Home » » Burung Murai Batu

Burung Murai Batu


Burung murai batu (ocehankenari) -Adalah di antara burung berkicau cerdas terbaik ( dari keluarga turdidae ) yang amat banyak penggemarnya. menjaga burung murai batu amat mudah serta menyenangkan. beberapa jenis burung murai batu serta asal burung murai batu yang banyak dikenal di indonesia yaitu burung murai batu medan, burung murai batu aceh, burung murai batu lampung, burung murai batu lahat, burung murai batu jambi serta burung murai batu kalimantan ( borneo ). nada burung murai batu amat merdu serta beragam. burung murai batu yaitu di antara burung penyanyi terbaik didunia. 

Ciri-ciri basic burung murai batu 
  1. Mudah beradaptasi, burung ini amat mudah sesuaikan diri pada pergantian lingkungan. 
  2. Petarung yang mudah naik darah. jika mendengar nada burung murai batu lain atau lihat burung sejenis, maka motivasi tempurnya segera berkobar. 
  3. Birahi yang condong mudah naik. burung ini amat mudah naik birahinya, banyak pemicu yang bisa bikin naiknya birahi pada burung type ini. stelan ef ( extra fooding ) yang over, penjemuran yang berlebih atau lihat burung murai batu betina, bisa dengan cepat menaikkan tingkat birahinya. 
  4. Mudah jinak. dikarenakan kekuatan beradaptasinya yang tinggi, maka burung ini mudah jinak pada manusia. 

Penentuan bahan murai batu yang bagus 
Ada banyak hal mutlak yang perlu di perhatikan didalam penentuan bakalan pada burung murai batu : 
  1. Berkelamin jantan, tanda-tanda burung murai batu jantan bisa dipandang warna bulu hitam yang tegas mengkilap serta kontras dan mempunyai ekor yang lebih panjang dari pada burung murai batu betina. 
  2. Wujud paruh, baiknya tentukan wujud paruh yang berpangkal lebar, tidak tipis, besar serta panjang. paruh sisi bawah mesti lurus. janganlah menentukan bahan yang mempunyai paruh bengkok. posisi lubang hidung tentukan sedekat barangkali dengan posisi mata. 
  3. Kepala berupa kotak, mata bulat besar serta melotot. ini mengisyaratkan burung ini memiliki mental tempur yang baik. 
  4. Postur badan, pastikan bahan yang berpostur tengah dengan panjang leher, badan serta ekor dan kaki yang cocok. janganlah menentukan bahan yang berleher serta berbadan pendek. 
  5. Sayap mengepit rapat serta kaki mencengkram kuat, ini mengisyaratkan bahan tersebut sehat. warna kaki tidak punya pengaruh pada mental burung. 
  6. Lincah serta bernafsu makan besar. ini adalah tanda-tanda bahan yang bermental baik. 
  7. Panjang ekor yang cocok dengan postur badan. pastikan wujud ekor yang sedikit lentur. 
  8. Leher panjang padat diisi. mengisyaratkan burung ini dapat mengeluarkan power nada dengan optimal. 

Menambah performa burung murai batu 
Irama lagu yang dimiliki burung memegang fungsi yang amat mutlak didalam penilaian lomba burung berkicau. dikarenakan kembali pada filosofi burung berkicau, daya tarik utama dari burung berkicau yaitu kekuatan berkicaunya ( irama lagu ). menentukan suara-suara master untuk burung andalan kita jangan sampai terlalu fokus cuma menentukan suara-suara master yang kedengarannya unik serta bagus. amat banyak metode serta langkah-cara yang bisa dikerjakan didalam sistem pemasteran burung berkicau. 

Sesungguhnya, pemasteran bisa kita kerjakan tidak mesti menanti burung berkicau didalam situasi mabung atau bertukar bulu. burung berkicau didalam situasi normal, apalagi didalam situasi top form lalu juga bisa dikerjakan pemasteran. ada mitos yang menyebutkan pemasteran burung mesti menanti periode burung mabung. alasannya dikarenakan, pada waktu mabung, burung berkicau condong untuk banyak diam serta amat jarang sekali berkicau. burung yang banyak diam pada saat mabung tersebut, condong untuk semakin banyak menggunakan waktunya untuk memerhatikan serta memproses suara-suara yang ada di sekitarnya. jika nada yang didengarnya cocok dengan tipikal cii-ciri suaranya, maka dapat direkam serta ditirukan. 

Kunci kesuksesan saat memaster burung ( pemasteran burung berkicau ) yaitu memaster burung dengan suara-suara master yang pas serta cocok dengan cii-ciri basic lagu burung yang dapat di master.

Share this article :
 
Support : Creating Website | OcehanKenari | KicauMania
Copyright © 2011. Ocehan Kenari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by OcehanKenari
Proudly powered by Blogger