Jenis Burung Pleci (ocehankenari) -Yaitu burung yang jarang istirahat, amat aktif umumnya burung ini bergelantungan di puncak-puncak pohon untuk melacak makan yang berbentuk buah-buahan, serangga kecil serta terkadang juga tampak mengambil nectar dari bunga. Burung pleci sekarang ini tengah banyak yang berminat tak hanya harga nya yang murah burung ini juga memiliki kicauan yang berbagai macam, dia dapat menirukan nada burung lain meskipun nada ngeriwiknya kecil namun juga banyak dicari untuk jadikan master. Burung pleci yang telah gacor juga memiliki harga yang lumayan apalagi meraih jutaan rupiah. Lokasi penyebaran burung pleci sendiri meliputi afrika, australia serta asia selatan. Burung dengan nama zosteropidae ini di Indonesia ada lima type yakni burung pleci jawa, pleci biasa, pleci laut, pleci gunung serta pleci opior. 

1. Burung pleci jawa 

Merupakan type burung pleci yang angka dalam keluarganya, penyebarannya cuma ada pada jawa barat serta kalimantan selatan. burung dengan panjang lebih kurang 10cm ini makanan utamanya yaitu serangga kecil, nectar serta buah-buahan. burung dengan nama javan white eye ( zosterops flafus ) memiliki nada dengan frekuensi tinggi, umumnya kerap terdengar saat berbarengan grupnya. area tinggalnya yaitu dekat dengan rawa bakau serta semak pinggir pantai. tanda-tanda fisik yang dimiliki yaitu tubuh sisi atasnya berwarna kuning zaitun, namun perut sampai tubuh sisi bawahnya berwarna kuning. berkembangbiak pada bln. mei, dengan jumlah telur dua buah berwarna kebiru-biruan serta wujud sarang layaknya cawan. 


2. Burung pleci biasa 

Burung dengan nama oriental white eye ( zosterops palpebrosus ) tersebar banyak di pulau-pulau indonesia layaknya kalimantan, jawa, sumatera, bali, sumbawa serta flores. burung pleci ini sangat banyak ditemukan di pulau jawa serta bali. tanda-tanda burung pleci ini yaitu panjang lebih kurang lebih kurang 11cm, berwarna kekuning-kuningan, tubuh sisi atas berwarna hijau zaitun, tenggorokan sampai perut sisi bawah berwarna kuning. lingkaran mata berwarna putih, iris mata berwarna coklat, paruh serta kaki berwarna hitam. 

Burung ini bisa bersosialisasi dengan burung-burung yang lain membentuk layaknya grup-kelompok besar yang bisa ditemukan saat tengah melacak makananan, waktu ada pada pucuk-pucuk pohon atau tengah berkicau. makanan utama burung ini serangga kecil, buah-buahan, larva serta laba-laba. 

Perkembangbiakannya burung ini pada bln. januari sampai oktober serta dapat bikin sarang berupa cawan dengan jumlah telur sejumlah tiga butir. sarangnya dibikin gunakan akar, tulang daun yang dirajut berbarengan dengan lumut. penempatan sarang di rumpun bambu atau cabang pohon yang tinggi. 

3. Burung pleci laut 

Burung pleci laut memiliki nama lain mangrove white eye serta nama latinnya zosterops chloria memiliki tanda-tanda umum panjang tubuhnya lebih kurang lebih kurang 11cm, tubuh sisi atas berwarna kuning zaitun, namun perut sisi bawah berwarna kuning pucat, suaranya bernada tinggi namun tidak tebal. tempat penyebarannya yaitu nusa tenggara, sulawesi, jawa, serta bali. umumnya burung ini mudah didapati pada kepulauan tempat jawa, bali serta irian barat dan pulau-pulau kecil yang lain. umumnya burung ini berterbangan melewati pohon terlebih di semak pinggir pantai. burung ini memiliki sarang berbentuk cawan yang diletakannya di cabang pohon serta diisi dua sampai empat butir telur berwarna biru pucat. 

4. Burung pleci gunung 

Burung ini memiliki panjang lebih kurang 11cm, memiliki nama lain mountain white eye serta nama latin zosterops montanus. tanda-tanda yang dimiliki burung ini yaitu lingkaran di mata berwarna putih, tubuh sisi atasnya berwarna hijau lumut, kerongkongan serta bulu penutup ekor berwarna kuning, dibagian perut berwarna putih, dengan sisi sisinya berwarna coklat. suaranya bernada tinggi yang diperdengarkan dengan berulang-ulang. tempat penyebarannya yaitu sumatra, jawa, bali, sulawesi, maluku serta nusa tenggara. umumnya banyak tampak tengah terbang berbarengan dengan grupnya untuk melacak makan. makanan burung ini yaitu serangga kecil, buah-buahan serta nectar. sarangnya sama juga dengan burung pleci type yang lain yakni berupa cawan bertelur dua butir dengan warna biru pucat serta masa perkawinannya pada bln. april serta oktober. 

5. Burung pleci opior 



Yang paling akhir ini yaitu burung pleci opior burung ini memiliki tanda-tanda tubuh yang semakin besar dibanding dengan type pleci yang lain. memiliki panjang tubuh lebih kurang 13cm, kepala sampai tenggorokan berwarna abu-abu, punggung, ekor serta sayap berwarna hijau zaitun. burung yang memiliki nama lain javan gray throated white eye serta nama latinnya lophoszosterops javanicus ini tempat penyebarannya endemic terbatas cuma di pulau jawa serta bali. burung ini terhitung senang berbaur dengan burung yang lain suaranya berfrekuensi tinggi serta senang berkicau atau terhitung type pleci yang gacor dibanding type pleci yang lain. 

Sama juga dengan type pleci yang lain burung ini memiliki sarang berupa cawan dengan berisikan dua butir telur berwarna biru pucat serta masa perkawinannya berlangsung pada bln. maret, juni, agustus s/d november.

-->
 
Top