Home » , , » Perawatan Cucak Jenggot pada Masa Mabung

Perawatan Cucak Jenggot pada Masa Mabung

Perawatan Cucak Jenggot pada Masa Mabung (ocehankenari) -Mabung ( moulting ) atau rontok bulu adalah siklus alamiah pada keluarga burung. perawatan burung cucak jenggot serta kapas tembak pada saat mabung yaitu menjadi perihal yang amat mutlak, dikarenakan jika perawatan yang salah pada saat ini dapat bikin burung jadi rusak.

Pada saat mabung, metabolisme tubuh burung meningkat nyaris 40% dari situasi normal. oleh dikarenakan itu, burung perlu konsumsi nutrisi yang berkwalitas baik dengan porsi semakin besar dari situasi normal.
Jauhi mempertemukan burung dengan burung sejenis, dikarenakan dapat bikin sistem mabung jadi terganggu. efek dari ini yaitu ketidak seimbangan hormon pada tubuh burung. sistem mabung juga terkait dengan hormon reproduksi.

Di bawah ini pola perawatan periode mabung untuk burung cucak jenggot serta kapas tembak :
  • letakkan burung di area yang sepi, jauh dari jalan raya manusia. baiknya burung semakin banyak didalam situasi dikerodong.
  • mandi cukup 1x 1 minggu saja serta jemur optimal 30 menit/hari.
  • pemberian porsi ef diberikan semakin banyak dikarenakan amat dibutuhkan untuk pembentukan beberapa sel baru serta untuk perkembangan bulu baru. contohnya : stelan jangkrik dibikin 5 ekor pagi serta 5 ekor sore, kroto 1 sendok makan tiap-tiap pagi serta ulat hongkong 3 ekor tiap-tiap pagi.
  • berikanlah vit. serta mineral yang berkwalitas yang digabung di air minum 2x 1 minggu.
  • perbanyak pemberian buah pepaya, dikarenakan buah pepaya amat mudah dicerna hingga melancarkan sistem metabolisme tubuh burung. selain itu buah pepaya banyak memiliki kandungan banyak vit. c yang dapat menolong menambah daya tahan tubuh burung.
  • kerjakan pemasteran. periode mabung bikin burung semakin banyak pada situasi diam serta mendengar. inilah waktu yang pas untuk isi variasi nada cocok dengan yang kita kehendaki. kerjakan pemasteran dengan pas, cocokkan cii-ciri serta jenis nada burung dengan nada burung master.
Nada master yang baik untuk burung cucak jenggot serta burung kapas tembak

Irama lagu yang dimiliki burung cucak jenggot serta kapas tembak memegang fungsi yang amat mutlak didalam penilaian lomba burung berkicau. dikarenakan kembali pada filosofi burung berkicau, daya tarik utama dari burung berkicau yaitu kekuatan berkicaunya ( irama lagu ).

Menentukan suara-suara master untuk burung cucak jenggot serta kapas tembak jangan sampai terlalu fokus cuma menentukan suara-suara master yang kedengarannya unik serta bagus.

Ada banyak hal yang perlu kita cermati ;
  • Kesesuaian irama lagu serta frekuensi pada nada master dengan burung andalan kita. ketidaksesuaian nada master dengan burung dapat mengakibatkan lagu yang fals serta tidak enak didengar.
  • Ikuti tren lagu yang ada. contohnya tonjolan serta tembakan yang tengah digandrungi pada waktu ini yaitu tonjolan dengan speed rapat divariasikan dengan irama lagu yang ngeroll.
  • Variasi irama lagu yang mewah. yang disebut irama lagu yang mewah di sini tidaklah nada tonjolan yang keras, namun kita mesti dapat menentukan suara-suara master yang mempunyai variasi speed yang sesuai serta irama lagu yang mempunyai cengkok serta mengalun.

Amat banyak metode serta langkah-cara yang bisa dikerjakan didalam sistem pemasteran burung berkicau. serta juga sangat banyak berkembang mitos-mitos yang salah didalam prakteknya dilapangan.
Di antara mitos aneh yang berkembang, yakni burung yang dapat di master mesti lihat burung masternya, supaya burung yang di master bisa menirukan style bunyi serta langkah buka mulut burung master tersebut. mitos yang lain yakni sistem pemasteran burung berkicau mesti menanti burung didalam situasi ubah bulu atau mabung.

Sesungguhnya ; pemasteran bisa kita kerjakan tidak mesti menanti burung berkicau didalam situasi mabung atau bertukar bulu. burung berkicau didalam situasi normal, apalagi didalam situasi top form lalu juga bisa dikerjakan pemasteran.

Ada mitos yang menyebutkan pemasteran burung mesti menanti periode burung mabung. alasannya dikarenakan ; pada waktu mabung, burung berkicau condong untuk banyak diam serta amat jarang sekali berkicau. burung yang banyak diam pada saat mabung tersebut, condong untuk semakin banyak menggunakan waktunya untuk memerhatikan serta memproses suara-suara yang ada di sekitarnya. jika nada yang didengarnya cocok dengan tipikal cii-ciri suaranya, maka dapat direkam serta ditirukan.

Kunci kesuksesan saat memaster burung cucak jenggot serta kapas tembak yaitu memaster burung dengan suara-suara master ( burung master ) yang pas serta cocok dengan cii-ciri basic lagu burung yang dapat di master ( burung maskot ).

Satu lagi yang terutama, janganlah lupa untuk senantiasa memperdengarkan suara-suara master tersebut dengan berkala ( feedback ) pada burung andalan kita. supaya irama lagu yang telah ada tidak hilang serta jadi rusak.

Share this article :
 
Support : Creating Website | OcehanKenari | KicauMania
Copyright © 2011. Ocehan Kenari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by OcehanKenari
Proudly powered by Blogger