Header Ads

Tips Beternak Burung Gelatik Jawa


Ada awalannya burung gelatik jawa ( Padda oryzivora ) yaitu burung berkicau yang datang dari suku estrildidae pernah dikira sebagai burung pengganggu untuk beberapa petani dikarenakan mempunyai populasi yang amat banyak, terlebih di jawa serta bali. 

Lain dulu lain saat ini. saat ini burung gelatik jawa cukup sukar ditemukan serta dapat disebut sebagai burung yang langka. didalam periode panjang perihal ini dapat mengakibatkan burung ini terancam punah di habitat aslinya. 

Pemicunya yaitu rusaknya alam atau tergesernya tempat hijau, pemakaian pestisida atau pupuk kimia pada pertanian, pergantian pergiliran tanaman padi, serta yang sangat kronis yaitu penangkapan besar-besaran yang dikerjakan oleh manusia yang dikerjakan untuk tujuan usaha. 

Meskipun burung ini semula dibenci petani serta dikenal sebagai burung pengganggu, tetapi burung gelatik jawa saat ini sudah jadi di antara burung dambaan untuk pengagum burung. 

Ditambah burung ini mempunyai harga yang cukup mahal, yakni lebih kurang 600 ribu rupiah per ekor ( bergantung macamnya ), hingga perihal ini makin menambah daya tarik seseorang untuk menangkar burung gelatik jawa. 

Ciri 
Burung gelatik jawa umumnya jadikan sebagai burung hias dikarenakan mempunyai pola warna bulu yang amat indah serta tampak menarik. tanda-tanda fisik pada burung gelatik jantan serta betina nyaris sama. 

Di bawah ini yaitu tanda-tanda dari burung gelatik jawa, yakni : 

  • Mempunyai ukuran tubuh yang kecil serta panjang tubuh lebih kurang 15 cm 
  • Mempunyai warna bulu kepala yang berwarna hitam 
  • Mempunyai pipi yang berwarna putih 
  • Mempunyai paruh berukuran besar yang berwarna merah 
  • Mempunyai kaki yang berwarna merah muda 
  • Pada lingkaran mata ada lingkaran yang berwarna merah 
  • Perut berwarna coklat kemerahan
  • Burung gelatik muda berwarna cokelat atau belum mempunyai warna yang tegas layaknya induknya burung gelatik dewasa berwarna abu-abu. 

Habitat 
Burung gelatik seringkali ditemukan di pulau jawa serta bali. burung ini umumnya hidup di sawah, rimba padang rumput, serta tempat budidaya. 

Meskipun burung ini adalah burung endemik dari indonesia, tetapi spesies ini saat ini dikenal sebagai burung hias di beragam negara di semua dunia. 

Karakter 
Burung ini hidup membuat grup yang terdiri dari 5 sampai 10 ekor burung sejenis serta gampang berpindah-pindah area. 

Makanan 
Makanan alami dari burung gelatik jawa yaitu biji-bijian layaknya beras atau padi, serangga serta buah. 

Reproduksi 
Saat telah memasuki musim kawin, sepasang burung gelatik jawa dapat bikin sarang di lubang pohon atau melacak lubang di tebing-tebing. burung ini condong tempati sarang yang ditinggal oleh burung lain. 

Didalam satu kali periode bertelur, burung gelatik jawa dapat bertelur sejumlah 3, 4 atau 6 butir telur yang berwarna putih. sesudah bertelur induk burung gelatik jawa jantan serta betina dapat bergantian melindungi telur sampai menetas. 

Penangkaran burung gelatik jawa 
Pada prinsipnya beternak burung gelatk jawa relatif lebih gampang apabila dibanding dengan ternak type burung berkicau yang lain. 

Dari sisi usaha, keuntungan beternak burung ini amat mengundang selera dikarenakan tidak membutuhkan modal yang amat besar serta cost perawatannya lalu dapat disebut murah. sering peternak kelas kecil atau menengah sukses memperoleh keuntungan pada jutaan sampai beberapa puluh juta rupiah. 

Kunci utama dari penangkaran burung gelatik jawa tidak tidak sama dengan penangkaran type burung berkicau yang lain, yakni ketekunan. 

