Header Ads

Cara Menyapih Anakan Perkutut




Cara Menyapih Anakan Perkutut (ocehankenari) -Sesudah diasuh puter sepanjang lebih kurang 1,5 bln., anak perkutut sudah dapat makan sendiri. Pada umur inilah, anak perkutut dapat disapih. setelah itu, anak perkutut tidak bergantung pada induk asuh untuk mencukupi keperluan hidupnya. 

Sangkar untuk menyapih 
Untuk menyapih anak perkutut, dibutuhkan sangkar dengan ukuran panjang lebih kurang 60 cm, tinggi 40 cm, serta lebar 40 cm ( pada prinsipnya makin besar ukuran sangkar dapat makin baik ).Sangkar seukuran ini dapat dipakai untuk menyimpan lebih kurang 10 ekor anak perkutut. didalam sangkar penyapihan ini, anak perkutut dapat melatih otot-otot tubuhnya, terlebih otot terbang. didalam sangkar ini juga, anak-anak perkutut mulai belajar bersuara. 

Sangkar penyapihan perlu dilengkapi dengan tenggeran, area pakan serta air minum, penampung kotoran, dan lampu listrik berkekuatan lebih kurang 10 watt. lampu listrik dipasang melekat pada atap sangkar. lampu ini bcrfungsi sebagai penghangat saat malam hari atau pada waktu udara dingin. oleh dikarenakan itu, lampu ini cuma dinyalakan saat malam hari atau pada waktu udara dingin. lampu listrik tidak dibutuhkan lagi saat anak perkutut sudah berusia empat bln. atau lebih. 

Penempatan sangkar penyapihan 
Sangkar penyapihan ditempatkan di area yang beratap hingga tidak terkena air saat hujan. tiap-tiap hari sangkar berikut anak perkutut didalamnya mesti dijemur dibawah cahaya matahari minimal dua jam. penjemuran baiknya dikerjakan saat pagi hari, lebih kurang jam 07. 00-09. 00. 

Sepanjang sangkar dijemur, dikerjakan juga pembersihan pada area pakan serta air minum dan penampung kotoran. sisa pakan hari tempo hari baiknya dibuang serta diganti dengan pakan yang baru, demikianlah juga air minumnya. 

Saat malam hari atau pada waktu suhu udara merasa dingin, lampu dalam sangkar dinyalakan. lampu yang menyala dapat bikin udara didalam sangkar jadi hangat. udara yang hangat amat dibutuhkan oleh anak perkutut mengingat bulu-bulunya belum tumbuh prima serta belum dapat menghadapi perbedaan cuaca 
yang ekstrem. panas dari lampu ini dapat menolong anak perkutut menghadapi dinginnya udara malam serta cuaca yang jelek. 

Pakan untuk anak yang disapih 
Anak perkutut yang baru disapih diberi pakan milet. biji-bijian berukuran agat besar layaknya gabah serta ketan hitam tak perlu diberikan. milet yang didapatkan mesti bersih serta betul-betul bernas. 

Untuk menanggung kebersihan, sebelum saat diberikan, milet dicuci dengan air bersih, lantas dikeringkan dibawah cahaya matahari. pencucian juga dapat dipakai untuk menyeleksi milet yang betul-betul bernas. milet yang bernas tenggelam didalam air, namun yang kosong dapat mengambang. milet yang mengambang inilah yang perlu dibuang. 

Bila anakan perkutut yang disapih kian lebih dua, ukuran area pakan mesti agak besar, kian lebih 7 cm. dengan area pakan yang agak besar, anakan perkutut tak lagi berebut area pada saat makan. pakan diberikan 1 hari sekali, saat pagi hari. pemberian pakan dikerjakan berbarengan dengan pemberian air minum. sebaiknya bila air minum yang didapatkan berbentuk air bersih yang sudah masak ( telah direbus sampai mendidih, lantas didinginkan ).

Powered by Blogger.