Home » » Cara menangkar burung murai

Cara menangkar burung murai





Cara menangkar burung murai (ocehankenari) -Populasi murai batu saat ini cuma ditemukan di lokasi pedalaman rimba konservasi layaknya taman nasional kerinci seblat ( tnks ), taman nasional bukit dua belas ( TNB ) serta taman nasional berbak. Itupun jumlahnya tidak seberapa. species murai batu mulai langka atau berlangsung penurunan populasi yang cukup tajam tak hanya rusaknya rimba juga tingginya penangkapan serta ketertarikan masyarakat pengagum burung berkicau.

Murai batu ( copsychus malabaricus ) yaitu type burung berkicau yang amat popular serta mempunyai habitat asli di seluruh pulau sumatra, semenanjung malaysia, dan beberapa pulau jawa. penangkaran burung murai batu belakangan ini jadi kesempatan usaha yang menjanjikan.

Pasti kita tidak asing lagi denganburung ini. ciri khasnya berbentuk bulu hitam di seluruh tubuh, jika pada badan sisi bawah yang mempunyai warna merah cerah serta beberapa kusam, dan sedikit warna biru di kepala. ekornya panjang menjuntai.

Murai batu pemakan serangga kecil layaknya jangkrik, ulat, laron, dan seterusnya. namun murai yang dipelihara juga makan pelet gabungan kroto, jangkrik, ulat hongkong, telur lebah, serta poer ( voer ) yang banyak dijual di toko. beberapa pengusaha penangkaran burung murai umumnya mengawinkan pasangan satu induk ( incest ).
Ada sebagian type murai batu yang ditangkarkan, diantaranya :
  • Murai medan, burung murai sangat mahal datang dari medanciri khasnya berbentuk bulu berwarna cokelat serta ekor agak melengkung, kakinya model belimbing.
  • murai medan super, cirinya nyaris sama juga dengan murai medan biasa, namun ekornya lebih panjang serta kicaunya semakin bagus.
  • murai lampung, ciri khasnya berbentuk ekor lurus serta dada agak kekuningan.
  • murai kalimantan, ciri khasnya berbentuk rutinitas mengembangkan bulu dada waktu berkicau.
  • murai tanjung redep, ciri khasnya berbentuk garis putih di kepala.

Dari sekian type murai batu, yang sangat banyak diminati yaitu type murai medan super. murai type ini mempunyai kicauan yang lebih beragam di banding type murai lain hingga harga nya condong lebih mahal.

Kesempatan usaha penangkaran burung murai. 
Sepanjang ini type murai yang sangat banyak di mencari orang serta penghobis yaitu type murai medan. adapun cirinya diantaranya : bulu – bulunya berwarana coklat tua, ekornya panjang agak melengkung. murai medan yang super memiliki ekor panjang, namun yang biasa berekor pendek. tak hanya murai medan yang juga di mencari banyak pengobi yaitu murai lampung. murai lampung memiliki ciri ekornya yang lurus serta warna dada agak kuning. type murai yang lain yaitu murai Kalimantan serta murai lahat.

Panduan penangkaran burung murai medan. 

Burung murai batu dari medan ini populer sangat mahal. penangkaran murai batu berdasar teori mesti di area sepi, ini di area lalu-lalang manusia. teorinya kandang mesti lega ( ukuran rata-rata , 2x1, 5meter tinggi 2 mtr. ) ini sempit ( 80 kali 90 cm tinggi 2 mtr. ). teorinya didalam kandang mesti terkena cahaya matahari, ini gelap.

“tapi anehnya, justru burung-burung ini amat produktif sekali. walau sebenarnya anda ketahui bila suasananya dapat dikatakan tidak mencukupi syarat, amat sempit serta terlampau bising. apalagi nyaris seluruh kandang tidak memperoleh cahaya matahari dengan segera, ” tuturnya sembari menunjukkan kandang-kandang penangkaran yang ada di halaman depan rumahnya.

