Header Ads

Tips Merawat Burung Kicauan Sakit

Tips Merawat Burung Kicauan Sakit (ocehankenari) -Mencegah burung agar tidak sakit dapat jauh lebih bagus daripada mengobati burung yg telah terlanjur sakit.

Memelihara burung adalah sebuah hobi yg menyedangkan sekaligus akan bikin para penghobi burung menjadi stres jika burung kesayangannya sedang sakit apalagi jika akhirnya berujung pd kematian pd burung kesayangannya.
kenari sakit

Ada begitu banyak jenis penyakit yg akan menyerang burung peliharaan kita, seperti pilek, serak, snot, berak kapur, mencret, berak hijau, infeksi luka, tidak nafsu makan, kemlumpuhan tetelo atau sakit ayan maupun penyakit-penyakit lain yg yg disebakan oleh bakteri.

Salah satu faktor utama dalam merawat burung kesayangan kita yaitu faktor konsistensi. adanya beberapa perihal yg juga penting sekali untk selalu diperhatikan oleh para pecinta burung agar burung kesayangannya tetap terjaga kesehatannya dan dalam tindakan preventif penyakit yg akan menyerang burung kesayangannya
Beberapa perihal yg penting tersebut, adalah:

Selalu menjaga kebersihan kandang.

Sebaiknya kandang burung selalu dibersihakn secara rutin setiap pagi hari. Bagian alas atau lantai kandang yg kotor musti disikat dan dicuci bersih dgn sabun deterjen, lalu di jemur di bawah terik matahari selama 15 sampai 30 menit lamanya.

Lantai-sangkar

Tidak cuma bagian alasnya saja, agar lebih aman dari serangan penyakit, semprot semua bagian kandang burung dgn obat anti hama atau anti kuman dgn dosis yg tepat dgn anjuran. Obat pembasmi kuman dapat membunuh semua bakteri, kuman, jamur, kutu, parasit dan virus yg akan menyebabkan burung kesayangan kita menjadi sakit.

kenari merah

Selalu menjemur burung secara rutin 

Agar burung kesayangan yg anda memelihara tetap sehat, upayakan agar selalu menjemur burung kesayangan anda secara rutin setiap pagi. Burung wajaib untk berjemur paling tidak 15 menit lamanya setiap pagi. baiknya pilihlah saat diantara pukul 0700. hingga pukul 1000. pd waktu itu matahari masih terasa hangat serta sinat ultraviolet yg di dapatkan dari sistem penjemuran dapat sangat membantu tubuh burung kesayangan anda untk mengekstrak pro vitamin D3 yg adanya di dalam tubuhnya untk menjadi vitamin D3.

Sinar ultraviolet juga diperlukan bagi burung untk membentuk dan memproduksi hormon-hormon yg penting dalam tubuhnya. Hormon-hormon yg penting tsb meliputi hormon reproduksi dan hormon untk pertumbuhan
Selain itu, teknik penjemuran juga dapat berdampak bagus pd psikologis burung itu sendiri sehingga jarang sekali merasa stres.

Memberikan pakan dgn gizi yg tepat

Salah satu sumber penyakit pd semua mahluk hidup yaitu berasal dari makanan yg dikonsumsinya. Sama halnya dgn burung yg kita memelihara yg sangat tergantung pd jenis pakan yg kita memberi. Berilah pakan yg mengandung vitamin serta mineral yg lengkap untk burung kesayangan anda. Disini kita dituntut untk benar-benar mengerti tentang proses metabolisme burung.

Kandungan nutrisi dari makanan yg kita memberi pd burung kesayangan kita tsb nantinya dapat memenuhi semua kebutuhan burung tsb. Anda juga musti selalu memeriksa dan mengevaluasi secara langsung apa yg berlangsung pd burung kesayangan anda setelah pemberian pakan.
kenari merah
Jangan coba-coba untk merubah pakan burung jika anda belum memahami fisiologi tentang burung. Misalnya, proses metabolisme burung pemakan buah dapat sangat jauh berbeda dgn proses metabolisme burung pemakan serangga.

