burung gelatik



Membedakan burung gelatik jantan atau betina (ocehankenari) -Untuk membedakan type kelamin pada gelatik silver sesungguhnya tidaklah terlampau sukar. di bawah ini banyak hal yang bisa jadikan acuan untuk membedakan pada jantan serta betina pada gelatik silver. 

1. Bentuk paruh 
Bentuk paruh pada gelatik silver jantan serta betina dengan sekilas nyaris sama. untuk membedakannya mesti dilihat dengan cermat. untuk penangkar, pastinya telah punya kebiasaan serta cepat saat membedakannya. lain halnya untuk yang tetap awam mesti mencermatinya betul-betul. 

Paruh gelatik siver jantan, lebih tidak tipis membentuk lekukan di bagian atas kepala. paruh gelatik silver betina, nyaris rata dengan sisi atas kepala. 

Bentuk paruh gelatik silver jantan lebih melebar bila dilihat dari depan. sesaat bila dilihat dari samping dapat terlihat lebih menebal. sisi yang menebal ini tampak jelas pada paruh sisi atas. di bagian atas lubang hidungnya terlihat lebih menebal hingga bikin lekukan pada kepalanya. sesaat pada yang betina sisi ini tidak terlampau tidak tipis hingga sisi atas kepala sampai ke ujung paruh tampak lebih rata. 
warna paruh biasanya sama pada yang jantan dengan betina. tetapi bila dibanding, warna merah pada paruh gelatik silver betina condong lebih terang. sesaat pada paruh gelatik silver jantan lebih tajam ( gelap ). 

2. Bentuk tubuh 
Bentuk tubuh gelatik silver jantan serta betina nyaris sama. tetapi bila dilihat, tubuh jantan dapat terlihat lebih panjang terlebih di bagian leher serta kaki. tetapi, perihal ini lebih karena rutinitas gelatik silver jantan yang senang bertengger dengan tubuh yang tegak. namun yang betina biasanya waktu bertengger kurang tegak serta lebih senang diam. disamping itu, kaki serta jemari yang jantan biasanya lebih panjang dan ramping di banding betinanya. 

burung gelatik

3. Nada yang diperdengarkan 
Baik gelatik silver jantan ataupun betina bisa bersuara. tetapi, nada pada yang betina cuma sedikit hingga kerap dikatakan tidak bersuara. lain halnya pada yang jantan, suaranya lantang serta bisa membentuk kicauan. kicauan ini cukup enak untuk di nikmati, walau sekarang ini perihal tersebut kurang di perhatikan. kicauan dapat makin keras waktu periode berahi. pada waktu ini gelatik silver jantan tunjukkan kemampuannya untuk menarik pasangannya. tak hanya dengan nada, gelatik silver jantan juga mempunyai sejenis tarian untuk memikat, namun yang betina relatif lebih diam ( pasif ). 

Namun seluruhnya itu belum dapat di buat jadi patokan, dikarenakan metode d atas belum 100% sukses, serta langkah efisien untuk mengetahui type kelamin gelatik yaitu dengan langkah molecular sexing, yaitu memastikan type kelamin burung menurut kajian dna. namun molekular sexing amat mahal serta cuma dapat ditangani di laboratorium. celakanya, belum banyak laboratorium di Indonesia yang dapat kerjakan perihal tersebut. 

-->
 
Top