Manfaat ngasin
Anda dapat membangun kandang penangkarannya cuma berukuran 80 cm kali 90 cm dengan tinggi 2 mtr.. bahan kandang terbuat dari kawat ram ukuran cm serta besi siku. antar kandang diberi sekat penutup terbuat dari karet talang yang berperan supaya burung yang ditempatkan didalam kandang berjejer tersebut tidak saling lihat. alas kandang tetap berbentuk tanah yang diberi pasir.
“pemberian pasir ditujukan supaya ngasin atau makan batu-batu kecil. serta terkadang burung dapat kipu di pasir-pasir tersebut, ”.

Pemberian pakan
Pakan dari burung-burung di penangkarannya yaitu jangkrik, kroto serta ulat kandang. voer tidak diberikan tak hanya dikarenakan tidak dulu dimakan juga dikarenakan keyakinan bahwa burung dengan pakan alami dengan komposisi yang sesuai dapat membuahkan anakan yang semakin banyak serta lebih sehat.

“pemberian pakan mesti sesuai dengan situasi burung, tidak dapat disamaratakan. burung yang bertelor tidak sama menu pakannya dengan burung waktu belum bertelor, ” tuturnya.

Pakan burung yang belum bertelor yaitu kroto dua sendok, jangkrik 30 ekor pagi serta 10 ekor sore, ulat kandang dua sendok makan. namun waktu bertelor kroto dihilangkan, jangkrik dikurangi jadi 25 ekor serta ulat kandang terus diberikan.

“pengurangan pakan waktu burung bertelor mempunyai tujuan untuk kurangi birahi, dikarenakan bila burung birahi umumnya telor dibuang. nah, waktu burung menetas pakan ditambah jadi 2 x lipatnya. contohnya jangkrik jadi 60 ekor, kroto full serta ulat kandang tetap dikonsumsikan, ” terangnya.

Burung umumnya dapat menetas sesudah dierami sepanjang dua minggu, lantas dapat dipanen sesudah piyikan menginjak umur 1 minggu serta piyik telah dapat diberi ring. sesudah pemanenan sang induk diberi pakan biasa, yakni kroto dua sendok, jangkrik 30 ekor pagi serta 10 ekor sore dan ulat kandang dua sendok. demikian selanjutnya sampai waktu indukan bertelor lagi. “biasanya 1 minggu lantas si betina telah bertelor lagi serta pasti pakannya sesuai lagi, ” tuturnya.

Menurut anton periode sangat rawan adatah waktu penyapihan piyikan dari sang induk sampai piyikan berusia sebulan, dikarenakan pada saat-masa itu kerap berlangsung kematian piyik. “memang periode sangat sukar yaitu waktu piyikan di ambil dari induknya, terlebih bila cuaca dingin waktu musim penghujan. namun sesudah piyikan kita beri vit. bayi serta diberi penghangat tingkat kematian telah dapat dltekan, ” terangnya.

Indukan sesudah kandang dibangun, langkah selanjutnya siapkan indukan burung murai batu. carilah burung dewasa jantan serta betina yang siap kawin serta sehat. harga sepasang murai batu yang siap kawin berkisar pada 2, 5 jt rupiah hingga 5 jt rupiah. agak mahal memanglah, namun dengan pemeliharaan yang pas burung dapat segera produktif.

Anakan
Telur dierami induknya sepanjang dua minggu. anakan burung umumnya dilewatkan dipelihara induknya hingga umur lebih kurang 1 minggu. pada waktu itu, anakan burung dinilai telah dapat untuk mencerna makanan sendiri serta bulu-bulunya lalu telah tumbuh prima. anakan burung lantas siap dipisahkan dari induknya.

Anakan burung tangkar umumnya diberi cincin pada kakinya. lantas, anakan tersebut dipelihara didalam kandang terpisah. butuh perhatian yang intensif supaya anakan burung tersebut tidak kelaparan, sakit, atau apalagi mati. untuk turunkan risiko kematian anakan burung, umumnya penangkar berikan tambahan vit. bayi, serta penghangat kandang.

Namun induknya, selepas dipisahkan dari anaknya, umumnya dapat segera bertelur sesudah lebih kurang satu atau dua minggu.


-->
Share this article :
 
Support : Creating Website | OcehanKenari | KicauMania
Copyright © 2011. Ocehan Kenari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by OcehanKenari
Proudly powered by Blogger