Header Ads

Burung decu

burung decu

Burung decu (ocehankenari) -Rekans pengagum burung ocehan di seluruh nusantara, tentu anda telah tidak asing lagi bila mendengar nama burung yang satu ini, burung decu si hitam manis, atau barangkali ada juga yang menyebutnya dengan kacer batu.

Memanglah tidak butuh lagi di pungkiri bahwa sekarang ini burung decu kalah pamor dengan pleci atau cici kacamata, bagaimana tidak, didalam arena lomba burung berkicau burung ini telah tidak memperoleh kelas tersendiri, sungguh tragis, walau sebenarnya pada jaman th. 90an ( bila tidak salah ) burung ini memperoleh kelas campuran lokal apalagi memperoleh area kelas spesial.

Dengan tubuh sebesar burung gereja, burung decu jantan mempunyai warna tubuh dominan dengan warna hitam serta ada warna putih di pantat serta sisi sayap. decu betina nyaris sama juga dengan jantan namun mempunyai bulu yang lebih pudar warnanya.

Bila kita lihat ke belakang, burung decu ini tidak kalah didalam perihal berkicau dengan burung-burung sekelas anis bata serta kacer, apalagi barangkali burung pleci.

Decu (saxicola caprata) adalah di antara type burung berkicau yang cukup banyak penggemarnya ( barangkali itu dulu ), bulunya cuma berwarna hitam serta putih, namun burung ini terlihat indah serta menarik untuk dilihat, tak hanya mempunyai nada yang merdu, type burung ini juga dapat menirukan sebagian nada burung lain hingga bisa menambah variasi lagunya. kelebihan decu inilah yang bikin burung berukuran tubuh kecil ini kerap keluar sebagai juara di kelas campuran lokal serta selanjutnya dipisah jadi kelas tersendiri disetiap lomba yang memasukkan decu.

Burung decu ini terhitung pintar juga menirukan nada burung yang lain serta dia memiliki karakter bertempur atau bertarung yang tidak kalah dengan burung tledekan maupun murai serta kacer, waktu ketemua lawan kicau, dia dapat berkicau sembari bergoyang buka sayap serta ekor layaknya halnya burung kacer atau poci /sekoci.

Serta dapat di akui variasi lagunyapun pantas diperhatikan, dari segi nada, burung ini dapat membawakan beragam type lagu bergantung isian yang didapatkan kepadanya, namun dengan ciri utama lengkingan-lengkingan kristal.

Burung ini terhitung pemakan serangga serta mudah dipelihara apalagi ditangkarkan. tetapi dikarenakan memanglah telah sedikit populasinya, burung ini tidak sepopuler burung tledekan atau sulingan.

Agar bagaimanapun juga burung decu ini terhitung burung ocehan atau burung berkicau yang tidak kalah dengan burung ocehan yang lain, cuma saja barangkali pengagum decu cuma beberapa pehobies spesifik saja yang berasumsi bahwa burung ini yaitu layak untuk di pelihara dikarenakan seninya maupun dipelihara oleh beberapa kolektor burung berkicau.

-->
Powered by Blogger.