Penyakit Kista pada Kenari (ocehankenari) -Kista bulu atau lebih dikenal dng nama feather cysts adalah di antara type penyakit pada burung yg dikarenakan dikarenakan ada malformasi bulu yg berkembang di bawah kulit burung. -
penyakit kista pada kenari

Kista pada bulu burung dapat segera kita tengok tanpa memakai alat bantu apa pun. sinyal tanda dari kista bulu burung yaitu ada benjolan berupa bulat ataupun memanjang, yg dapat melibatkan satu atau apalagi sebagian folikel bulu pada burung.
 
Kemungkinan sebagian orang yg senang pelihara burung kenari dulu lihat sejenis benjolan pada di antara segi tubuh burung kenari yg ia memelihara.

Sebagian orang menilai bahwa penyakit kista pada bulu burung tak lagi menyababkan kematian dengan cara segera pada burung. tetapi, penyakit kista pada bulu burung dapat amat mengganggu, meskipun pada prinsipnya penyakit ini cuma berbentuk benjolan yg kedepannya dapat membesar dan bisa jadi kering.

Sebagai pokok persoalan yaitu, penyakit kista pada bulu burung ini bisa tumbuh membesar dan amat mengganggu burung itu sendiri. tersebut penyebab dibutuhkan tindakan pengangkatan benjolan kista tersebut.

Tetapi, sebelum saat lakukan teknik pembedahan atau pengangkatan kista pada bulu burung, yakinkan bahwa luka pada benjolan tersebut telah jadi kering.

Bila burung kenari yg anda memelihara diserang kista bulu, maka baiknya anda tak perlu terlampau kuatir. saat ini kami dapat berikan langkah'>cara-cara utk menyembuhkan kista bulu dan langkah pencegahan penyakit kista bulu pada burung terutama pada burung kenari.

penyakit kista pada kenari

Karena, biasanya penyakit kista pada bulu burung layaknya ini kerap berlangsung pada burung kenari bila dibanding dng type burung yang lain.

Pemicu penyakit kista bulu.

Kista bulu pada kenaripenyakit kista bulu dapat dikarenakan oleh dikarenakan kurangnya nutrisi spesifik pada burung kenari, layaknya mineral, protein ataupun vit., dng langkah pemberian rebusan telur puyuh yg kaya dapat protein serta mineral, hingga dapat kurangi efek diserang penyakit kista bulu.
 
Genetika. didalam artian, kemungkinan di antara atau apalagi ke-2 indukan burung kenari mempunyai masalah layaknya kista pada bulu hingga penyakit ini alami penurunan pada keturunannya kelak.
Infeksi dikarenakan bakteri, parasit, jamur, ataupun virus. biasanya, bila berlangsung infeksi dikarenakan serangan bakteri, parasit, jamur ataupun virus biasanya dapat nampak beragam tanda-tanda yang lain hingga dapat memunculkan penyakit yang lain.
 
Trauma dikarenakan benturan benda yg bikin folikel bulu alami rusaknya. perumpamaannya, burung menabrak sangkar sendiri ataupun tangkringan dng amat keras hingga melukai tangkai bulu pada tubuhnya.

Berikut adalah cara menangani kista pada bulu burung kenari :

Metode pencungkilan
Apabila benjolan kista telah nampak atau keluar dari kulitnya, maka anda dapat menyentuh atau mengcungkilnya keluar. benjolan tersebut berbentuk gampang lepas dari kulitnya.

Operasi kista bulu


Sesudah benjolan kista tadi lepas, maka bekas dungkilan tersebut dapat mengeluarkan darah. utk menghentikan pendarahan dan menghindar berlangsungnya infeksi maka berikan obat merah atau yodium tenture pada kulit yg alami pendarahan tersebut.

Metode pembedahan.

Hal yg sangat sukar yaitu, apabila benjolan kista tersebut menumpuk dibagian bawah kulit. maka hanya satu jalur yaitu dengan lakukan metode pembedahan dng langkah bikin sayatan kecil di bagianb kulit utk mengeluarkan benjolan kista tersebut.

Utk lakukan metode pembedahan, maka anda dapat membutuhkan sebagian peralatan layaknya pisau atau cutter, pinset, obat merah serta juga handuk kecil.

penyakit kista pada kenari

Di bawah ini yaitu langkah pembedahan yg dapat anda kerjakan sendiri ataupun berbarengan dng rekan.
  • Sayat sisi kulit pas di bagian atas benjolan kista. upayakan supaya sisi yg disayat yaitu sisi yg sangat kering. apabila tak sangat mungkin utk lakukan sayatan yg panjang, anda dapat lakukan sayatan dng langkah menyilang.
  • Sesudah itu dorong sedikit benjolan kista tersebut gunakan jari hingga kista betul-betul keluar.
  • Cabut kista gunakan pertolongan pinset.
  • Lantas obati bekas sayatan tadi gunakan obat merah.
  • Menghindar timbulnya kista pada bulu burung
Melindungi kebersihan terlebih kebersihan air minum pada burung kenari adalah hal yg harus utk menghindar berlangsungnya kista pada bulu burung. upayakan utk senantiasa berikan air yg telah dimasak terlebih dulu. dapat lebih praktis lagi bila anda memakai air kemasan atau air galon utk air minum burung yang paling disayangi anda.

Disamping itu, yakinkan supaya pakan yg anda berikanlah memiliki kandungan banyak protein dan memenuhi nilai vit. serta mineral yg diperlukan oleh burung. Langkah yg sangat baik yaitu memeberikan variasi sayur serta buah utk pakan burung kenari yang paling disayangi anda.

Post a Comment

 
Top