelihara dengan baik terutama dari anakan, burung kutilang dapat amat jinak layaknya kucing peliharaan yang manja. burung kutilang tergolong binatang yang setia pada tuannya jika kerap di perhatikan bila telah jinak burung kutilang saat dilepaskan maka dia dapat kembali lagi ke sarangnya bila dipanggil tuannya. sudah pasti saat dilepaskan sebaiknya diawasi dikarenakan besar kemungkinan kucing dapat memangsanya. burung kutilang semestinya bisa jadikan burung lomba untuk burung berkicau. 

Nada yang dihasilkan cukuplah keras serta mempunyai variasi nada yang bagus bila dimaster dengan benar. burung kutilang tergolong burung yang pintar. dia dapat dimaster beragam jenis nada baik burung lain atau suara-suara yang lain terhitung nada siulan orang. bila diajarkan tiap-tiap hari didalam hitungan minggu burung kutilang akan mengikuti nada tersebut. tetapi sayang burung kutilang tetap dikira sebelah mata oleh beberapa penggemar burung kicauan. perihal ini barangkali dikarenakan dikarenakan jumlah burung kutilang yang banyak di alam liar hingga harga nya murah mengakibatkan rendahnya prestise memelihara burung ini. 
 
Top