Tips Merawat Kenari Bakalan (ocehankenari) -Kondisi kenari yg bunyinya kerap putus-putus serta berhenti di dalam ini umum berlangsung pada kenari muda yg tetap belajar bunyi. untuk memancing supaya kenari gampang tsb rajin bunyi serta suaranya panjang, ada sebagian langkah yg dulu saya cobalah pada kenari2x saya salah satunya : 

1. Digandeng dengan kenari yg telah lantas ( yg telah gacor ) atau dapat juga dengan disetelkan kaset cd kenari yang nadanya bagus, seperti yg banyak dipasaran., jika anda tidak punya maka anda bisa ambil di link ini.

2. Pada waktu digandeng dgn kenari yg telah lantas, ke-2 kenari tsb janganlah segera diketemukan ( didekatkan ) serta saling diperlihatkan, cukup didengar suaranya saja. sesudah sekian hari, barulah bisa saling diperlihatkan namun dengan jarak yg agak jauh ( 2-3 mtr. ). ini lalu janganlah dikerjakan tiap-tiap hari, cukup sesekali saja didalam 1 minggu ( 2 kali 1 minggu telah cukup ).


3. Yang terutama yaitu perawatan. baiknya kenari tsb cukup jemur, bila saya sih jemur dari pagi jam 7 s/d 11... serta waktu dijemur beri makanan sedikit saja serta air minum sedikit sekali.. janganlah lupa dimandikan ( siapkan area minum yg agak besar untuk mandi ).. sesudah kenarinya mandi, air tsb dibuang... penjemuran bila butuh didalam sangkar umabaran ( sangkar besar, panjang ). 

4. Sesudah kenari tsb dijemur cukup, pindahkan ke area yg teduh serta terhindar dari cahaya matahari... tunggulah hingga tenang serta napasnya tidak ngap-ngapan lagi. sesudah itu kasih apel merah secukupnya, biarlah dia makan, serta sebagian menit lantas barulah diberikan air minum ( air masak, bila butuh beri sedikit vit. kenari seperti vitasol, super kicau, dsb ) 

5. Paling akhir, baru kenari tsb dikerodong atau bila akan didengarkan kicauan nya dulu juga bisa, serta umumnya sesudah dijemur kenari dapat berkicau sesudah siang baru dikerodong agar istirahat esok hari, paginya kenari tsb kembali melakukan kebiasaan seperti diatas

 
Top