kenari merah
Tips Membedakan Kenari Merah Asli atau Palsu (ocehankenari) -Burung kenari memanglah mempunyai banyak macam warna bulunya. perihal ini kadang-kadang jadi di antara pertimbangan harga burung kenari. Nah sekarang ini warna burung yang banyak dicari dipasaran yaitu warna merah. Burung kenari warna merah yang dikenal dengan type red intensiveatau red factor ini saai melambung harga nya. perihal ini membuat pedagang yang “nakal” berupaya mengelabuhi beberapa calon konsumen dengan kenari merah yang palsu yakni hasil sulapan. Hati-hati bila akan beli kenari dengan warna merah. Berikut ini sebagian panduan yang bisa anda buat jadi pertimbangan saat beli burung kenari merah.

Hati-hati dengan warna merah pada bulu kenari yang mencolok. Umumnya kenari merah mempunyai warna yang tidak tajam. yakni tetap ada warna bulu putih yang halus pada bulu sisi didalam.

Pada kenari merah yang palsu umumnya merahnya amat mencolok serta tidak terlihat alami. Perihal ini umumnya ditandai dengan kulit di bagian bawah bulu juga turut merah.

Kenari merah yang asli tentu mempunyai ring yang bernomor seri spesifik di kaki kanan maupun kiri ( bergantung type kelamin kenari ).

kenari merah
Kenari merah asli kukunya tidak ikut merah

Berikut langkah pedagang memalsukan kenari merah : 
Dengan lakukan pencelupan bulu burung pada pewarna merah hingga bulu-bulu burung tersebut dapat terlihat merah mempesona. Burung seperti ini gampang untuk di cermati kepalsuannya, yakni memparhatikan pada tangkai bulu ( calamus ) atau pada tungkai, apalagi merahnya hingga terlampau tajam sampai-sampai kaki serta kukunya lalu turut merah, maka bisa dipastikan warna merah pada kenari tersebut dikarenakan sistem pencelupan atau dimandikan dengan air berwarna merah.

kenari merah anakan
anakan kenari merah
Tak hanya langkah diatas umumnya pedagang nakal juga menggunakan zat kimia seperti pemberian obat pewarna seperti bogena, pigment atau zat pewarna yang lain dicampurkan pada makanan atau pada tepung roti telur, lantas diberikan pada anak-anak burung atau burung yang menyambut mabung ( periode perontokan/ganti bulu ).

Untuk pemalsuan langkah yang ke-2 ini dapat sulit mengenalinya. tetapi percayalah burung-burung seperti itu tidak dapat turunkan anak-anaknya merah dengan genetik, apalagi warna merah pada bulunya sendiri tak lagi kekal serta tak lagi dapat dipertahankan, dikarenakan karakter burung kenari dengan alamiah ada masa-masa mabung dengan periodik pada 6 - 7 bln. sekali, hingga keaslian bulu pada kenari dapat jelas terlihat pada saat mabung, serta bulu kenari dapat kembali pada bulu aslinya. Oleh dikarenakan itu pewarnaan dengan langkah-cara di atas sebaiknya dihindari serta mesti ditinggalkan, dikarenakan bagaimanapun dengan perjalanan waktu, burung kenari merah hasil celupan serta chemis tentu dapat diketahui warna aslinya, serta telah barang pasti ini dapat mengecewakan pihak lain terlebih konsumen yang jadi tertipu. serta efek yang sangat jelek justru dapat terkena pada peternak kenari merah itu sendiri.

Post a Comment

 
Top