Memberi suplemen yg bagus secara rutin

Suplemen yg dimaksudkan disini yaitu makanan tambahan sebagai sumber nutrisi yg tidak terdapat pd makanan yg kita memberi setiap hari

Sesungguhnya pemberian suplemen pd burung tidaklah terlalu penting dan tidak dibutuhkan oleh burung, dgn catatan selama kita akan memberikan nutrisi yg sesuai dan seimbang ditambah dgn pola perawatan yg bagus pd burung kesayangan kita

Di habitat aslinya, burung tidak terlalu membutuhkan suplemen tambahan apapun, karena semua nutrisi yg mereka perlukan telah disediakan oleh alam

Pemberian suplemen tambahan seperti vitamin, mineral ataupun yg yang lain akan kita memberi jika kita tidak akan cukup kebutuhan dasar burung dapat nutrisi standar yg tepat dgn angka kecukupan gizi dan pola makan yg tepat dgn yg direkomendasikan pd burung itu sendiri.

Maka, kalau kita masih bisa memberikan nutrisi yg sesuai dan seimbang yg tepat dgn angka kecukupan gizi pd burung yg kita pelihara, kita telah tidak perlu lagi memberikan suplemen tambahan apapun pd burung kesayangan kita.

Jika anda masih merasa perlu untk memberikan suplemen untk tindakan preventif penyakit, maka memberi suplemen yg telah diramu secara khusus untk burung. memberi suplemen tsb secara rutin serta berkala. Dosis pemberiannya juga musti tepat dgn aturan pakai. Karena dosis yg berlebihan juga akan berdampak negatif pd kesehatan burung itu sendiri nantinya.

Umumnya, suplemen tambahan dapat sangat diperlukan ketika burung sedang masa pertumbuhan, ketika burung mabung, bertelur, meningkatkan daya tahan tubuh dan selama poses penyembuhan dari penyakit tertentu

Hindari stres pd burung

Stres yg berlangsung pd burung umumnya adalah stres secara psikologis yg akan bikin semua proses metabolisme dalam tubuh burung tsb menjadi terganggu


Banyak sekali faktor yg menyebabkan burung menjadi stres, seperti penampatan burung yg salah, gangguan pd kenyamanan serta ketenangan, situasi lingkungan yg tidak tepat dgn habitatnya dan masih banyak lagi faktor yg yang lain. Burung yg sudah alami tres psikologis dapat rumit sekali untk menjadi normal kembali dalam saat singkat

Pemberian obat yg tepat

Jika burung kesayangan yg anda memelihara telah terlanjur terserang penyakit, jangan langsung panik. Tempatkan burung yg sakit di wadah yg hangat dan jauhkan dari angin yg akan menerpa burung tsb secara langsung.

Kenali penyakit yg menyerang burung kesayangan anda. apakah itu penyakit serak, pilek, sesak napas, infeksi luka, lumpuh atau penyakit yg yang lain. Mengenali dan mendiagnosa fenomena awal dari penyakit burung dapat sangat penting sekali artinya untk mempermudah pemberian obat yg sesuai bagi burung yg sakit
Konsultasikan tentang apa yg dihadapi oleh burung kesayangan anda kepada orang yg benar-benar mengerti tentang penyakit pd burung, agar anda memperoleh rekomendasi obat yg cocok untk mengobati penyakit pd burung kesayangan anda.

Obati burung yg sakit sesegera mungkin. Obat bagi burung yg sakit berasal dari antibiotik. Penggunaan obat antibiotik musti tepat dgn dosis yg tepat, karena penggunaan obat antibiotik yg salah dapat akan menyebabkan kekebalan pd tubuh burung kesayangan anda. Jangan coba-coba untk bereksperimen dgn obat-obatan jika anda belum memahami kandungan dan efeknya pd burung.

No comments

Powered by Blogger.