jalak nias

Cara Jitu Merawat Burung Jalak Nias (ocehankenari) -Namanya burung jalak nias, seakan mengisyaratkan bahwa burung ini yakni dari pulau nias yang ada di propinsi sumatera utara. namun spesies ini  adalah burung jenis endemik yang hidup dipulau nias. Pada literatur burung internasional, jalak nias disebut common myna, yang lokasi penyebarannya terhitung semua negara di asia. Walau demikianlah burung jalak nias lantas sudah ditangkarkan di negara luar asia, negara-negara tersebut salah satunya Australia, Selandia baru, Canada, Hawaii ( AS), Afrika selatan, Mauritius, dan juga Maladewa. 

Burung jalak nias yakni burung jalak yang lumayan popular di Indonesia. walau kadang-kadang di beberapa negara kerap lantas hama karena populasinya yang sangat melimpah. Jalak nias memanglah dikenal sebagai burung yang pintar. Burung jalak nias sampai sekarang ini terus memiliki banyak pengagum di Indonesia. Tetapi, tidak banyak para  penangkar pada spesies ini. Walau sesungguhnya di beberapa negara, jenis burung jalak nias sudah banyak yang menangkar. 

jalak nias

Langkah jitu menjaga burung jalak nias 

Burung jalak nias sama halnya dengan burung jalak yang lain, burung jalak nias juga terhitung jenis hewan yang omnivora. Jalak nias bisa menyantap jenis serangga seperti udang, jangkrik,reptil, biji bijian,mamalia kecil, buah-buahan, nasi, beras, roti, dan makanan limbah / sampah yang dibuang oleh penduduk kurang lebih. untuk perawatan harian burung ini bisa dimaksud sama saja dengan perawatan layaknya pada burung jalak kerbau. Sering-seringlah ganti area minum burung ini karena demikianlah kotor, karena burung ini sangat senang mandi. 

Anda bisa memberinya buah-buahan yang bermacam pada setiap harinya. Untuk makanan serangga, burung jalak nias lebih senang belalang daripada jangkrik. burung jalak nias memanglah sering mengotori sangkarnya, oleh karena itu bersihkan sangkarnya 2 kali dalam sehari. Berikanlah multivitamin ( birdvit ) masing-masing 2-3 hari sekali. Cukup sulit membedakan jenis kelamin burung ini. tetapi, menurut pada pengalaman, burung jalak nias jantan bisa mengembangkan jambulnya apabila berkicau. 

Post a Comment

 
Top