Header Ads

Jenis burung Kacer

Jenis burung Kacer (ocehankenari) -Burung kacer yaitu di antara type burung yang sangat banyak dipelihara oleh pengagum burung kicauan dikarenakan burung ini mempunyai nada yang merdu serta lantang. dengan garis besar burung ini mempunyai 4 type atau jenis bila dipandang dari tempat penyebarannya. yang mana tiap-tiap type mempunyai perbedaan. type burung kacer diantaranya yakni kacer sumatra atau kacer poci, kacer lokal atau kacer jawa, kacer kalimantan, kacer tasik serta kacer madagaskar. tersebut penuturannya.

Kacer Sumatra 
Kacer type ini kerap juga dimaksud dengan kacer poci. tempat penyebarannya yakni di pulau sumatra. kacer ini adalah type burung kacer yang sangat banyak yang berminat. kacer sumatera atau kacer poci memiliki warna hitam pada kepala, leher hanya dada, punggung serta sisi luar ekor. namun warna putih ada pada dada, perut serta ekor sisi didalam. untuk type ini mempunyai nada yang keras, nyaring serta pandai menirukan suara-suara di sekitarnya. tampilan amat atraktif sembari buka ekor dan mengeluarkan nada kicauan yang merdu. burung ini amat suka hawa panas.

Kacer Lokal
Dimaksud juga dengan kacer jawa dikarenakan tempat penyebarannya yakni di pulau jawa. kacer lokal atau kacer jawa memiliki warna yang dominan hitam pada bulu. nyaris seluruh tubuh berwarna hitam, jika pada sayap ada warna putih. kacer type ini juga pandai menirukan nada burung berkicau yang lain. volume nada tengah. type ini juga amat senang dengan hawa panas.

Kacer Kalimantan

dengan sekilas burung kacer kalimantan hamper sama juga dengan kacer sumatra. tetapi yang membedakan yaitu warna hitam pada tubuhnya. warna hitam pada kacer kalimantan yakni dimulai dari kepala hingga dada sisi bawah atau hamper perut. walau kacer ini juga dapat menirukan nada burung berkicau lain tetapi kelemahan kacer kalimantan yakni saat berkicau leher kerap menggembung. hingga saat diadu maka stamina burung kacer type ini kalah bila dibanding type lain. walau tidak seluruh type kacer kalimantan demikianlah.

Kacer Tasik 
Ciri fisik kacer tasik yaitu hamper sama juga dengan kacer lokal tetapi yang membedakan yaitu warna putih yang ada pada pangkal ekor. kacer type ini yaitu type kacer yang sangat sedikit digemari dikarenakan mayoritas bermental buruk.

Kacer Madagaskar 
Kacer madagaskar ( copsychus albospecularis ) terdiri dari dari 3 subspecies, yaitu pica, albospecularis serta inexpectatus. seluruh kacer madagaskar ini tersebar di lokasi madagascar afrika. warna burung kacer madagaska yaitu nyaris sama juga dengan kacer sumatra tetapi sisi leher sebelah atas, punggung serta ekor berwarna hitam kebiru-biruan. kekuatan berkicaunya tidak kalah dari type kacer yang lain. di indonesia keberadaan burung ini amat sedikit serta jikalau ada itu yaitu hasil import dari pulau afrika.

Powered by Blogger.