Burung cucak kebon (ocehankenari) - Banyak juga yang katakan trucukan atau jogjog tentunya beberapa hobi burung mengenalnya serta burung type ini tentunya ada di tiap-tiap pasar burung dimanapun, dikarenakan burung cucak kebon ini kerap banyak di tangkap.

Untuk problem harga memanglah burung tersebut tidak terlampau mahal serta banyak juga yang memeliharanya untuk sebatas hobi dikarenakan untuk memeliharanya cukup mudah tidak terlampau sukar cuma memberi dia makan buah - buahan dia lalu tentu suka.
Merbah cerukcuk serumpun dengan burung cucak - cucakan ( family pycnonotidae ) layaknya di antaranya yakni burung kutilang barangkali adalah burung yang sangat banyak dipelihara oleh anak-anak di jawa, terlebih yang disukai yaitu burung yang tetap muda atau tetap kecil, hingga bisa dijinakkan.



Burung yang sudah jinak sering kali tak lagi pergi jauh dari kandangnya, meskipun dilepaskan dengan bebas, setiap waktu atau sekurang-kurangnya sore hari dapat kembali untuk menghendaki makanan pada pemeliharanya, didalam tangkaran, burung ini umumnya diberi makan buah-buahan layaknya pepaya serta pisang, serta serangga kecil layaknya ulat, belalang atau cengkerik.

Burung trucukan atau burung merbah atau dimaksud juga cucak-cucakan ( familia pycnonotidae ) terhitung ke didalam suku burung kicau lokasi asia tropis serta afrika, burung dengan nada yang merdu serta variasi lagu bermacam ini didalam bhs inggris dimaksud bulbuls. ( yellow-vented bulbul ) pycnonotus goiavier
Nama merbah ( bhs melayu ) mengacu pada type burung kicauan, berbulu suram serta tinggal di semak belukar, terhitung didalamnya yaitu beberapa jenis burung pelanduk, tepus, bentet dan sebagainya.

Burung cucak kebon atau trucukan ini bukan hanya type burung petarung, tetapi burung ini dapat lakukan pertahanan untuk melindungi tempat teritorialnya. dikarenakan memiliki kekuatan adaptasi yang cukup tinggi, maka burung ini mudah jinak pada manusia.
Burung ini berukuran tengah, panjang tubuh keseluruhan ( diukur dari ujung paruh sampai ujung ekor ) lebih kurang 20 cm, serta segi atas tubuh ( punggung, ekor ) berwarna coklat kelabu gelap, segi bawah ( tenggorokan, dada serta perut ) putih kusam. mahkota kehitaman, alis serta lebih kurang mata putih, dengan kekang ( garis di depan mata ) hitam. segi lambung dengan coretan-coretan coklat, serta penutup pantat berwarna kuning, iris mata berwarna coklat, paruh hitam serta kaki abu-abu merah jambu.

Merbah cerukcuk suka tempat-tempat terbuka, semak belukar, pinggir jalur, kebun, serta rimba sekunder, burung ini kerap berkelompok, baik saat melacak makanan ataupun bertengger, dengan macamnya sendiri ataupun dengan type merbah yang lain, atau apalagi dengan type burung yang lain, tidur berkelompok dengan macamnya, di ranting-ranting perdu atau pohon kecil.
Layaknya biasanya merbah, makanan burung ini terlebih yaitu buah-buahan yang lunak, di pekarangan, burung ini sering melubangi buah pepaya serta pisang yang sudah masak, disamping itu ia juga memangsa bermacam serangga, ulat serta hewan kecil yang lain layaknya cacing serta merbah cerukcuk kerap menggunakan waktu lebih lama untuk melacak makanan diatas tanah dari pada type merbah yang lain.

Berbunyi nyaring serta berisik, cok, cok, .. cok-cok ! ; siulan pendek cuk-co-li-lek.. berulang, terkadang dengan cepat ; atau nyanyian bersuara lemah serupa gumam atau gerutuan burung, orang katakan umumnya dengan arti, golokcilik, golokcilik, golokcilik begitulah bunyi kicauan serupanya.
Sarang cerukcuk berupa cawan dari anyaman daun rumput, tangkai daun atau ranting yang halus, dijalin dengan serat tumbuhan serta melekat pada dahan. di jateng dijumpai juga sarang yang dibangun di sela-sela buah pisang, telur dua atau tiga butir, berwarna keputihan berbintik coklat atau ungu, tercatat bersarang selama th., dengan puncaknya maret hingga juni.

Burung ini menyebar luas di asia tenggara, semenanjung malaya serta filipina. di indonesia dijumpai di sumatra serta pulau-pulau dibagian timurnya, kalimantan, jawa serta bali. dianggap diintroduksi ke lombok serta sulawesi selatan. umum ada hingga ketinggian 1. 500 m dpl.

Lain jantan serta betina burung trucukaan ini banyak yang menyebutkan bahwa bila jantan didalam rongga mulutnya akana tampak berwarna kuning serta bisa di yakinkan burung trucukan jantan.
Serta bila burung trucukan jantan bila dia berkicau atau ngriwik dapat tampak jambul diatas kepalanya serta terdengar kicauannya atau ngriwiknya lebih keras daripada betina.

Tetapi ada juga masukkan yang banyak menyebutkan bahwa kelas burung pemakan buah - buahan ini layaknya, burung cucak - cucakan kebon, kutilang serta cucak rowo ( cucak ijo tidak terhitung ) yang rewel atau yang memiliki nada ngerol serta ngeropel yaitu type kelamin yang betina.

-->
 
Top