Header Ads

Membuat Mesin Tetas Unggas Sederhana



Membuat Mesin Tetas Unggas Sederhana (ocehankenari) -Perihal yang butuh di perhatikan didalam pembuatan mesin tetas yaitu kotak atau box mesin penetas janganlah ada yang bocor atau tidak tertutup rapat. Jika berlangsung kebocoran maka suhu didalam area mesin penetas tak lagi terwujud dikarenakan hawa panas dapat keluar melewati lubang tersebut.

Bahan yang dipakai untuk membuat kotak mesin tetas simpel ini yaitu multiplek/triplek atau bisa juga memakai papan kayu atau bahan lain yang cocok dengan design pembuatan mesin tetas. Alat penetas telur ini bisa dengan gampang kita bikin sendiri dengan cost yang relatif murah.

Bahan serta alat

Bahan untuk membuat mesin penetas telur berkapasitas 100 butir dengan sumber panas dari listrik yaitu seperti berikut :
- multiplek / triplek 9 mm
- engsel
- kawat ram Ø 0. 5 cm
- seng
- thermostaat
- kabel listrik
- fiting lampu
- steker listrik
- lampu bohlam
- thermometer
- baki/nampan air
- paku triplek serta lem kayu

Namun peralatan yang dipakai : gergaji kayu, gergaji besi, meteran, alat catat, bor, obeng, tang, pahat kayu serta palu.

Cara membuat

Potong multiplek/triplek dengan ukuran seperti pada ( gambar 1 ) serta rangkaikan hingga terbentuk kotak / bok dengan ukuran 60 x 30 x 30 cm. 



Bikin lubang dengan ukuran 10 x 5 cm di bagian atas kotak mesin tetas untuk ventilasi hawa serta berilah penutup yang bisa di buka serta ditutup, seperti ( gambar 1 ).
Bikin lubang di bagian bawah kotak dengan ukuran 10 x 20 serta tutuplah dengan selembar pelat seng ( gambar 1 ). Manfaat pelat seng ini yaitu sebagai elemen pemanas darurat bila berlangsung pemadaman listrik. bila berlangsung pemadaman listrik maka taruhlah dibawah pelat seng tersebut lampu minyak.

Bikin rak untuk area letakkan telur didalam mesin tetas, seperti ( gambar 3 ). Bahan rak area telur bisa dibikin dari kawat lurus seperti pada gambar, bisa juga digunakan kawat ram atau anda bisa berkreasi lain memanfaatkan bahan yang ada di sekitar kita, yang mutlak rak bisa dipakai untuk letakkan telur didalam area mesin penetas.

Perlengkapan lain dari mesin tetas :

Thermostat
yaitu alat yang berperan untuk mengatur temperature saat mesin tetas dengan otomatis. jika alat ini terkena panas maka kapsul dapat mengembang hingga dapat menghimpit sakelar ( mikroswitch ) serta aliran listrik dapat terputus, sebaliknya jika suhu turun maka kapsul dapat mengempis serta dapat menyalakan kembali lampu pijar sebagai sumber panas. untuk menseting thermostat supaya bisa memutus serta menyambung kembali aliran listrik yang menuju ke lampu pijar tidaklah sukar, untuk mengaturnya lewat cara memajukan atau memundurkan putaran baut penyangga kapsul. tengok gambar dibawah :


Cara menseting alat ukur thermostat
Tengok gambar diatas untuk lihat bagian-bagian dari thermostat. contohnya kita akan menseting supaya area mesin penetas pas pada suhu 40 derajat celcius lampu pijar padam, maka caranya yaitu


Bila sebelum saat suhu 40 derajat celcius lampu pijar telah padam, maka putarlah baut penyangga kapsul thermostat kanan atau searah jarum jam ( kapsul menjauhi sakelar/mikroswitch ).
Bila suhu telah kian lebih 40 derajat celcius lampu pijar baru padam, maka putarlah baut penyangga kapsul thermostat ke kiri atau berlawanan dengan arah jarum jam ( kapsul mendekati sakelar/mikroswitch ).

cara merangkai termostat

Baki/nampan air
Kegunanya untuk mencukupi standar kelembapan mesin tetas. isi air didalam baki dengan ketinggian 2-3 cm / di bawah permukaan bibir baki. jika dapat menambah air didalam baki, pakai air hangat agar pergantian suhu saat mesin tidak turun dengan mencolok.

Rak telur
Berperan sebagai area telur yang dapat ditetaskan, rak telur diisi cocok dengan kapasitasnya.

Ventilasi
Dibutuhkan untuk keperluan oksigen telur tetas saat mesin. ventilasi sebaiknya bisa diatur cocok keperluan. jika ventilasi tak ada maka hawa yang ada di dalam mesin tetas dapat meracuni bibit telur serta bisa mengakibatkan bibit telur tersebut mati.

Termometer
Berperan sebagai indikator suhu yang dibutuhkan oleh mesin tetas.

Alat candling / teropong telur
Dipakai untuk lihat apakah telur yang dimasukkan kedalam mesin penetas itu dibuahi / fertile atau tidak. alat candling bisa dibikin dari lampu senter yang sisi depannya dibikin seperti corong dari kertas karton yang berwarna hitam. atau bisa juga dibikin dari pipa paralon diameter 2-3 inci dipotong selama 15 cm didalamnya diberi lampi pijar. ke-2 segi pipa ditutup, di antara sisinya diberi lubang lagi selebar ukuran telur.

Untuk kepentingan peralatan thermostat serta thermometer, kami sediakan paket pembuatan mesin tetas simpel semi otomatis. silakan tengok disini

Demikian mesin tetas sederhana ini, semoga dapat bermanfaat bagi para kicaumania.

Powered by Blogger.