Cara Mencegah Kacer Mbagong dan Kegemukan

Cara Mencegah Kacer Mbagong dan Kegemukan | Ocehan Kenari -Telah bukanlah rahasia lagi bila kacer yang sudah merampungkan saat mabungnya rawan alami kegemukan. Bila kegemukan, burung tidak cuma jadi tidak sering bunyi, namun juga malas melakukan aktivitas hingga membuatnya gampang terkena penyakit. Diluar itu, burung besar kemungkinan akan mbagong. Di bawah ini panduan menghindar serta menangani kegemukan pada kacer, saat sebelum jagoan Anda jadi malas bunyi serta mbagong.

Yang butuh di perhatikan waktu kacer tengah mabung yaitu melindungi keseimbangan nutrisinya. Bila sepanjang mabung cuma di beri voer tanpa ada memerhatikan pakan penambahan, jadi kacer gampang alami kegemukan sesudah saat mabungnya rampung.

Bila saat sebelum, sepanjang, serta setelah mabung burung kacer memperoleh perawatan teratur, jadi burung bakal meraih keadaan puncak atau top form seputar sebulan sesudah saat mabungnya usai. Bila telah ada dalam keadaan top form, kacer bakal mempunyai tampilan paling optimal waktu dilombakan.

Namun bila sepanjang mabung tak memperoleh nutrisi yang cukup, jadi burung gampang alami kegemukan. Burung juga melakukan aktivitas, termasuk juga malas bunyi serta mbangong, sedikit bergerak, serta gampang terkena penyakit.

Cara Mencegah Kacer Mbagong dan Kegemukan
kacer mbagong cinderung diam

Sebagian panduan di bawah ini diinginkan dapat menolong menangani kacer yang kegemukan saat sebelum kondisinya jadi lebih kronis.

1. Melatih kacer dalam sangkar lebih besar
Melatih kacer agar semakin banyak bergerak bukan sekedar dapat dikerjakan dengan memakai kandang umbaran. Anda dapat juga memakai sangkar lain yang memiliki ukuran semakin besar dari pada sangkar hariannya. Umpamanya saja sangkar murai batu yang lebih luas.

Letakkan satu tenggeran saja pada posisi cukup tinggi. Tempat pakan serta minum ditempatkan di basic sangkarnya. Dengan demikian, kacer jadi banyak bergerak serta memakai otot sayapnya untuk melompat naik serta turun tangkringan. Kerjakan hal semacam ini hingga badan kacer tampak lebih singset dengan ke-dua sayap mengepit rapat.

2. Menaikkan durasi mandi serta jemur

Bila sampai kini kacer cuma mandi satu kali satu hari, atau sekian hari sekali, jadi waktu alami kegemukan dapat ditambah jadi tiga kali satu hari, diselingi mandi malam 1-2 kali dalam satu minggu.

Durasi penjemuran juga butuh ditambah. Waktu dijemur, kacer baiknya masih tetap memakai sangkar yang lebih luas atau dapat pula kandang umbaran, agar semakin banyak keluarkan daya.

3. Kurangi jatah voer, berikanlah suplemen khusus

Jatah voer yang umum diberikan pada kacer juga butuh dikurangi. Untuk hasil yang lebih efisien, baiknya voer tak diberikan waktu burung tengah atau sesudah dimandikan. Berikanlah 1-2 sendok makan voer waktu burung tengah dijemur. Karena waktu penjemuran, kacer condong semakin banyak minum dari pada makan.

Sepanjang itu juga, kacer terus diberikan EF berbentuk serangga/jangkrik dengan jumlah sekedarnya. Untuk mensupport serta mempercepat pemulihan kondisinya, burung yang kegemukan baiknya di beri suplemen spesial lainnya. Suplemen ini berperan memecah serta melarutkan lemak yang ada didalam badannya.

4. Melatih makan buah serta sayuran

Walau kacer termasuk juga burung pemakan serangga, dia dapat dilatih konsumsi buah serta sayuran. Tetapi mesti di perhatikan juga type buah yang didapatkan. Karena terdapat banyak buah yang punya potensi menaikkan bobot tubuhnya.

Buah yang disarankan diantaranya pepaya. Adapun sayuran dapat berbentuk mentimum, brokoli, kacang panjang, labu sia, atau bengkuang. Langkah pemberiannya, saturan dipotong kecil-kecil. Dapat pula diparut, lantas hasil parutan digabungkan ke voer.
 
Top