Memelihara kenari untuk kontes (ocehankenari) -Terkadang kita memelihara burung kenari dirumah cuma untuk didengar nada merdunya atau sembari lihat corak warna yang indah atau barangkali cuma ikin menetaskannya saja. sempatkah terlintas dibenak kita, pada satu waktu kenari kita tsb bisa diturunkan didalam arena kontes ? 

Terkadang ada pendapat yang menyebutkan jika kita pingin main burung dikontes, carilah burung di arena kontes juga. itu benar, serta sayapun setuju, namun yang butuh diingat harga burung dikontes tentu mahal-mahal. bagaimana dengan kita yang belum sanggup untuk mengeluarkan cost yang mahal, namun telah pingin turun kontes ? terlebih untuk kelas kenari. 

Berikut tips mudah yang barangkali dapat menolong kita dengan modal yang terbatas namun dapat mendapatkan kenari yang cukup andal dikontes : 

1. Pastikan kenari jantan ( sdh berbunyi ). perihal ini mutlak, serta tidak dapat diganggu gugat. 

2. Cermati postur tubuh, tidak cacat, lincah, warna yang indah ( jika tak ada, tidak apa2 ). serta yang butuh diingat, kenari tidak bisa kegemukan, bila gemuk ia dapat malas berbunyi. 

3. Simaklah bunyi kenari tsb. apakah lagunya bagus ? panjang ? nyaring ( tidak tipis ) ? 
Lagu : jika kita belum punya kebiasaan mendengarkan lagu kenari yang bagus, kita mesti sering2 mendengarkan kenari rekan2 kita yang sdh juara dikontes ( sebagai perbandingan ). jika tak ada pembanding, kita dengarkan saja dengan perasaan, apakah kita jadi terhibur dengan lagu yang didendangkan oleh kenari tsb atau tidak. 

Panjang : lagu yang dilantunkan sebaiknya panjang, beragam, tidak dengan tiba2 putus ditengah lagu ( mesti ada ujung akhiran lagu yang enak ) 

Nyaring : sedikit susah mendengarkan nada kenari yang nyaring, bila tak ada pembanding. bila kenari yang dapat dibeli dapat dipinjam/dites terlebih dulu, maka sekali lagi bandingkanlah dengan kenari kontes rekan2 kita. bila tidak dapat, cobalah perhatikanlah leher kenari yang dapat dibeli waktu berbunyi, apakah di bagian lehernya dapat menonjol kedepan. bila ya, umumnya volume suaranya nyaring. 

4. Cermati style kenari tsb waktu bernyanyi. 
Style : style yang baik bila waktu bernyanyi kenari tsb turunkan ke-2 sayapnya, dapat juga direntangkan, serta jalan kekanan serta kekiri. terkadang ada kenari yang dapat mengeluarkan style tersebut bila lihat kenari jantan yang lain. oleh dikarenakan itu, kita butuh tes dengan kenari jantan lain. 

5. Tengok apakah sepanjang berbunyi kenari tsb ngotot. 
Ngotot : umumnya kenari yang ngotot dapat turut berbunyi bila ada kenari jantan lain yang dilihatnya berbunyi. lantas mereka dapat saling bersahutan/tidak akan kalah didalam berbunyi. ada tips yang cukup dapat dibuktikan utk lihat ke-ngotot-an seekor kenari. cobalah bawalah/tes telebih dahulu kenari tsb dengan kenari rekan2 kita yang telah juara, jika waktu dites kenari kita tampak ngotot dengan kepunyaan teman kita tsb, maka kenari kita tsb sdh dapat disebut ngotot. 

6. Mesti memiliki mental lapangan yang bagus. 
Ini sisi yang paling sulit saat memilih kenari. kadang-kadang ada kenari yang sdh mencukupi syarat2 tsb di atas, namun tidak memiliki mental lapangan. hingga waktu di arena kontes kenari tsb tidak bekerja/berbunyi sesuai harapan. 

Perihal inilah yang melatari pengucapan saya, kenapa saya setuju dengan asumsi untuk beli kenari kontes mesti diarena kontes, dikarenakan kita disana sdh dapat lihat mental lapangan seekor kenari. 
tetapi mental lapangan dapat dibina al dengan langkah : 
  • Mengantungkan kenari kita di tempat yang kerap dilalui orang serta kendaraan dan berisik. layaknya di tepi jalur depan tempat tinggal. 
  • Sesering barangkali membawanya untuk berjalan-jalan jauh. dapat waktu latber atau ngetes dengan temen2 yang rumahnya jauh. 
  • Buatkanlah kandang umbaran, untuk stamina yang fit untuk burung.


-->
 
Top