Di bawah ini yaitu beberapa langkah yang dapat anda kerjakan bila pingin menangkarkan burung gelatik jawa, salah satunya : 

Kandang budidaya 

Ukuran kandang yang ideal untuk sepasang burung gelatik jawa yaitu kandang yang berukuran 30 cm kali 40 cm. 
Anda dapat memakai kerangka kayu atau besi sebagai bahan utama untuk bikin kandang, lantas tutup dengan kawat kasa yang berukuran 1 cm kali 1 cm. 
 Baiknya anda memakai kawat kasa supaya kandang memperoleh penyinaran yang baik dari matahari. dikarenakan burung gelatik amat senang mandi maka cahaya matahari yang masuk ke didalam kandang dapat amat bermanfaat untuk penjemuran sesudah burung selesai mandi. Anda dapat memakai seng, genting, asbes serta tripleks sebagai atap kandang. Bila anda tidak mau bikin kandang sendiri, anda juga dapat beli kandang yang telah lantas. umumnya kandang yang dijual telah dilengkapi dengan sarang buatan didalamnya. harga kandang ini cukup terjangkau, yakni lebih kurang rp 350. 000, - yang diisi 6 kotak serta dapat menyimpan lebih kurang 5-10 ekor burung gelatik jawa.

Menyiapkan indukan 

Untuk mengawali penangkaran burung gelatik jawa ada banyak hal yang perlu anda buat persiapan dengan baik, di antaranya yaitu penentuan calon induk. 

Penentuan induk yang baik mesti dikerjakan menurut pengetahuan tentang perilaku, type kelamin, serta usia burung gelatik jawa. 

Bila pingin penangkaran jalan dengan amat baik serta pingin memperoleh indukan yang baik, maka anda juga mesti memperoleh burung gelatik jawa yang baik juga. 

Biasanya burung yang baik tersebut bisa didapatkan dari penangkar yang telah berhasil. mesti diketahui juga bahwa kesuburan, warna, serta perihal yang lain yang berbentuk genetis diturunkan dari induk ke anaknya hingga dari induk yang baik akan didapatkan anakan yang baik juga. 

Dari induk layaknya ini kita telah memperoleh 50% kesuksesan. sisanya bergantung bagaimana langkah kita merawatnya. 

Tanda-tanda indukan yang baik 

1. Perangai lincah 
Burung gelatik jawa tidak bisa kerap berdiam diri serta mesti aktif bergerak kesana kemari. bila ada suatu hal yang mendekati sangkarnya otomatis burung ini dapat terbang kelabakan. 

Yang di kuatirkan dari burung yang diam yaitu kemungkinan alami stres atau tengah sakit. perihal layaknya ini bisa menyebabkan fatal pada gagalnya usaha penangkaran yang tengah dikerjakan. 

2. Bulu teratur rapi serta tidak mengkorok 
Bulu yang teratur rapi tunjukkan burung ini bersih serta tidak tengah alami stres. burung gelatik silver biasanya menjaga bulu serta mengaturnya setelah mandi. jika bulunya terlihat mengkorok mengisyaratkan burung tersebut tengah menderita sakit. 

3. Dubur bersih 
Sisi dubur mesti betul-betul di perhatikan dengan seksama. bersih tidaknya sisi dubur tunjukkan situasi kesehatan dari burung itu sendiri. janganlah tentukan seekor burung dengan dubur yang tidak bersih serta di sekelilingnya banyak kotoran. 

Perihal ini tunjukkan bahwa burung tersebut menderita persoalan dengan pencernakannya. barangkali burung terkena mencret atau infeksi pada usus atau lambungnya. yang di kuatirkan perihal tersebut dapat alami penurunan pada anakannya. 

4. Paruh 
Pastikan burung yang letak paruh pada sisi atas dengan sisi bawahnya simetris. jangan sempat terpilih yang cacat, yakni pada paruh atas dengan bawahnya tidak mengatup dengan prima. cacat layaknya ini bisa berlangsung akibat perkawinan yang sedarah. 

5. Lingkar mata 
Lingkar mata juga adalah di antara panduan untuk tahu kesehatan burung. mesti di perhatikan bahwa warna lingkar mata tersebut yaitu merah terang bukan hanya pucat. warna pucat tunjukkan situasi burung yang kurang fit. 

Burung yang baik umumnya mempunyai lingkar mata yang membulat prima dengan ketebalan yang rata. disamping itu, lingkar matanya bersih serta halus, tidak ada lekukan-lekukan.

Powered by Blogger.