murai batu

Jenis Murai Batu (ocehankenari) - Burung murai terhitung di antara burung yang pas lantas hewan peliharaan. telah banyak yang tahu bahwa spesies yang bernama latin copychus malabaricus yaitu bagian keluarga turdidae. burung keluarga turdidae dikenal mempunyai kekuatan berkicau yang baik dengan nada merdu, bermelodi, serta amat beragam. maka tidak heran apabila burung yang satu ini yaitu di antara burung kebanggaan untuk di pelihara di tempat tinggal. well, kita kenalan dulu siapa sesungguhnya burung ini lebih didalam.

Scientific classification
  • kingdom : animalia
  • phylum : chordata
  • class : aves
  • order : passeriformes
  • family : muscicapidae
  • genus : copsychus
  • species : c. malabaricus
  • binomial name : copsychus malabaricus
  • synonyms : kittacincla macrura serta cittocincla macrura
Murai batu menurut habitatnya bisa digolongkan jadi sebagian :

Murai batu medan
Tanda-tanda ekor tipis-lentur melengkung ke bawah, panjang 27- 30 cm. variasi lagu kicauan indah & banyak, daya tempur dahsyat, mental baja dengan volume serta variasi nada diatas rata-rata. harga bakalannya sangat mahal. burung asal dari peg. leuser, bahorok tetap terus diburu oleh penggemar murai dari semua kelompok umur. nyatanya tidak cuma masyarakat sumatra utara saja yang bersuara merdu, burung murai asal medan juga lho.

murai batu
Murai batu nias.
Ciri yang utama yaitu di bagian ekornya hitam seluruh, tak ada bulu ekor warna putih serta memiliki volume yang keras. kerap tampak di kepulauan nias, sabang. lucunya burung yang satu ini senang kurang percaya diri bila melawan burung murai berekor hitam-putih. walau sebenarnya mental untuk bertarungnya amat kuat loh. hitam saja juga telah keren kok, keep singing murai nias

Murai batu lahat
Memiliki panjang ekor 19 - 23 cm. ekornya ada tidak tebal serta tidak tipis. variasi nada yang banyak. mental bagus. disinyalir murai batu yang beredar saat ini di pasar burung umumnya yaitu murai batu lahat.

Murai batu lampung
Memiliki ekor pendek 12 - 18 cm serta biasanya kaku. memiliki daya tempur yang bagus. bila perawatannya benar mentalnya dapat amat bagus. variasi nada dasar condong ngeban ( mengulang-ulang nada yang sama ), butuh pemasteran yang baik untuk menutupi kelemahannya. kelebihan yang menonjol waktu bertanding, memiliki stamina yang baik ( tidak gampang capek ) saat melantunkan lagu-lagu ngerol, tonjolan ( besetan ) kurun waktu lama. Style bertarungnya tidak seindah murai batu ekor panjang yang dapat men cambuk ekornya. namun harga nya bila telah kerap menang kontes tidak kalah dengan murai batu yang lain. habitatnya di lebih kurang rimba lampung, baturaja sampai ke arah palembang

Murai batu aceh
Memiliki ekor panjang 19 - 29 cm. wujud fisik tidak terlampau besar. memiliki daya tempur yang dahsyat. variasi nada banyak, panjang- panjang serta ngeroll diselingi dengan nada tembakan/besetan yang menyayat hati. angse ( piedie ), peg. seulawahsabang, lhoong ( kab. aceh besar ) serta keude bieng yang disebut area murai batu didapatkan.

Murai batu borneo ( kalimantan )

Panjang ekor 8 - 13 cm. Ciri khasnya waktu bertarung dengan murai lain dadanya membusung/menggelembung. memiliki karakter yang lebih agresif serta terkesan ngotot. kicauannya condong ngeban ( mengulang ) serta suaranya agak mendem ( kurang kristal ). di lapangan kontes, kelas tersendiri tidak menyatu dengan murai batu sumatra.

Makin bagus nada burung murai ini maka harga jualnya lalu makin tinggi. tetapi butuh disayangkan populasi burung murai di alam bebas atau habitat aslinya jadi menyusut karena lebih diprioritaskan sebagai barang jual beli. kasihan sih lantas tidak dapat sebebas semestinya, tetapi untuk penggemar burung tentu mereka dapat merawatnya dengan baik

Post a Comment

 
Top