Pakan Racikan Agar Cendet Rajin Bunyi | Ocehan Kenari - Cendet adalah burung yang sangatlah aktif serta agresif. Karenanya diperlukan pakan yang bergizi tinggi, terlebih protein serta daya metabolisme. Bila konsumsi gizinya minim, cendet gampang beralih tingkah laku seperti manja, jadi galak, serta tidak sering bunyi. Kesempatan ini, kita mau sharing langkah bikin pakan racikan agar cendet lebih aktif serta rajin bunyi.

Kepopularan cendet juga sebagai burung peliharaan bukan sekedar didapati di Indonesia saja. Kicaumania di China ataupun sebagian negara Asia yang lain juga suka pelihara burung predator kecil ini.

Persoalan yang dihadapi beberapa cendet mania di mancanegara dalam menjaga momongannya relatif sama dengan di Indonesia, yakni burung gampang manja, mendadak beralih galak, serta tidak sering ataupun macet bunyi.

Pemberian pakan racikan dengan sebagian beberapa bahan spesifik nyatanya dapat menangani persoalan classic itu. Ini dia resep pakan racikan untuk cendet agar rajin bunyi, seperti diambil dari website Beijing Bird Society.

Bahan baku pakan racikan cendet



  • Tahu
  • Ikan ukuran tengah, 1 – 3 kg atau bergantung keperluan.
  • Telur ayam, 3 – 10 butir.
  • Tepung jagung, 2 – 3 kg atau bergantung keperluan.
  • Tomat, 2 – 3 buah.

Langkah bikin pakan racikan untuk cendet :

Bersihkan ikan dari sisiknya lantas digiling memakai jus atau mesin penggiling daging.


Campur potongan tahu, tomat, daging ikan, serta telur ke mangkok yang diisi tepung jagung.
Sisa-sisa kulit telur ditumbuk/dihaluskan serta digabungkan berbarengan adonan itu.

Aduk sampai seluruhnya bahan bercampur, lantas keringkan dengan memakai oven sepanjang 20 – 30 menit, atau hingga adonan jadi kering serta tak hangus. Kemudian adonan dijemur hingga siap dipakai.

Pakan racikan diberikan juga sebagai pengganti voer. Walau demikian, pakan penambahan lain seperti jangkrik, kroto, serta ulat hongkong janganlah pernah dilupakan.
 
Top