Memasterkan burung cucak rawa (ocehankenari) -Burung cucak rowo atau burung cucak rawa yaitu di antara type burung berkicau terbaik di indonesia, burung ini amat banyak digemari oleh kicaumania serta bernilai ekonomis amat tinggi. Di antara sebagaikan harga nilai jual burung cucak rowo tersebut jadi tinggi yaitu type suaranya serta lagu-lagu yang di-nyanyikannya. banyak wacana serta opini salah yang berkembang mengenai jenis-jenis nada burung cucak rowo ini, namun tidak satupun bisa dibuktikan dengan ilmiah. terlebih untuk nada ropel pada burung cucak rowo.

Perihal tersebut di atas dapat dibuktikan dengan fakta-fakta yang kita temui di sehari-harinya kita seperti berikut :
  • Anakan dari hasil breeding pasangan burung cucak rowo yang bersuara ropel, belum pasti dapat bersuara ropel layaknya ke-2 indukannya. 
  • Dari indukan yang ”engkel” atau lebih dikenal dengan bersuara tunggal, belum pasti akan membuahkan anakan burung cucak rowo yang bersuara engkel. perihal ini telah kerap serta banyak berlangsung. 
Fakta ini menunjukkan bahwa nada ropel yang dihasilkan oleh burung cucak rowo yaitu dampak dari sistem pemasteran sepanjang burung tersebut tumbuh besar. Ke-2 indukan ropel dapat mewarisi nada ropel pada anak-anaknya jika pada waktu anakan tersebut menetas serta tumbuh besar, senantiasa mendengar nada ropel dari ke-2 indukannya tersebut. Inilah pentingnya sistem pemasteran untuk burung cucak rowo. 

Burung cucak rowo mempunyai tingkat iq yang standar, tidak sama dengan burung-burung berkicau dari keluarga turdidae yang memanglah dikenal lebih cerdas. Namun dengan metode serta tahapan-tahapan pemasteran yang pas, sistem pemasteran burung cucak rowo amat gampang dikerjakan. butuh diingat, sistem memaster sama juga dengan sistem doktrin. kerap di dengarkan, maka dapat direkam serta ditirukan.


Barangkali dapat timbul pertanyaan, bagaimana, kapan serta pada umur berapakah burung cucak rowo mesti kita master ? nyaris seluruh burung berkicau bisa di master dengan nada yang kita kehendaki, namun jika sistem memaster dari umur awal serta umur muda, maka dapat beroleh hasil yang lebih maksimal. dikarenakan memori burung pada umur awal tetap kosong, hingga sangatlah gampang untuk men-doktrinnya. walau demikian kita juga bisa memaster serta merubah nada dari burung yang sudah berusia dewasa, namun dengan metode serta tahapan-tahapan yang benar. problem waktu tidaklah satu hambatan untuk satu kesuksesan. 

Selanjutnya, inilah fakta yang bikin seluruh wacana serta opini salah yang berkembang perihal asal usul nada ropel bisa ditepis dengan amat gampang. bagaimana ? apakah anda tertarik untuk membuktikannya ?

Sesuai dengan prinsipnya : pemasteran = sistem doktrin

Yang perlu senantiasa di perhatikan pada waktu memaster burung 
Didalam sistem pengisian nada master atau memaster burung berkicau, tidak harus mesti menanti burung-burung anda didalam situasi rontok bulu/ngurak atau moulting, namun juga bisa dikerjakan pada burung-burung didalam situasi normal apalagi didalam situasi top form walaupun.

Yang terutama didalam sistem memaster burung, mesti di perhatikan yakni : 
  1. Dikerjakan pada waktu burung istirahat ( siang hari sesudah mandi-jemur serta saat malam hari ). 

  2. Kandang burung atau sangkar burung baiknya dikerodong ( mesti ), hingga burung-burung yang dapat di master jadi tenang serta memposisikannya atau membuatnya didalam situasi istirahat. hingga burung lebih berkonsentrasi saat mendengarkan materi suara-suara master yang diperdengarkan. 

  3. Volume materi nada master yang diperdengarkan baiknya janganlah terlampau besar, kecil saja namun jelas terdengar serta cuma bisa memaster satu persatu materi nada master atau materi nada isian. janganlah memperdengarkan kian lebih satu nada isian pada saat yang berbarengan, dikarenakan dapat bikin burung tersebut jadi bingung saat merekam nada master. baiknya sesudah isian yang satu sukses direkam atau ditiru oleh burung berkicau anda, barulah lantas dimaster dengan isian yang lain. 

  4. Materi nada master dapat dapat direkam serta ditirukan oleh burung anda kurun waktu lebih kurang 2 minggu, apalagi dapat lebih cepat lagi bergantung pada kecerdasan tiap-tiap burung. 

Waktu terbaik memperdengarkan materi nada master yaitu :
- siang hari sesudah mandi jemur ( posisi burung istirahat )
- malam hari ( jam 22. 00 – 05. 00 )

Untuk jadikan burung cucak rowo punya anda mempunyai nada ropelan yang baik, dapat mengonsumsi waktu nyaris 3 bln., cermati tahapan-tahapan yang sudah ada pada tips di atas.


-->
 
Top