burung perkutut


Menjaga stamina perkutut (ocehankenari) -Sepasang perkutut yang sudah ada di sangkar perkembangbiakan merupakan pasangan yang siap berkembang biak. Bila dipelihara dengan benar, pasangan perkutut dapat segera kawin serta membuahkan keturunan. Memelihara pasangan perkutut yang telah jodoh sampai berkembang biak bukan hanya suatu hal yang sukar. Dengan mengaplikasikan perihal di bawah ini perkutut bisa berkembang biak dengan normal.

Pakan, air, vit., serta mineral merupakan keperluan yang mutlak dibutuhkan oleh perkutut, baik untuk perkembangan serta perubahan tubuh maupun manfaat reproduksi. yakinkan vit. burung memberikan vitamin khusus burung, namun untuk mineral juga dapat dipakai mineral yang dijual bebas di agen khusus burung. Dengan pemberian vit. serta mineral itu, maka cuma memberi pakan berbentuk biji-bijian, perkutut yang diternakkan dalam kandang beralas tanah telah dapat hidup normal serta berkembang biak. 

Pentingnya mineral yaitu dikarenakan area beternak cuma berbentuk sangkar kecil hingga tidak sangat mungkin perkutut memperoleh tambahan mineral dari tanah. berarti, unsur yang satu ini butuh diberikan dengan spesial. perihal ini butuh dikerjakan dikarenakan di kuatirkan mempercayakan pemenuhan keperluan pada mineral dari pakan saja bisa sangat mungkin berlangsungnya defisiensi mineral. defisiensi ini dapat menyebabkan terganggunya perkembangan tubuh serta sistem perkembangbiakan. 

Pakan yang didapatkan 
Perkutut merupakan burung pemakan biji-bijian. oleh dikarenakan itu, pakan yang didapatkan juga berbentuk biji-bijian. biji milet, jewawut, ketan hitam, serta gabah dapat diberikan pada perkutut. komposisinya tiga sisi milet selebihnya campuran jewawut, ketan hitam, serta gabah dengan perbandingan sama. 

Untuk menambah nilai gizi, campuran biji-bijian ini dapat digabung dengan pakan ayam petelur dengan perbandingan 4 :1. menambahkan pakan ayam petelur dikerjakan sampai perkutut bertelur. pada waktu mengeram, cukup diberi pakan berbentuk biji-bijian. saat telur telah menetas, pakannya dapat ditambah pakan untuk doc ( day old chiken, anak ayam umur 1 hari ) dengan perbandingan empat sisi pakan biji-bijian serta satu sisi pakan doc. pakan ini diberikan sepanjang perkutut mengasuh anak. 

burung perkutut

Pakan ini diberikan dalam jumlah tidak terlampau banyak, kurang lebih habis dimakan sepanjang 1 hari. menambahkan pakan baiknya tidak dikerjakan saat tetap ada pakan yang tersisa. umumnya pakan yang tersisa merupakan pakan yang tidak disukai perkutut. bila ditambah dengan pakan baru, pakan yang tidak disukai tak lagi dulu termakan. sangat sayang bila pakan yang tidak disukai ini merupakan pakan yang nilai gizinya tinggi. dengan tidak memberikan pakan baru, pakan yang tidak disukai terpaksa juga dimakan. 

Pemberian pakan sesungguhnya dapat setiap tiga hari sekali. bila ini dikerjakan, kontrol pada kesegaran pakan mesti amat di perhatikan. jangan sempat ada pakan yang busuk atau berjamur dikarenakan basah atau terkena kotoran. pakan yang sudah busuk dapat mengakibatkan burung sakit atau mati bila memakannya. 

Pada. waktu pemberian pakan, wadah pakan mesti dibersihkan. bila butuh, dicuci sampai bersih. kebersihan wadah pakan merupakan di antara pendukung kesehatan perkutut. penempatan wadah pakan mesti dikerjakan dengan pelan-pelan. jangan sempat lakukan gerakan yang menyebabkan perkutut terperanjat. gerakan yang mengejutkan dapat bikin perkutut beterbangan menabrak-nabrak jeruji sangkar. 

Air minum 
Air oleh perkutut cuma dipakai untuk minum. perkutut bukan hanya type burung yang menggunakan air untuk bersihkan tubuhnya. oleh dikarenakan itu, tidak dibutuhkan wadah yang terlampau luas untuk area air. air yang didapatkan lalu tak perlu terlampau banyak, seandainya cukup untuk 1 hari. selama air dapat dikonsumsi oleh manusia maka air tersebut juga dapat diberikan ke perkutut, baik yang telah direbus maupun belum. untuk air yang telah direbus, mesti didinginkan terlebih dulu sebelum saat diberikan ke perkutut. 

Air untuk minum baiknya diganti tiap-tiap hari. pada waktu air diganti, wadah air minum mesti dibersihkan. untuk sangkar yang ditempel agak tinggi, penggantian air minum jadi sedikit susah. Sekurang-kurangnya mesti turunkan sangkar terlebih dulu. walau sebenarnya, bila sangkar kerap diturunkan, perkutut jadi kerap terganggu. 

Ada satu cara untuk menangani perihal layaknya ini. dua buah botol plastik bekas kemasan sampo atau sejenisnya dapat dipakai untuk mempermudah penggantian air minum serta pembersihan wadahnya. sebelum saat dipakai, botol mesti bebas dari sisa-sisa serta aroma sampo. sesudah betul-betul bersih, lubang botol dimasuki selang kecil atau sedotan minuman. panjang selang sesuai dengan ukuran botol. yang tentu selang yang ada diluar botol kurang lebih selama 20 cm. 

Bila botol dapat dipakai sebagai alat untuk menuangkan air minum, selang dimasukkan sampai ke basic botol. bila botol cuma dipakai sebagai fasilitas untuk bersihkan wadah air minum, selang tak perlu dimasukkan sampai ke basic. agar pada selang serta lubang botol tidak berongga, pinggir lubang dapat ditutup dengan lem plastik. 

Botol yang dipakai untuk bersihkan wadah air minum bekerja lewat cara menyedot air berikut kotoran yang ada didalam wadah air minum. oleh dikarenakan itu, sebelum saat dipakai botol ini mesti dalam situasi kosong serta bersih. untuk bersihkan wadah air minum, ujung selang dimasukkan dalam wadah tersebut. setelah itu botol ditekan-tekan sampai hawa yang keluar dapat mengaduk-aduk air dalam wadah minum.

Air yang sudah kotor dapat segera disedot ke dalam botol lewat cara melepas tekanan pada botol. sesudah wadah air minum kosong serta bersih dapat berisi air baru gunakan botol untuk menuangkan air. Ujung selang dimasukkan ke dalam wadah air minum, lantas botol ditekan. air dapat mengalir mencukupi wadah air minum. dengan bantuan alat layaknya ini, pembersihan wadah minum serta penggantian airnya dapat dikerjakan dengan amat gampang tanpa mesti turunkan sangkar dari dinding serta mengeluarkan wadah yang dapat dibersihkan.

-->
 
Top